Comscore Tracker

Asal-usul Nama Pulau Maratua di Kalimantan Timur

Dikelilingi air asin, tetapi punya sumber air tawar melimpah

Berau, IDN Times - Maratua adalah pulau terluar milik Indonesia yang terletak di laut Sulawesi dan berbatasan lansung dengan negara Malaysia serta merupakan bagian dari wilayah administrasi pemerintahan Kabupaten Berau, Provinsi Kalimantan Timur. Pulau dengan bentuk kecil panjang dan lengkung tajam ini berada di sebelah selatan Kota Tarakan.

Maratua berasal dari kata Masak Tuba yang konon di pulau ini pernah tinggal sosok makhluk yang dikenal dengan sebutan “kokok”. Kokok ini merupakan makhluk separuh manusia dan separuh iblis.

Makhluk ini tinggal di Pulau Maratua untuk menikahi semua wanita desa sehingga membuat masyarakat menjadi geram dan meracuni kokok dengan air beracun hingga mati. Pada zaman ini masyarakat Desa Bohe Bukut dan Desa Payung-Payung melakukan ritual gua untuk mengingat sejarah tersebut. Hingga sekarang ritual tersebut masih tetap dilakukan.

Untuk dapat mengunjungi Pulau Maratua beberapa alternatif jalur yang dapat ditempuh yaitu seperti melalui Tanjung Redep, Tarakan, Tanjung Batu, dan Balikpapan menggunakan Speedboat ataup Direct Flight Garuda Indonesia.

1. Pesona Pulau Maratua

Asal-usul Nama Pulau Maratua di Kalimantan TimurInternet

Danau Haji Buang merupakan keindahan lainnya yang ada di pulau Maratua. Dibutuhkan waktu sekitar 15 menit hingga 20 menit untuk menuju lokasi wisata alam ini. Sama dengan danau Kakaban, danau Haji Buang juga memiliki flora dan fauna yang beragam, seperti ubur-ubur jinak yang tidak menyengat.

Kegiatan wisata alam di danau Tanah Bamban dapat dilakukan dengan berenang atau snorkling bersama hewan-hewan laut yang eksotis. Air danau yang berwarna kehijauan menyebabkan jarak pandang di bawah danau menjadi sangat jelas.

Baca Juga: 5 Potret Cantik Pulau Maratua, Surga Penyelam di Timur Kalimantan

2. Sumber air tawar

Asal-usul Nama Pulau Maratua di Kalimantan Timurkaltimprov.go.id

Salah satu yang menjadi kelebihan Pulau Maratua adalah ketersediaan air tawar yang sangat melimpah. Walaupun di kelilingi oleh lautan air asin, pulau ini memiliki sumber mata air tawar yang berlimpah karena ada Danau Haji Buang dan Danau Tanah Baban. Kedua danau tersebut merupakan sumber mata air masyarakat Desa Bohe Bukut dan Desa Payung-Payung.

3. Keindahan bawah laut pulau maratua

Asal-usul Nama Pulau Maratua di Kalimantan Timurkaltimprov.go.id

Pulau Maratua memiliki ke-elokan alam yang asri dengan keindahan dunia bawah laut yang memanjakan mata para wisatawan. Turis yang datang ke sini dapat menemukan surga keindahan alam karena pulau ini disebut juga sbagai Maldivesnya Indonesia. 

Keindahan alam bawah laut yang memesona dapat dirasakan melalui penampakan air laut yang biru jernih dengan terumbu karang tipe fringing reef serta ikan – ikan laut cantik penghias laut. Tidak heran jika banyak penyelam menyebutkan bahwa pulau Maratua merupakan surganya para penyelam.

Diving sangat menarik bagi para pecinta dunia bawah laut, selain untuk mengenal lebih dekat dunia air, kegiatan diving memberikan suasana dan ketenagan baik para penyelam. Beberapa spot diving yang ada di Pulau Maratua diantaranya Jetty Dive, Mid Reef, Hanging Garden, The Channel Spot, Cabbage Garden, Turtle Traffic, dan Eel Garden.

Walaupun kebanyakan wisatawan yang datang ke pulau ini untuk melakukan kegiatan jelajah alam, namun sejak tahun 2015 Pulau Maratua mengadakan acara tahunan yang disebut sebagai Maratua Jazz dan Dive Fiesta. Acara tersebut diselengarakan oleh sebuah kelompok masyarakat yang peduli dengan ekosistem Jazz yang melakukan kerjasama dengan Yayasan Berau Lestari atau dikenal dengan sebutan BESTARI.

Baca Juga: Fakta Menarik tentang Pulau Maratua yang Memesona

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya