Christian Rontini Menambah Daftar Pemain Filipina Berkiprah di Liga 1

Sebanyak 4 pemain Filipina menghiasi Liga 1 musim depan

Samarinda, IDN Times - Kompetisi Liga 1 Indonesia akan bergulir dalam waktu dekat ini. Perihal waktu pelaksanaannya diperkirakan akan bergulir pada Juli 2023. Namun, PSSI dan pihak penyelenggara masih belum merilis resmi tanggal pasti kompetisi Liga 1 ini berlangsung.

Di sisi lain, beberapa klub terus berbenah untuk memperkuat tim mereka dengan mendatangkan pemain asing. Mereka datang dari berbagai negara, salah satunya dari Filipina.

Berikut empat pemain Filipina yang akan berkiprah di Liga 1 2023/2024.

1. Anthony Pinthus (PSS Sleman)

Christian Rontini Menambah Daftar Pemain Filipina Berkiprah di Liga 1Anthony Pinthus (instagram.com/pinthus1)

PSS Sleman merombak besar-besar skuadnya menjelang bergulirnya Liga 1 2023/2024. Ega Rizky dan Try hamdani merupakan dua kiper yang hengkang dari klub yang berjuluk Super Elja ini. Namun, tak perlu khawatir, kini Super Elja diperkuat oleh kiper lokal, M Ridwan dan Anthony Pinthus.

Pinthus sebelumnya bermain untuk klub Filipina, United City FC. ia juga merupakan punggawa Timnas Filipina di Piala AFF 2022. Bahkan, ia menjadi starter kala menjamu Timnas Indonesia di Rizal Memorial Stadium.

Baca Juga: 10 Suvenir Khas Samarinda yang Keren

2. Christian Rontini (Persita Tangerang)

Christian Rontini Menambah Daftar Pemain Filipina Berkiprah di Liga 1Christian Rontini (instagram.com/christian_rontini18)

Christian Rontini pun bermain untuk Timnas Filipina saat menjamu Indonesia di Piala AFF 2022. Ia berposisi sebagai gelandang bertahan. Namun, The Azkals gagal melaju ke babak berikutnya akibat mengalami tiga kali kekalahan pada turnamen tersebut.

Rontini tercatat sebagai pemain baru Persita Tangerang. Pendekar Cisadane memperkenalkannya pada 8 Mei 2023.

Ia sebelumnya bermain untuk klub Malaysia, Kelantan FA.

3. Daisuke Sato (Persib Bandung)

Christian Rontini Menambah Daftar Pemain Filipina Berkiprah di Liga 1Daisuke Sato (instagram.com/daisukesato11)

Salah satu pemain Filipina yang masih bertahan di Liga 1 ada Daisuke Sato. Ia sudah berkiprah di Liga 1 Indonesia pada 2022/2023. Persib mendatangkannya dari Liga Thailand, Ratchaburi FC.

Penampilan Sato sempat diragukan kemampuannya pada awal musim. Namun, seiring berjalannya waktu, ia bertransformasi menjadi bek yang berani, tangguh, dan serba bisa. Dilansir Transfermarkt, Ia berkontribusi sebanyak 31 pertandingan mengawal jantung pertahanan Maung Bandung di Liga 1.

4. Mike Ott (Barito Putera)

Christian Rontini Menambah Daftar Pemain Filipina Berkiprah di Liga 1Mike Ott (instagram.com/mrott5)

Mike Ott juga merupakan pemain Filipina yang merumput di Liga 1 pada musim lalu. Ia bergabung bersama tim Barito Putera pada Agustus 2022. Saat itu, pelatihnya masih ditukangi oleh Djadjang Nurdjaman.

Pemain berusia 28 tahun itu mencatatkan 4 gol dan 3 assist dari 27 penampilan di Barito Putera. Meski begitu, ia menjadi salah satu pemain asing yang dipertahankan oleh klub yang berjuluk Laskar Antasari itu untuk mengarungi kompetisi Liga 1 musim depan. Ia dipertahankan oleh pelatih baru Rahmad Darmawan.

Keempat pemain Filipina di atas akan mengarungi Liga 1 2023/2024. Namun, apakah jumlah mereka akan bertambah atau berkurang seiring berjalannya kompetisi? Kita lihat saja nanti.

Baca Juga: 7 Guest House di Samarinda

Mubayin Hukmi Photo Community Writer Mubayin Hukmi

Mencoba mempelajari UI/UX Design

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya