Comscore Tracker

Santai Sejenak di Pantai Lamaru Balikpapan

Pas nih, untuk melarikan diri dari rutinitas

Tak banyak kota di Kalimantan yang punya pantai. Tapi, letak kota Balikpapan yang ada di pesisir pantai menyajikan wisata bahari yang cantik. Ada banyak pantai indah di kota ini, salah satunya adalah Pantai Lamaru. 

Banyak spot yang instagramable dan aneka permainan yang seru. Yuk, kita lihat ada apa aja di pantai ini:

1. Disambut deretan pohon cemara

Santai Sejenak di Pantai Lamaru BalikpapanIDN Times/ Mela Hapsari

Masuk ke kawasan pantai ini kita disambut dengan pagar pohon-pohon cemara yang tinggi di sepanjang jalan. Setiba di pantai, pohon-pohon cemara juga terlihat berjajar menjulang menawarkan spot yang menarik untuk selfie dan sangat instagramable. 

Berjalan atau duduk santai di bawah pohon-pohon cemara ini terasa menyenangkan dan menenangkan. Pohon-pohon ini memang sengaja ditanam agar pantai lebih sejuk.

Lokasi Pantai Lamaru ada di Jl. Mulawarman, Lamaru, Balikpapan Timur. Pantai ini berjarak sekitar 20 km atau 30 menit perjalanan dari tengah kota.

Baca Juga: 5 Alasan Kenapa Pantai Jadi Tempat Paling Aman untuk Menyendiri

2. Relatif aman untuk mengajak anak bermain air di pantai ini

Santai Sejenak di Pantai Lamaru BalikpapanIDN Times/ Mela Hapsari

Pantai Lamaru berpasir putih dengan tanah yang landai, air laut dangkal, dengan ombak yang tenang jadi relatif aman untuk mengajak anak-anak bermain air di sini. Selain itu, ada deretan penahan gelombang yang berjajar rapi menambah eksotisme pantai ini. Pantai Lamaru juga tak terlalu ramai jadi cukup tenang untuk relaks  bersama keluarga dan teman-teman. Pantai ini juga cukup bersih dari sampah. 

3. Dekat dengan kuburan Jepang

Santai Sejenak di Pantai Lamaru Balikpapanezagren.blogspot.com

Kuburan Jepang terletak sekitar 150 meter berjalan kaki dari Pantai Lamaru. Kuburan ini dilindungi Undang-undang no. 5 tahun 1992 tentang Cagar Budaya oleh pemerintah Balikpapan. Kuburan ini merupakan makam tentara Jepang yang tewas saat melawan tentara sekutu pada Perang Dunia II. 

4. Fasilitas Pantai Lamaru cukup lengkap

Santai Sejenak di Pantai Lamaru BalikpapanIDN Times/ Mela Hapsari

Kamu bisa mengelilingi kawasan pantai dengan menyewa golf car, atau naik kuda. Selain itu fasilitas umum seperti toilet dan mushola juga tersedia. Sewa saja tikar jika letih untuk beristirahat, dan nikmati bekal piknik sambil duduk santai menikmati keindahan pantai. Olahraga seperti voli pantai atau sepak bola juga seru karena area pantai ini cukup luas. Selain itu ada pula fasilitas untuk bermain air seperti banana boat, atau kamu juga bisa naik kapal. Anak-anak juga bisa bermain flying fox, menyewa ban/ pelampung, bermain layang-layang, dan juga naik andong.

Itulah tadi keseruan menikmati liburan di Pantai Lamaru. Jadi, mau berwisata ke pantai ini?

Baca Juga: Gak Hanya Kuta, 7 Pantai di Bali Ini Cocok Jadi Destinasi Liburanmu!

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya