Comscore Tracker

Sarat Kisah Mistis, Ini 5 Fakta Pulau Kambang di Kalimantan Selatan

Kisah prajurit yang menghilang tanpa jejak #LokalIDN

Pulau Kalimantan dikenal penuh misteri. Begitu banyak pesona alam sekaligus daya tarik mistis yang belum terpecahkan. Salah satunya adalah tentang Pulau Kambang, Kecamatan Alalak, Kabupaten Barito Kuala, Provinsi Kalimantan Selatan.

Pulau Kambang atau sering disebut Pulau Kembang yang ikonik ini terkenal hingga banyak wisatawan asing yang berkunjung ke sini. Tetapi belum banyak orang mengetahui fakta sejarah yang terjadi di pulau ini.

Sambil mengulik dan mengenal bersama awal mulai fakta sejarah ini, yuk kita simak pembahasan di bawah ini!

1. Asal-usul terjadi Pulau Kambang di Banjarmasin

Sarat Kisah Mistis, Ini 5 Fakta Pulau Kambang di Kalimantan SelatanInstagram.com/banjarmasinbanget

Pulau Kambang merupakan delta yang terletak di tengah Sungai Barito. Dilansir dari Buku Diktat Muatan Lokal Banjar Tahun 2011, orang bahari bercerita tentang tenggelamnya kapal beserta penumpangnya kebanyakan etnis dari keturunan Tionghoa yang ingin menguasai kerajaan Kuin dengan berlabuh menggunakan kapal Inggris dan menetap di Kalimantan dengan tujuan ingin menguasainya.

Seorang Datu yang menjaga kerajaan Kuin mengajukan persyaratan, jika kalian ingin mengusai kerajaan Kuin, maka belah lah kayu besar tanpa menggunakan alat apa pun maka aku akan menerima kalian. Mereka tidak bisa melakukan tantangan dari Datu tersebut. Tetapi mereka bersikeras tak akan meninggalkan tempat ini, akhirnya Datu tersebut menggunakan kesaktian yang ia miliki dan menenggelamkan kapal berserta penumpangnya. 

Setelah sekian lama, bangkai kapal di permukaan air menghalangi setiap batang kayu yang hanyut. Hari demi hari tumpuk kayu yang sangkut, kemudian ditumbuhi pepohonan yang menjadi sebuah pulau. 

Baca Juga: Hampir Punah, Ini 5 Fakta Kucing Merah, Binatang Endemik Kalimantan

2. Sejarah penamaan Pulau Kambang yang belum banyak diketahui

Sarat Kisah Mistis, Ini 5 Fakta Pulau Kambang di Kalimantan SelatanInstagram.com/vitoglu

Cerita tenggelamnya kapal beserta para penumpang yang kebanyakan etnis Tionghoa menyebar dari mulut ke mulut. Sehingga orang yang berasal dari keturunan Tionghoa banyak mengunjungi tempat ini untuk mengenang dan memberikan penghormatan kepada penumpang kapal yang tewas tersebut.

Mereka biasanya, membawa untaian kembang dan berlangsung sepanjang waktu hingga tumpukan kembang dapat dilihat saat melintasi pulau ini. Oleh karena itu nama pulau ini disebut Pulau Kambang.

3. Datu Pujung dari Kerajaan Kuin

Sarat Kisah Mistis, Ini 5 Fakta Pulau Kambang di Kalimantan SelatanInstagram.com/rullpoetra

Penjaga dari sebuah kerajaan Kuin ia adalah seorang patih yang sangat sakti, berani, gagah perkasa, dan mempunyai pengetahuan mumpuni ia bernama Datu Pujung.  Kedatangan Datu Pujung juga membawa dampak pencerahan bagi masyarakat dalam bersosialisasi maupun menyumbangkan ide strategi perang, lho.

4. Bagaimana cerita keberadaan warik di Pulau Kambang?

Sarat Kisah Mistis, Ini 5 Fakta Pulau Kambang di Kalimantan SelatanUnsplash.com/@Pactrick Beznoska

Dalam cerita disebutkan keturunan raja di daerah Kuin tidak dikaruniai anak.  Menurut ramalan ahli nujum kalau ingin punya anak harus berkunjung ke Pulau ini dengan mengadakan upacara babudus (mandi-mandi). Ramalan dan nasihat ahli nujum tersebut dipenuhi oleh kerabat kerajaan.  Setelah mengadakan upacara babudus di Pulau Kambang.

Tak lama istri dari raja tersebut hamil dan mereka sangat bersyukur. Lalu diperintahkan dua orang petugas kerajaan untuk menjaga pulau itu agar tak ada yang merusaknya.Petugas kerajaan yang mendapatkan perintah menjaga pulau tersebut membawa dua ekor warik (kera) jantan bernama Anggar dan betina diberi nama si Anggur.

Konon menurut cerita setiap sekian lama petugas kerajaan menghilang secara gaib, dan hanya meninggalkan kedua warik yang kemudian berkembang biak sebagai penghuni di Pulau Kambang.

5. Lokasi Pulau Kambang

Sarat Kisah Mistis, Ini 5 Fakta Pulau Kambang di Kalimantan SelatanInstagram.com/instakalsel

Pulau Kambang terletak di tengah dan membelah sungai Barito. Sebenarnya, hampir seluruh pulau ini tertutup dengan pohon mangrove yang menjulang tinggi. Biasa para kera bergelantungan di pohon sambil menunggu wisatawan yang memberikan makan. Tenang saja kera-kera di sini jinak. Akses ke sini mudah, kamu bisa naik perahu yang harga relatif murah dan diantarkan sampai tujuan.

Itulah sejumlah fakta tentang Pulau Kambang di Kalimantan Selatan, semoga semakin menambah pengetahuanmu tentang Indonesia.

Artikel ini pertama kali ditulis oleh Siti Aminah di IDN Times Community dengan judul 5 Fakta Pulau Kambang yang Mengulik Kisah Tak Kasat Mata, Udah Tahu?

Baca Juga: 6 Fakta Unik Tari Hudoq Suku Dayak Bahau Kalimantan Timur

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya