Comscore Tracker

5 Destinasi Wisata Eksotis di Tanah Laut Kalimantan Selatan

Wisata lokal tak kalah asyik dengan luar negeri #LokalIDN

Pulau Kalimantan punya banyak destinasi wisata yang memikat hati, termasuk Kalimantan Selatan. Provinsi ini mempunyai banyak tempat wisata eksotis  dan menyejukan mata seperti di Kabupaten Tanah Laut yang menyediakan panorama alam sunguh luar biasa.

Kabupaten yang memiliki luas sekitar  3.631,35 kilometer persegi. Pernah dijajah oleh pasukan Belanda karena menyimpan harta kartun kekayaan alam seperti perkebunan lada dan perikanan di Tabanio serta tambang emas di Pelaihari, Tanah Laut menyimpan wisata yang menabjukan sangat di sayangkan jika tak berkunjung.

Berikut 5 wisata alam eksotik dan menyegarkan mata di kabupaten Tanah Laut. Mau tau apa saja? Yuk simak di bawah ini!

1. Wisata Taman Mahuni 

5 Destinasi Wisata Eksotis di Tanah Laut Kalimantan SelatanDok.Pribadi

Wisata Taman Mahuni merupakan tempat destinasi terbaru yang ada di Tanah Laut. Kenapa dinamakan wisata Mahuni? Karena di sana terdapat banyak sekali pohon mahoni yang menjulung tinggi. Biasanya, pohon mahoni di tempat ini dipergunakan sebagai tiang ayunan para pengunjung untuk bersantai dan berselfie ria sambil memadu kasih dengan alam.

Keadaan malam hari di tempat ini terdapat ornamen lampu hias yang dililit di pohon yang sangat indah untuk berfoto di malam hari.

Lokasi : Wisata Mahuni, Desa Padang, Kecamatan Bati-bati, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan

HTM : 5.000

2. Bukit Pematang Aceh 

5 Destinasi Wisata Eksotis di Tanah Laut Kalimantan Selataninstagram.com/detikkalsel

Mengapa disebut Bukit Pematang Aceh? Karena kawasan tersebut terdapat makam seorang warga aceh yang dianggap berjasa dalam wilayah tersebut.

Akses menuju lokasi cukup lumayan melelahkan. Kamu harus melewat desa Kiram atau bisa lewat desa Imblan Bentok darat. Dari PT Bridgestone kebun karet kamu akan memasuki kawasan hutan lindung damar gersang yang aksesnya lebih nyaman.

Di perjalanan kamu juga akan menjumpai sungai kecil untuk mengisi air, track yang terjal, dan ilalang yang tinggi karena tidak dikelola oleh masyarakat setempat. Akses menatang yang menguji ardernaline akan terbayar saat kamu melihat puncak yang super indah.

Lokasi : Desa Imblan Bentok Darat, Kecamatan Bati-bati, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan

HTM : Gratis

Baca Juga: 6 Fakta Unik Tari Hudoq Suku Dayak Bahau Kalimantan Timur

3. Taman Permata

5 Destinasi Wisata Eksotis di Tanah Laut Kalimantan Selataninstagram.com/instakalsel

Taman Permata adalah sebuah taman yang berada di Desa Bekatung yang menawarkan suasana adem ayem yang begitu asri dengan bukit-bukit kecil dan hamparan rumput hijau ditambah pepohonan yang membuat tempat semakin menarik.

Di sana juga tersedia gazebo untuk berteduh dan banyak terdapat sport foto yang instagrammable. 

Jika kamu dari Banjarmasin ke tempat ini hanya memakan waktu sekitar 1 jam 30 menit dengan kecepatan sedang. Namun kalau kamu berangkat dari Kecamatan Pelaihari, hanya memakan waktu 20 menit saja.

Lokasi : Desa Bekatang, Kecamatan Pelaihari, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan

HTM : 10.000

 

4. Pantai Karindangan 

5 Destinasi Wisata Eksotis di Tanah Laut Kalimantan Selataninstagram.com/visit.tanahlaut

Pantai yang tak jauh berlokasi dari pantai Tangkisung hanya berjarak 5 kilometer ini tergolong destinasi baru dan sangat direkomendasikan untuk dikunjungi.

Pantai Karindangan menyuguhkan pemandangan alam yang menakjubkan seperti pantai lainnya. Ada tempat bermain untuk anak dengan pasir putih yang bersih dan pepohonan kelapa yang menjulang tinggi bikin kamu tenteram.

Lokasi: Pantai Karindangan, Pagatan Besar, Tangkisung, Kabupaten Tanah Laut, Kalimantan Selatan

HTM : Gratis

5. Bukit Lebak Naga

5 Destinasi Wisata Eksotis di Tanah Laut Kalimantan Selataninstagram.com\cahaya_kalimantan

Bukit Lebak Naga terletak di pinggir jalanan pedesaan di mana kamu harus memasuki gang kecil antara rumah penduduk untuk sampai ke bukit ini.

Lokasi Lebak Naga sangat dekat dengan Pantai Batakan, mungkin sekitar 5 kilometer jauh dari pantai. Untuk menuju puncak Bukit waktu yang ditempuh sekitar 1 jam saja. Apabila kamu sudah sampai puncak kamu akan melihat pemandangan yang begitu indah dari atas.

Lokasi : Bukit Lebak Naga, Desa Kandang Lama, Kecamatan Panyipatan, Pelaihari, Kalimantan Selatan

HTM : Gratis

Itulah sejumlah lokasi wisata di Tanah Laut, Kalimantan Selatan yang menawan untuk dikunjungi. Kamu ingin mengunjungi destinasi wisata yang mana dulu, nih?

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Siti Aminah di IDN Times Community dengan judul Sejauh Mata Memandang, 5 Destinasi  Tanah Laut Ini Bikin Kamu Terpana

Baca Juga: Ini 10 Sungai Paling Angker di Pulau Kalimantan, Bikin Merinding!

Topic:

  • Irwan Idris
  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya