Comscore Tracker

Makin Populer di Indonesia, 7 Fakta Perkembangan Podcast 

Menikmati podcast bisa disambi mengerjakan hal lainnya

Kini semakin banyak alternatif hiburan, tak hanya radio dan televisi mainstream. Berbagai sajian audio, visual, teks dan gabungan ketiganya mudah ditemukan dan dinikmati. Beberapa tahun belakangan ini millennials juga menyukai siaran audio internet yang biasa disebut podcast. Istilah tersebut pertama kali digunakan oleh pengguna iPod. Podcast adalah gabungan dari iPod dan broadcasting.

Dilansir dari Interactive Advertising Bureau (IAB), di tahun 2017 pendapatan iklan dari industri podcast Amerika Serikat mengalami peningkatan sebesar 85 persen dari tahun sebelumnya. Ini membuktikan bahwa media tersebut semakin diminati oleh masyarakat.

Tidak hanya di Amerika Serikat, rupanya podcast juga semakin berkembang di Indonesia. Dilansir dari penelitian DailySocial tahun 2018, simak perkembangannya berikut ini!

1. Pengguna podcast kebanyakan adalah generasi millennials

Makin Populer di Indonesia, 7 Fakta Perkembangan Podcast medium.com

Pendengar podcast di Indonesia ternyata didominasi oleh usia 20-25 tahun, yaitu sebesar 42,12 persen. Kemudian diikuti oleh kelompok usia 26-29 dan 30-35 tahun. Hasil ini berhasil mematahkan stereotipe yang mengatakan bahwa milenial lebih menyukai hal-hal yang bersifat visual.

2. Masyarakat sudah cukup akrab dengan podcast

Makin Populer di Indonesia, 7 Fakta Perkembangan Podcast amazonaws.com

Sebagian besar responden, yaitu hampir 68 persen dari 2032 orang mengaku bahwa mereka akrab dengan podcast. Sebesar 80 persen di antaranya mendengarkan siaran audio tersebut dalam enam bulan terakhir.

3. Ketertarikan masyarakat terhadap podcast

Makin Populer di Indonesia, 7 Fakta Perkembangan Podcast Unsplash/Austin Distel

Saat ditanya apakah mereka tertarik mendengarkan podcast secara rutin, separuh responden menjawab bahwa mereka masih ragu-ragu. Menariknya, 43 persen mengatakan bahwa mereka sangat tertarik. Hanya 6 persen yang tidak tertarik mendengarkan podcast.

Baca Juga: Viral Gara-gara 'Tangan Buntung', Ini 10 Potret Aktor FTV Sidik Eduard

4. Podcast tidak menggantikan peran radio

Makin Populer di Indonesia, 7 Fakta Perkembangan Podcast stackpathcdn.com

Beralihnya masyarakat ke hiburan yang bersifat audio ternyata tidak dianggap sebagai ancaman bagi eksistensi radio. Ini karena media yang digunakan oleh keduanya berbeda. Walaupun memang saat ini masyarakat juga bisa mendengarkan radio dengan streaming.

Survei yang dilakukan oleh DailySocial menunjukkan bahwa masyarakat yang tertarik pada podcast dan radio mencapai 56,7 persen dari keseluruhan responden. Peralihan memang ada, tetapi untuk saat ini tidak sampai menggantikan peran radio.

5. Spotify menjadi platform favorit untuk mendengarkan podcast

Makin Populer di Indonesia, 7 Fakta Perkembangan Podcast dailysocial.id

Spotify menjadi pilihan utama platform untuk mendengarkan siaran audio tersebut. Kamu hanya perlu mencarinya di laman "Browse" pada tab "Podcast".

Spotify akan menyuguhkanmu berbagai macam channel podcast yang sering didengarkan pengguna. Soundcloud, Google Podcast, Pocket Cast, dan Apple Cast adalah platform lain yang paling sering diakses setelah Spotify.

6. Ini alasan mendengarkan podcast

Makin Populer di Indonesia, 7 Fakta Perkembangan Podcast picdn.net

Terdapat berbagai macam alasan mengapa orang suka mendengarkan podcast. Namun tiga alasan yang paling sering dilontarkan adalah kontennya yang bervariasi, fleksibel, dan lebih bisa dinikmati daripada konten visual.

Masyarakat biasa mendengarkannya di rumah, saat berkendara terutama di kendaraan umum, serta di tempat publik seperti kafe, perpustakaan, dan lain-lain.

7. Genre favorit adalah entertainment

Makin Populer di Indonesia, 7 Fakta Perkembangan Podcast amazonaws.com

Terdapat berbagai macam genre podcast yang bisa kamu jelajahi. Mulai dari edukasi, ilmu pengetahuan, horor, olahraga, dan lain-lain. Namun genre favorit pendengar Indonesia adalah entertainment, seperti Rapot, hasil karya Reza Chandika dan kawan-kawan. Kemudian disusul oleh genre lifestyle, teknologi, dan edukasi. 

Kamu bisa menikmati podcast untuk menemani hari dan aktivitasmu. Kamu sendiri suka dengarkan podcast yang mana nih?

Baca Juga: 6 Tanda Hubunganmu dengan Pasangan Cuma Demi Pencitraan

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya