Comscore Tracker

Borneo FC Gelar Latihan di Yogyakarta untuk Sambut Kompetisi

Kompetisi mungkin bergulir kembali pada November nanti

Balikpapan, IDN Times - Klub yang bermarkas di Samarinda, Borneo FC akan menggelar pemusatan latihan (TC) di Yogyakarta pada  26 Oktober hingga 19 November mendatang. 

Tim ini terus mempersiapkan diri menyambut kompetisi saat digulirkan kembali pasca tragedi Kanjuruhan. 

"Kami rencanakan tim nanti berkumpul di Yogya untuk langsung melakukan pemusatan latihan. Di sana tim akan memulai latihan tanggal 26 Oktober sampai 19 November," kata Asisten Manajer Borneo FC Farid Abubakar diberitakan Antara, Rabu (26/10/2022). 

1. Berdiskusi bersama manajemen Borneo FC

Borneo FC Gelar Latihan di Yogyakarta untuk Sambut KompetisiPemain Bali United Privat Mbarga (kiri) berusaha menguasai bola dari pemain Borneo FC Leo Guntara (kanan) dalam pertandingan Liga 1 di Stadion I Gusti Ngurah Rai, Denpasar, Bali, Sabtu (29/1/2022). (ANTARA FOTO/Fikri Yusuf)

Farid mengaku sudah mendiskusikan rencana tersebut bersama manajemen dan Presiden Borneo FC Nabil Husien Said Amin. Menurut Farid, penyelenggaraan TC tersebut juga menyikapi informasi yang menyebutkan jika rencana diputarnya kembali kompetisi Liga 1 2022/2023 pada 27 November mendatang.

Pasca tragedi Kanjuruhan, stakeholder sepak bola Indonesia memang telah melakukan diskusi dengan perwakilan FIFA dan AFC, serta beberapa kementerian terkait di Jakarta, Kamis (13/10) lalu.

Dalam pertemuan tersebut, didapatkan tahapan-tahapan yang telah dibuat perihal kembali bergulirnya kembali Liga 1 2022-2023 yang diwacanakan akhir bulan November 2022.

Baca Juga: Borneo FC Tetap Latihan, biarpun PSSI Menghentikan Kompetisi Liga 1 

2. Menjaga konsentrasi para pemain Borneo FC

Borneo FC Gelar Latihan di Yogyakarta untuk Sambut KompetisiPesepak bola PSM Makassar Willem Jan Pluim (tengah) berebut bola dengan pesepak bola Borneo FC Hendro Siswanto (kiri) pada pertandingan Liga 1 di Stadion Kompyang Sujana, Denpasar, Bali, Jumat (11/2/2022) malam. ANTARA FOTO/Nyoman Hendra Wibowo

Dijelaskan Farid, salah satu alasan latihan dilakukan di luar Samarinda adalah untuk mengusir rasa bosan pada pemain Pesut Etam.

Sebab, sejak kompetisi dihentikan, pemain praktis hanya latihan di Stadion Segiri meski sebelumnya sempat diliburkan selama sepekan.

"Jadi setelah libur sesi kedua selama 10 hari kami berikan, nantinya mereka bertemu di Jogja. Kami pilih Jogja karena saat persiapan menghadapi kompetisi dalam dua musim terakhir, kami juga melakukannya di sana," kata Farid.

3. Akan gelar pertandingan uji coba

Borneo FC Gelar Latihan di Yogyakarta untuk Sambut KompetisiGelandang PSM Makassar Wiljan Pluim (dua dari kanan)saat mengoper bola ke rekannya Ferdinand Sinaga (kanan) saat dikawal beberapa pemain Borneo FC dalam laga pekan ke-9 Liga 1 2018 di Stadion Andi Mattalatta Mattoanging Makassar, 20 Mei 2018. (Liga-Indonesia.id)

Farid menyebutkan tim asuhan Andre Gaspar itu nantinya juga akan melakukan beberapa kali uji coba di Yogyakarta, dan beberapa tim sudah dihubungi untuk agenda latihan bersama ini.

"Ini (uji coba) juga menjadi salah satu alasan mengapa kami melakukan persiapan di Yogja. Di sana lawan uji coba banyak. Tapi sementara ini, lawannya siapa kami akan beri kabar setelahnya," katanya.

"Yang pasti kami akan maksimalkan waktu yang ada," pungkas Farid.

Baca Juga: Borneo FC Buktikan Fokus dalam Pengembangan Usia Muda

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya