Comscore Tracker

Lokasi Wisata Menawan di PPU yang Memanjakan Mata

Keindahan Ibu Kota Negara Nusantara

Penajam, IDN Times - Pemerintah sudah menetapkan Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara terletak di Penajam Paser Utara-Kutai Kartanegara Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). 

Lokasi kawasan inti pusat pemerintahan berada di Kecamatan Sepaku PPU. 

Kini daerah yang memiliki maskot rusa sambar tersebut mulai membangun beberapa fasilitas umum untuk mendukung perkembangan. Daratan yang nantinya dijadikan pusat pemerintahan akan dibangun infrastruktur pemerintahan, mulai istana negara, gedung pemerintahan, dan lainnya. 

Meski begitu, Pemkab PPU pun turut berbenah dalam mengembangan potensi wisatanya. Penasaran dengan objek wisata di lokasi IKN ini? 

Berikut kami rangkum untuk kamu!

1. Alun-Alun

Lokasi Wisata Menawan di PPU yang Memanjakan MataInstagram.com/anakmudapenajam

Yups, baru-baru ini pemerintah daerah membangun fasilitas umum yaitu alun-alun kota atau taman yang berada tepat di depan Kantor Bupati PPU. Alasan pembangunan ini untuk memperindah halaman depan kantor kepala daerah setempat yang berukuran seluas 700 meter persegi.

Mengusung konsep semi modernisasi, alun-alun kota itu kini sudah bisa dinikmati oleh khalayak umum. Selain untuk memperindah daerah tersebut, alun-alun itu juga dimanfaatkan untuk menahan polusi udara dengan adanya tanaman hijau di sana. Alasan lain adalah untuk menarik wisatawan yang datang atau sekadar melintas di daerah Penajam.

Meski tergolong baru, tempat wisata alun-alun atau taman kota ini tidak di pungut biaya sepeser pun untuk masuk lho!

Baca Juga: Bupati PPU Abdul Gafur Diduga Patok Uang sebagai Syarat Izin Usaha

2. Pantai Amal 

Lokasi Wisata Menawan di PPU yang Memanjakan MataInstagram.com/adhermdhna

Terletak di Jalan PU Lama, Kilometer 3 PPU  tempat wisata yang juga baru beberapa bulan terakhir beroprasi menyediakan pemandangan pantai yang apik. Bagaimana tidak, dengan lokasi pantai yang strategis dan berhadapan langsung dengan Teluk Balikpapan, menjadikan tempat ini sorotan bagi wisatawan maupun warga kota.

Dengan chiri khas gapura tinggi warna oranye yang menjadi penandanya, pantai seluas 2 hektare ini menyediakan beragam fasilitas di dalamnya. Mulai dari fasilitas restoran yang elegan dengan beragam makanan lezat khas Penajam, ataupun gazebo atau kursi yang disediakan untuk menikmati sunset di sore hari ini dapat kamu gunakan.

Selain itu jika kamu suka permainan alam, pantai amal juga menyediakan permainan ATV yang seru. 

Meski dikenakan tarif masuk dan beberapa fasilitas dikenakan biaya. Pantai Amal sangat cocok menjadi alternatif liburan mu untuk menghilangkan penat ketika sepekan bekerja.

3. Penangkaran rusa sambar di Desa Api-Api

Lokasi Wisata Menawan di PPU yang Memanjakan MataPenangkaran rusa sambar di Desa Api-Api Penajam Paser Utara Kaltim. Foto Instagram tantri_yummytummykoe

PPU pun memiliki lokasi penangkaran rusa sambar di Desa Api-Api Kecamatan Waru PPU, atau berjarak 32 kilometer dari Pelabuhan Feri Penajam. Berdiri di atas lahan seluas 15 hektare penangkaran rusa ini juga untuk meningkatkan populasi rusa sambar dan mutu genetik.

Untuk masuk ke penangkaran rusa ini tidak dikenakan biaya alias gratis. Hanya saja karena luas area penangkaran yang mencapai 50 hektare, sehingga masyarakat yang ingin melihat seluruhnya butuh waktu yang lama dan cukup melelahkan.

Keunikan rusa sambar karena karakternya yang berbeda dengan jenis rusa lainnya. Rusa sambar termasuk golongan ruminansia yang mempunyai tingkah laku yang jelas berada dengan ruminansia lain, yaitu memiliki ketajaman pendengaran, penciuman, kecepatan melompat dan berlari cukup tinggi.

Rusa sambar yang merupakan jenis rusa terbesar di dunia kini populasinya kian terancam. Pasalnya rusa yang hanya ada di Kalimantan dan Sumatra ini tiap tahun semakin punah. Tiap tahun sekitar 5 ribu rusa yang bobotnya mencapai 250 kilogram ini diburu masyarakat. Sedangkan dalam setahun hanya bisa melahirkan satu kali atau memiliki satu anak.

4. Pulau Gusung

Lokasi Wisata Menawan di PPU yang Memanjakan MataInstagram.com/protripindonesia

Ketika kamu mengunjungi dengan julukan Benuo Taka ini kamu akan kesulitan menemukan Pulau Gusung ini. Bagaimana tidak, meski berada dekat dengan wilayah Pantai Tanjung Jumlai, objek wisata Pulau Gusung ini hanya dapat di kunjungi di waktu-waktu tertentu. Penyebabnya adalah karena Pulau Gusung ini hanya bisa dikunjungi menggunakan kapal laut pada saat air surut.

Pulau Gusung sangat cocok bagi pecinta diving atau olahraga selam, karena ketika berkunjung ke pulau ini, kamu sontak melihat surga bawah laut yang ditawarkan. Meski merogoh kocek yang lumayan besar, ketika sampai di Pulau Gusung kamu akan langsung disajikan hamparan pasir putih serta koral-koral laut yang berwarna-warni.

Keunggulan dari tempat ini juga memiliki air yang bersih serta beragam fauna laut dapat kamu temukan di tempat yang dijuluki surga bawah air ini.

 

Sebenarnya masih banyak objek wisata lain yang dapat kamu kunjungi di tempat ini. Namun, informasi di atas mungkin bisa jadi alternatif liburan kamu untuk berakhir pekan. Selamat mencoba ya.

Baca Juga: Tarif Angkot di PPU Naik 20 Persen setelah BBM Subsidi Disesuaikan

M.Razil Fauzan Photo Community Writer M.Razil Fauzan

Writer and Content Editor at Campus Media Organization

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya