Comscore Tracker

WhatsApp Gak Bisa Download Foto dan Video? Simak Cara Perbaikinya!

Kamu pernah mengalaminya, gak?

Pada sebagian pengguna, WhatsApp sering kali tidak bisa download media, seperti foto, video, audio, dan lain sebagainya. Penyebabnya pun sulit untuk diketahui, bisa berasal dari masalah koneksi, kapasitas memori, atau update yang tidak sempurna. 

Walaupun terdengar sepele, masalah ini tentu mengganggu pengalaman menggunakan WhatsApp. Kita tak bisa menyimpan foto-foto penting dan tidak bisa menonton video yang dikirim teman. Untungnya, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk atasi masalah tersebut. Simak berikut ini! 

1. Coba cek koneksi internetmu

WhatsApp Gak Bisa Download Foto dan Video? Simak Cara Perbaikinya!pcmag.com

Tak perlu gegabah, langkah pertama yang harus kamu lakukan adalah cek koneksi internet. Coba pakai aplikasi lain atau cari sesuatu di search engine. Jika tidak bisa, bergantilah dari data ke Wi-Fi dan sebaliknya. Jika internet tidak bisa digunakan di aplikasi-aplikasi lain, berarti itulah sumber masalahnya. Coba cek kuota, Wi-Fi, atau beralih ke koneksi lain untuk mengatasi hal ini. 

2. Periksa memori smartphone kamu

WhatsApp Gak Bisa Download Foto dan Video? Simak Cara Perbaikinya!phonearena.com

Masalah berikutnya yang membuatmu tak bisa mengunduh media dari WhatsApp adalah memori internal yang terlalu penuh. Ini adalah hal yang sering terabaikan oleh para pengguna. 

Cara mengeceknya, cukup masuk ke Settings > Storage atau menu memori lain yang ada di smartphone kamu. Jika memori benar-benar telah penuh, sebaiknya hapus file dan aplikasi yang tidak kamu butuhkan. Opsi lain adalah memindahkannya ke tempat penyimpanan lain seperti laptop, PC, atau harddisk

3. Cek apakah kamu sudah mengizinkan WhatsApp akses memori

WhatsApp Gak Bisa Download Foto dan Video? Simak Cara Perbaikinya!tosshub.com

Tak kalah penting dari sebelumnya, kamu juga harus memastikan WhatsApp memiliki izin untuk mengakses foto, video, dan memori smartphone kamu. Jika tidak, kamu tak akan bisa upload maupun download file. 

Untuk pengguna Android, kamu bisa mengaktifkannya melalui Settings > Apps & Notification > WhatsApp. Kemudian pada menu Permissions, klik Storage, dan pilih Allow.

Sementara untuk pengguna iOS, berikut ini cara mengaktifkan izin akses WhatsApp. Masuk ke Settings > Privacy > Photos > WhatsApp. Selanjutnya, dari tiga pilihan yang tersedia, pilihlah All Photos

Baca Juga: Simak! 7 Aplikasi Penyedia Template Instagram Story Terbaik

4. Pastikan kamu sudah memiliki WhatsApp versi terbaru

WhatsApp Gak Bisa Download Foto dan Video? Simak Cara Perbaikinya!liverpoolecho.co.uk

Masalah berikutnya yang sering membuat WhatsApp error adalah kamu tidak melakukan update. Ketika versi terbaru tersedia, pastikan kamu langsung mengunduhnya, ya. Jika kamu terus menggunakan versi lama, akan ada banyak bug yang membuatnya bermasalah. 

5. Coba force close WhatsApp

WhatsApp Gak Bisa Download Foto dan Video? Simak Cara Perbaikinya!wikihow.com

Force close merupakan jalan pintas untuk mengatasi aplikasi yang macet. Dengan menutupnya secara paksa, fitur-fitur yang tidak bekerja dengan benar bisa me-reset dan memperbaiki dirinya sendiri. 

Di Android, kamu harus masuk ke Settings > Apps & Notifications > WhatsApp > Force stop > OK. Untuk pengguna iOS, kamu hanya perlu membuka App Switcher, kemudian swipe up pada layar WhatsApp untuk menutupnya. 

Seperti itulah cara memperbaiki WhatsApp yang tidak bisa download media. Cermati satu per satu masalah yang mungkin terjadi, ya. Semoga aplikasimu segera kembali seperti semula!

Baca Juga: Tahu Gak? Ini 10 Fakta Unik Tagar atau Hashtag

Topic:

  • Anjas Pratama

Berita Terkini Lainnya