Comscore Tracker

 5 Alumnus Akademi Barcelona yang Justru Bersinar di Klub Lain

5 pemain ini tak semenit pun main bagi tim utama Barcelona!

Samarinda, IDN Times - Sudah bukan rahasia lagi, akademi milik FC Barcelona adalah salah satu akademi sepak bola terbaik di dunia. Ratusan bakat terbaik di dunia sepak bola saat ini lahir dari akademi yang juga akrab disebut dengan nama La Masia ini. Jangan lupa juga, La Masia pula yang meluluskan nama pemain terbaik dunia saat ini, Lionel Messi.

Namun tak seperti kisah dongeng Messi dan La Masia, ternyata akademi Barcelona juga banyak memakan "korban". Banyak bakat-bakat muda yang hebat dan dilahirkan di akademi ini, terpaksa harus hengkang atau dijual murah karena minimnya kesempatan promosi ke tim utama Blaugrana.

Berikut IDN Times rangkum 5 talenta terbaik La Masia yang bersinar bersama klub lain dan tak bermain semenit pun bersama tim utama Barcelona.

1. Mauro Icardi (Paris Saint-Germain)

 5 Alumnus Akademi Barcelona yang Justru Bersinar di Klub Lainas.com

Nama Mauro Icardi tentu tak bisa dilepaskan dari sepak bola Italia, namun tahukah kamu, Barcelona-lah yang jadi tempat striker asal Argentina ini menimba ilmu! Mauro Icardi adalah angkatan 1993 di La Masia dan siapa sangka, di tahun 2011, setelah belasan tahun menimba ilmu sejak di usia dini, Mauro Icardi harus merelakan dirinya dijual ke Sampdoria.

Mencuat bersama Il Samp, Icardi meraih puncak karier bersama Inter Milan di mana ia sempat didaulat menjadi kapten dan mencatatkan 219 penampilan dengan koleksi 124 gol di semua kompetisi bersama Inter. Sayang, hubungan buruk dengan suporter dan manajemen membuat Icardi kini hengkang dan melanjutkan kiprahnya bersama Paris Saint-Germain (PSG), di mana klub kaya Prancis itu rela menggelontorkan dana €60 juta untuk striker berusia 27 tahun itu.

2. Andre Onana (Ajax Amsterdam)

 5 Alumnus Akademi Barcelona yang Justru Bersinar di Klub Lainfootball.london

Mekar bersama Ajax Amsterdam dan jadi salah satu sweeper keeper potensial dunia saat ini, Andre Onana memulai semuanya bersama Barcelona. Mengawali karier junior dari akademi sepak bola milik Samuel Eto'o, kiper yang kini berusia 24 tahun itu lantas bergabung bersama La Masia.

Sayang, 5 tahun di Catalan, kiper Timnas Kamerun ini nyatanya tak diberi waktu berkembang dan menjajal peluang jadi kiper di tim utama Blaugrana. Ia dijual ke Ajax di usia 20 tahun pada Januari 2015 dan siapa sangka, 4 tahun kemudian, harga €150 ribu yang dibayarkan Ajax kini naik berlipat-lipat dan Andre Onana kini salah satu kiper muda dengan banderol hampir menyentuh angka €40 juta karena performa konsistennya di bawah mistar Ajax.

Baca Juga: Di Inter Miami CF, Duo Higuain Kembali Bertemu

3. Dani Olmo (RB Leipzig)

 5 Alumnus Akademi Barcelona yang Justru Bersinar di Klub Lainonefootball.com

Dani Olmo adalah salah satu talenta terbaik produk La Masia yang layak disebut sebagai the one that got away. Bagaimana tidak, secara cuma-cuma, Barcelona melepas sang pemain untuk bergabung dengan Dinamo Zagreb, pada musim panas 2014, saat sang pemain baru berusia 16 tahun.

Merantau ke negara nun jauh di timur Eropa pada usia dini, tak membuat Dani Olmo gagal berkembang. Dia 5 kali membawa Dinamo jadi juara Liga Kroasia dan hanya dalam tempo 5 tahun sejak promosi ke tim utama Dinamo Zagreb, ia diboyong RB Leipzig dengan mahar murah saja hanya seharga €21 juta dan kini sudah mencatatkan namanya sebagai penggawa Timnas Spanyol di usia baru 22 tahun.

4. Eric Garcia (Manchester City)

 5 Alumnus Akademi Barcelona yang Justru Bersinar di Klub LainInstagram

Eric Garcia adalah bek muda didikan Barcelona dan masuk ke La Masia sebagai angkatan 2001. Sayang, seperti kisah rekan-rekannya yang lain, Eric lantas dijual ke Manchester City pada 2017 dengan mahar €1,7 juta saja. Di Manchester, ia ditempa langsung oleh Pep Guardiola dan kini di usianya yang beranjak 19 tahun, namanya sudah rutin bermain di tim utama The Citizens.

Eric Garcia sudah catatkan debut bersama Timnas Spanyol dan kini punya 2 caps di La Roja. Meski sudah membulatkan tekad untuk pulang kampung dan membela Barcelona di masa depan, Blaugrana urung mampu mendatangkan sang bek muda di musim panas 2020 ini.

5. Hector Bellerin (Arsenal)

 5 Alumnus Akademi Barcelona yang Justru Bersinar di Klub LainHector Bellerin saat berlaga bersama Arsenal. Twitter/@hectorbellerin

Sukses dengan Francesc Fabregas, Arsenal menerapkan strategi transfer serupa ketika memboyong Hector Bellerin dari akademi Barcelona pada tahun 2011. Dengan mahar sebesar €500 ribu, Bellerin yang masih berusia 16 tahun diboyong The Gunners ke London untuk merintis jejak yang pernah ditapaki Fabregas.

Sejak debut bersama Arsenal pada 2014, Bellerin kemudian jadi salah satu bek kanan andalan The Gunners hingga saat ini. Di bawah asuhan Arsene Wenger, Unai Emery, hingga Mikel Arteta, namanya rutin dipercaya sebagai bek kanan andalan dan kini sudah diberi nomor punggung 2, yang menjadikannya bek kanan utama The Gunners.

Baca Juga: Douglas Luiz, Samba Baru yang Dipuji Casemiro Dirindukan Pep Guardiola

Topic:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya