Comscore Tracker

7 Fitur Unik Google Assistant yang Wajib Kamu Coba, Canggih Banget!

Kata review nih, gak kalah keren Siri-nya Apple, loh...

Mobile assistant ala Apple, Siri dikenal lebih dulu dibanding Google Assistant. Buat kamu non-Apple user,  kamu  bisa menggunakan Google Assistant yang merupakan artificial intelligence yang dikembangkan oleh Google dan mampu berkomunikasi dua arah dengan user-nya, lho.

Meski sudah dirilis sejak 18 Mei 2016, nyatanya hingga kini Google Assistant terus mengeluarkan fitur-fitur baru yang unik dan memanjakan penggunanya. Seperti apa sajakah? Scroll your screen!

1. Bisa ngasih rekomendasi cafe, restoran dan tempat belanja

7 Fitur Unik Google Assistant yang Wajib Kamu Coba, Canggih Banget!seomelbourne.com

Sedang berada di kota lain dan kebingungan nyari tempat makan terdekat? Don't worry, just ask for help from your Google Assistant! Kalian tinggal mengucapkan 'Show me nearby restaurant' dan Google Assistant akan memberikan rekomendasi tempat untukmu!

Google Assistant juga akan memberikan nama dan rating tempat, ketika diklik akan menunjukkan alamat, arah dan nomor untuk menelepon tempat tersebut. Asyik, kan?

2. Bisa mendongeng untukmu

7 Fitur Unik Google Assistant yang Wajib Kamu Coba, Canggih Banget!relationshipfactscom.domain.com

Gak cuma membantumu mengerjakan tugas-tugas sederhana, you can also play around with Google Assistant! Kalau kamu lagi iseng, cukup ucapkan, "Hey Google, tell me a bedtime story" pada Google Assistant, lalu ia akan mendongeng untukmu. Fitur ini dapat dinikmati di Android dan iOS, menurut laman Slash Gear. 

Kisah-kisah dongeng dalam fitur Tell Me a Story sangat aman untuk didengarkan anak-anak. Hal ini karena dongeng tersebut berasal dari perpustakaan yang ramah anak. Contoh dongengnya adalah Let's Be Firefighters dan Robot Rampage. Sounds interesting, right?

3. Suka sama lagu, tapi nggak tau judulnya? Google Assistant bisa membantumu!

7 Fitur Unik Google Assistant yang Wajib Kamu Coba, Canggih Banget!androidcentral.com

Mendengarkan lagu random di jalan, tapi gak tau judulnya? Serahkan saja ke Google Assistant! Kamu tinggal mengucap 'What's this song' atau 'What's playing right now' lalu Google Assistant akan otomatis mendengarkan suara di sekitarmu. Setelahnya, ia akan mengidentifikasi lagu tersebut.

Kalau berhasil mengidentifikasi, Google Assistant akan menampilkan judul lagu beserta nama musisi, lirik lagu, beserta link YouTube, Google Play Music dan Spotify. Namun, bila tidak berhasil, Google akan menampilkan bubble chat bertuliskan 'Sorry, I wasn't able to recognize this song'.

Baca Juga: 7 Bocoran yang Tersebar Sejauh Ini dari Fuchsia, OS Baru Buatan Google

4. Mampu menampilkan informasi cuaca akurat untukmu

7 Fitur Unik Google Assistant yang Wajib Kamu Coba, Canggih Banget!digitaltrends.com

Gak perlu lagi takut kehujanan mendadak, karena kamu bisa memprediksi cuaca hari itu lewat Google Assistant! Tinggal ucapkan 'What's the weather' lalu Google Assistant akan memunculkan informasi cuaca untukmu.

Kamu juga bisa meminta informasi cuaca harian dan bisa request untuk meminta informasi tersebut dikirim pada jam berapa setiap harinya. Selain itu, kamu juga bisa membatalkan request cuaca tersebut sewaktu-waktu.

5. Bermasalah dalam mengingat? Fitur Reminder akan menyelamatkanmu!

7 Fitur Unik Google Assistant yang Wajib Kamu Coba, Canggih Banget!computerworld.com

Solusi jitu buat para pelupa nih! Buat kamu yang memiliki masalah dalam mengingat, bisa banget mencoba fitur Reminder dari Google Assistant. Tinggal pilih 'setel pengingat' lalu kamu bisa mengucapkan kata-kata yang ingin disimpan.

Ketika suatu saat kamu membutuhkan informasi itu kembali, tinggal tanyakan ulang ke Google Assistant. Mudah kan?

6. Mengidentifikasi benda lewat Google Lens

7 Fitur Unik Google Assistant yang Wajib Kamu Coba, Canggih Banget!tomsguide.com

Kesulitan mencari informasi tentang suatu benda? Coba saja pakai fitur Google Lens. Cukup aktifkan kamera, lalu foto benda yang ingin kamu ketahui informasinya.

Dan, taraaa... Google Assistant akan menampilkan informasi seputar benda tersebut. Informasi yang ditampilkan bersumber dari mesin pencarian Google. Uniknya lagi, kamu bisa menggunakan Google Lens sebagai scanner barcode suatu produk lho.

7. Kamu jomblo? Minta digombalin Google Assistant aja!

7 Fitur Unik Google Assistant yang Wajib Kamu Coba, Canggih Banget!assistant.google.com

Gak cuma mengurus hal-hal yang serius, kamu juga bisa mencari hiburan lewat Google Assistant. Bagi kalian yang jomblo, gak perlu khawatir kesepian. Tinggal ucapkan, 'Google, gombalin aku dong' lalu ia akan otomatis mengeluarkan kata-kata gombalan yang bikin hati kita luluh. Berasa punya pacar online. Ugh.. So sweet!

Selain mengeluarkan gombalan, kamu juga bisa meminta Google Assistant untuk bernyanyi. Nada lagu-lagu yang dinyanyikan cukup familier di kalangan orang Indonesia, misalnya memakai nada 'Aku Seorang Kapiten' dan 'Kalau Kau Suka Hati'.

Nah, itu tadi fitur-fitur Google Assistant yang unik. Kamu sudah pernah coba fitur yang mana? 

Baca Juga: 5 Kelebihan Google Assistant Terkini yang Tidak Dimiliki oleh Siri

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya