Comscore Tracker

6 Destinasi Wisata Kece di Kalimantan Timur Ini Patut Kamu Kunjungi

Pemandangannya menghilangkan suntuk dan bikin mata seger

Indonesia amat populer memiliki kekayaan budaya dan panorama alam yang beragam. Selain Bali dan Lombok yang sudah sangat terkenal baik di dalam maupun di manca negara, Indonesia masih memiliki berjuta keindahan yang tidak ada habisnya.

Salah satunya keindahan yang tersimpan di timur pulau Kalimantan yang sudah saatnya kamu kunjungi ini. Yuk, lihat daftar rekomendasinya di bawah ini!

1. Pulau Beras Basah

6 Destinasi Wisata Kece di Kalimantan Timur Ini Patut Kamu Kunjungitravelmarbles.com

Nama Beras Basah diambil dari sebuah cerita zaman dulu, menurut cerita dahulu ada sebuah kapal pengangkut beras milik kesultanan Kutai yang berlayar menuju selat Makassar tenggelam dan membuat beras yang diangkutnya basah. Pulau dengan air jernih ini terletak di selat Makassar 40 menit dari Kota Bontang.

2. Danau Kakaban

6 Destinasi Wisata Kece di Kalimantan Timur Ini Patut Kamu Kunjungisaronde.com

Di danau yang berjarak tidak jauh dari pulau Derawan ini, kamu bisa berenang bersama ubur-ubur yang tentunya tidak berbahaya. Ubur-ubur di pulau ini tidak menyengat, ubur-ubur ini hanya terdapat di dua tempat di dunia, di Kakaban dan Jellyfish lake di pulau Mikronesia kawasan tenggara laut Pasifik.

Jika kamu ingin mengunjungi pulau Kakaban kamu bisa menaiki perahu cepat dari Pulau Derawan dan membutuhkan waktu kurang lebih 40 menit.

Baca Juga: Ini 7 Fakta Keindahan Pegunungan Karst di Kalimantan Timur

3. Danau Labuan Cermin

6 Destinasi Wisata Kece di Kalimantan Timur Ini Patut Kamu Kunjungitravelcuy.com

Danau Labuan Cermin adalah danau dengan air yang sangat bening dan jernih layaknya cermin. Dari atas danau saja kamu sudah bisa melihat hingga ke dasar. Jika kamu ingin berkunjung dan berfoto di Labuan Cermin sebaiknya kamu datang pada siang hari saat cuaca sedang cerah. Jika kamu datang pada pagi atau sore hari dengan sinar matahari yang redup maka danau ini hanya terlihat hijau toska kebiruan. Danau Labuan Cermin ini berada di Kecamatan Biduk-biduk, Kabupaten Berau.

4. Danau Kaniungan

6 Destinasi Wisata Kece di Kalimantan Timur Ini Patut Kamu Kunjungiwisatakita.com

Pulau yang juga berada di kabupaten Berau ini adalah pulau yang masih asri, bahkan sinyal handphone pun tidak ada. Di sini aktivitas manusia terbilang minim sehingga menjadi tempat untuk penyu bertelur.

Pulau ini dikelilingi terumbu karang yang indah, di bawah laut terdapat soft coral dan hard coral yang beragam, selain itu di tempat ini paus kecil serta lumba-lumba sering pula menampakan diri.

5. Pulau Maratua

6 Destinasi Wisata Kece di Kalimantan Timur Ini Patut Kamu Kunjungijalanjalanyuk.com

Pulau Maratua adalah pulau terluar di Indonesia yang terletak di Kabupaten Berau dan berdekatan dengan Malaysia. Pulau yang menjadi surga bagi para penyelam ini menyajikan biota laut yang beragam, pulau ini juga menjadi tempat habitat penyu terbesar di Indonesia.

Di sini kamu menyelam di kedalaman 5 meter saja sudah bisa melihat aneka keindahan bawah laut seperti white tip shark, hammerhead shark, kuda laut, belut pita, cumi, lobster, dan aneka jenis ikan yang bisa memanjakan mata.

6. Pulau Sangalaki

6 Destinasi Wisata Kece di Kalimantan Timur Ini Patut Kamu Kunjungihobiholiday.com

Pulau ini ada di laut Sulawesi namun tetap masuk wilayah pemerintahan Kalimantan Timur, pulau yang terletak di Kabupaten Berau ini memiliki biota laut yang juga beragam, para penyelam bisa bertemu dengan lion fish atau bahkan hewan langka seperti pari hantu, pari raksasa yang tidak berbahaya ini bisa kamu temukan jika sedang beruntung.

Indonesia punya banyak tempat indah yang sangat pantas kamu jelajahi dan jadi destinasi wisatamu. Jadi, kapan nih liburan ke Kalimantan Timur?

Baca Juga: 10 Tempat Wisata di Kalimantan Tengah, Calon Ibu Kota Baru Indonesia

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Icha Marissa di IDN Times Community dengan judul 6 Destinasi Wisata Keren di Kalimantan Timur Ini Patut Kamu Kunjungi

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya