Comscore Tracker

Pantai Kenyamukan, Wisata dengan Hutan Bakau yang Rimbun

Spot terbaik untuk lihat sunset

Kutai Timur, IDN Times - Kalimantan Timur menyimpan ribuan destinasi wisata alam yang begitu menakjubkan. Kondisi alamnya yang masih sangat terjaga membuat wisata alam di Kalimantan Timur cukup berbeda dengan di daerah-daerah lain.

Pantai Kenyamukan merupakan tempat wisata yang berada di sebelah Pelabuhan Sangatta, Kutai Timur. Pantai ini dikelilingi oleh kawasan hutan bakau yang sangat rimbun dan hijau.

Pantai ini terdiri dari hamparan pasir dengan warna kehitaman, dengan gelombang air yang cukup tenang dan tidak memiliki banyak ombak sehingga sangat aman untuk bermain-main. Tempat ini menjadi salah satu spot terbaik untuk melihat matahari terbenam di saat senja.

Pantai Kenyamukan dibuka untuk umum setiap hari, sejak pagi hingga malam hari. Tempat ini sangat cocok untuk dikunjungi ketika pagi hari setelah fajar ataupun sore hari ketika matahari akan terbenam.

1. Daya Tarik Pantai Kenyamukan

Pantai Kenyamukan, Wisata dengan Hutan Bakau yang RimbunIDN Times/Humas Pemkab Kutim

Pantai Kenyamukan memang memiliki fasilitas yang cenderung lebih sedikit jika dibandingkan dengan pantai lain di dekatnya. Namun, kenyataannya pantai ini tidak pernah sepi dari pengunjung.

Pemandangan lautan biru serta langit yang cerah menjadi salah satu favorit bagi para pengunjung tempat ini. Ombaknya yang hanya berupa gelombang kecil juga membuat panorama laut dari pantai ini terlihat begitu luas.

Pantai ini memiliki area garis pantai yang cukup luas, sehingga para pengunjung bisa bermain-main sepuasnya. Area bibir pantai yang cukup landai juga menjadikan pantai ini cukup aman untuk bermain air. 

Ketika cuaca di sekitar pantai sedang cerah, biasanya area pantai ini dijadikan untuk tempat bermain layang-layang. Berbagai macam jenis dan bentuk layangan akan menghiasi langit di atas pantai ini.

Hutan bakau yang ada di sekitar kawasan pantai ini juga menjadi daya tarik tersendiri bagi orang-orang. Pemandangan hutan bakau dengan lautan luas bisa menjadi latar belakang untuk mengambil foto diri.

Ada dermaga kecil yang seringkali digunakan untuk berlabuh kapal para nelayan. Tak jarang juga para wisatawan yang menghampiri dermaga ini untuk melihat pemandangan laut secara lebih jelas.

Selain itu, dermaga tersebut juga seringkali digunakan untuk tempat memangcin, bahkan tempat untuk berfoto-foto. Perahu di sini juga ada yang disewakan untuk para pengunjung apabila ingin berkeliling ataupun memancing ke area tengah.

Takh jarang Pantai Kenyamukan dijadikan sebagai tempat untuk melakukan kemah. Biasanya kita bisa menemui beberapa tenda yang berdiri di tepi pantai. Pantai yang terbuka selama 24 jam penuh ini memang bebas untuk dikunjungi kapan saja.

Baca Juga: Lima Air Terjun di Kutai Timur Obat Manjur Patah Hati

2. Fasilitas yang Tersedia

Pantai Kenyamukan, Wisata dengan Hutan Bakau yang RimbunIDN Times/Humas Pemkab Kutim

Destinasi wisata ini memang belum menyediakan fasilitas yang cukup baik untuk sebuah tempat wisata pantai. Namun, fasilitas yang sudah tersedia sebenarnya juga tidak terlalu buruk juga.

Para pengunjung bisa menyewa ban renang yang telah disediakan di sini, bisa dipakai hingga sepuasnya. Selain itu ada juga perahu yang biasanya digunakan untuk memancing ke tengah laut.

Pantai ini juga memiliki area parkir yang cukup untuk menampung kendaraan para wisatawan. Ada juga beberapa penjual makanan yang tersebar di beberapa lokasi pantai ini. 

Sangat disayangkan bahwa pantai ini belu bisa menghadirkan fasilitas toilet umum ataupun kamar mandi. Untuk yang beragama Islam juga perlu persiapan, karena di lokasi ini juga belum tersedia musala untuk beribadah.

3. Lokasi Pantai Kenyamukan

Pantai Kenyamukan, Wisata dengan Hutan Bakau yang RimbunIDN Times/Humas Pemkab Kutim

Tempat wisata ini terletak di Sangatta Utara, Kabupaten Kutai Timur, Kalimantan Timur 75683. Berjarak kurang lebih sembilan kilometer ke arah timur dari pusat Kota Sangatta. Kalian bisa menggunakan kendaraan pribadi untuk sampai ke tempat wisata ini.

Baca Juga: Ada Perancis Hingga Teluk Lombok, Ini Wisata Terindah di Kutai Timur

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya