Comscore Tracker

Polda Kaltim Terjunkan 230 Personel Amankan Atlet Benua Etam di Papua

Para atlet diharapkan makin berprestasi

Balikpapan, IDN Times - Polda Kalimantan Timur (Kaltim) mengerahkan 230 personel dalam membantu pengamanan Pekan Olahraga Nasional (PON) XX Papua. Keberadaan pasukan tambahan ini khusus untuk membantu keamanan kontingen atlet Kaltim selama menjalani pertandingan di Papua. 

Personel Polda Kaltim berasal dari Satuan Brigadir Mobil serta beberapa satuan lain. 

"Bapak Kapolda Kaltim memerintahkan saya melakukan pengecekan kegiatan sekaligus pengamanan kontingen Provinsi Kaltim yang mengikuti PON XX di Papua," kata Kabid Humas Polda Kaltim Komisaris Besar Pol Yusuf Sutejo saat dihubungi, Jumat (1/10/2021). 

1. Aparat melaksanakan tugas dengan baik

Polda Kaltim Terjunkan 230 Personel Amankan Atlet Benua Etam di PapuaPara personel Polda Kaltim dalam pengamanan para atlet dari Benua Etam. Foto istimewa

Yusuf mengatakan, personel Polda Kaltim telah menjalankan tugasnya dengan baik dalam pengamanan para atlet Benua Etam.  Setiap personel diminta aktif melakukan pengecekan di beberapa tempat atau venue yang akan digunakan.

"Kita cek satu-satu, pengamanan venue, tempat akomodasi semua berjalan dengan baik enggak ada kendala sampai dengan saat ini. Para atlet beserta ofisial nyaman dan bisa melakukan aktivitasnya dengan baik untuk meraih medali," tuturnya. 

Baca Juga: Atlet PON dari Kaltim Diminta Tetap Waspada Pandemik COVID-19 

2. Pengamanan para atlet melekat selama di Papua

Polda Kaltim Terjunkan 230 Personel Amankan Atlet Benua Etam di PapuaPemain Sulawesi Selatan Syamsul Hadi (kanan) berebut bola dengan pemain Maluku Utara, Trifandi Layn dalam pertandingan penyisihan grup B cabang olahraga futsal putra PON XX Papua di GOR Futsal SP-2 Mimika, Jumat (24/9?2021). PB PON XX Papua / Ady Sesotya

Selain pengecekan tempat, para personel dituntut untuk sigap dalam melakukan pengamanan kepada para atlet di manapun ia berada. Guna menciptakan rasa aman dan terhindar dari potensi bahaya kekerasan, personel pun ditempatkan bersama para atlet.

"Pasukan dari kita berangkat bersama kontingen. Sampai di Papua juga pengamanan ketat. Misalnya saat atlet menuju venue. Itu dalam bus tetap ada anggota juga mengamankan. Ada tim pengamanan yang mendampingi. Kita buat senyaman mungkin buat kontingen dari Kaltim," tandasnya.

3. Pemprov Kaltim meminta bantuan pengamanan dari polisi

Polda Kaltim Terjunkan 230 Personel Amankan Atlet Benua Etam di PapuaIlustrasi sejumlah atlet tarung derajat Papua berlatih di sasana latihan Mandala Jayapura, Papua, Senin (5/7/2021) untuk mengikuti PON XX Papua (ANTARA FOTO/Indrayadi TH)

Gubernur Kaltim Isran Noor secara khusus meminta Polda Kaltim membantu pengamanan kontingen atlet selama berlaga dalam PON Papua. Dengan keamanan mereka, para atlet ini diharapkan berkonsentrasi untuk berprestasi dalam menjalani pertandingan PON. 

Total atlet Kaltim yang diberangkatkan berjumlah 370 orang. Para atlet didukung 99 pelatih, 15 ofisial teknik, dan 36 manajer. Selain itu, ikut mendampingi dari unsur panitia, pendukung keamanan dan lainnya sehingga secara keseluruhan kontingen Kaltim sekitar 720 orang.

Kaltim menargetkan menduduki peringkat empat dalam turnamen PON Papua sebagai representasi calon ibu kota negara (IKN) baru di Indonesia. 

Baca Juga: Merasa Ibu Kota Negara, Kaltim Optimis Tiga Besar dalam PON Papua

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya