Comscore Tracker

Bukit Biru di Tenggarong yang Eksotis

Pesona alam di Kalimantan Timur

Tenggarong, IDN Times - Berwisata memang menjadi acara yang seru. Menikmati area yang indah bersama teman memiliki sebuah kenangan yang indah. Ada salah satu area wisata yang menarik untuk dikunjungi. Wisata ini adalah Bukit Biru di Tenggarong Kutai Kartanegara (Kukar) Kalimantan Timur (Kaltim).

Di Bukit Biru ini anda bisa melakukan aktivitas yang menarik. Berikut pesona Bukit Biru yang eksotis antara lain.

1. Lokasi Bukit Biru

Untuk mengunjungi Bukit Biru ini tidaklah sulit. Ada berbagai destinasi wisata yang unik dan menarik. Untuk menuju ke bukit biru ini, anda bisa menuju ke Desa Sumber Sari, Kecamatan Loa Kulu, Kabupaten Tenggarong Kukar.

Ada berbagai rute yang bisa digunakan. Jika berangkat dari Tenggarong, anda akan menempuh waktu yang cukup singkat. Untuk rute yang menggunakan roda dua, ini bisa ditempuh sekitar 15 menit perjalanan. Ada jalan alternatif yang bisa dilewati, yakni dengan arah Kukar lalu menuju ke Balikpapan.

Jarak yang akan ditempuh berkisar 1,5 km jika melalui rute Jalan tol menuju Balikpapan. 

Baca Juga: Terpesona Keindahan Pemandangan Pantai Jingga di Kukar

2. Tiket masuk

Untuk tiket masuk sendiri adalah gratis. Anda tidak akan dipungut biaya untuk bisa masuk ke tempat wisata ini. Wisata yang cukup menarik ini bisa anda nikmati bersama teman maupun keluarga tercinta. Ada berbagai hal seru yang sangat menyenangkan. Bukit Biru memang akan memberi sensasi yang tiada duanya.

Anda yang mungkin menyukai hiking, akan dimanjakan ketika datang ke lokasi ini. Bahkan Bukit Biru menjadi salah satu tempat yang cocok untuk menikmati senja. Bahkan lokasi ini sangat cocok untuk melakukan kegiatan tracking. Tempat yang penuh dengan warna-warni dan dihiasi tanaman yang indah ini memang layak untuk dikunjungi.

Untuk spot foto sendiri tersedia cukup banyak. Ada berbagai lingkup foto yang sangat pas untuk diabadikan. Mulai dari bunga pelbagai jenis, panorama yang indah memukau hati hingga area yang luas sehingga cocok untuk jogging yang menantang. 

 

3. Jalur track yang menantang

Bukit Biru juga terdapat jalur track yang menantang. Di jalur pertama ini anda akan melewati pepohonan yang lebat. Hal ini akan terasa mirip dengan hutan tropis. Udaranya sendiri masih sangat sejuk dan menyegarkan. Pada jalur kedua juga memiliki area yang menantang adrenalin.

Area yang cukup terjal dan ada jurang yang berada di sekeliling membuatnya harus ekstra hati-hati. Pada tingkat kemiringannya, jalur track ini cukup curang yakni 45 derajat hingga 60 derajat. Anda harus menyiapkan stamina yang pas untuk mendaki ke atas. Akan tetapi jangan khawatir, karena di sekitar track sudah disiapkan tali pembatas agar kunjungan anda tetap aman.

Jarak untuk mencapai puncak juga tidaklah jauh, rata-rata dibutuhkan waktu 1 hingga 2 jam untuk bisa sampai ke atas.

4. Fasilitas

Ada berbagai macam fasilitas yang bisa anda gunakan. Bukit Biru tak pernah lupa untuk menghadirkan fasilitas-fasilitas penunjang. Untuk area parkir sendiri, di sini dihargai cukup terjangkau yakni Rp5.000. Bagi para wisatawan yang datang secara beregu, maka di sini juga disediakan bantuan atau guide tour yang bersedia membantu anda.

Untuk tempat menginap sendiri, apabila anda ingin menginap juga disediakan tempat menginap yang cukup terjangkau. Liburan akan semakin menarik karena di lokasi ada tempat menginap yang bisa disewa. Bahkan penginapan sendiri juga menyediakan sarapan pagi yang cukup membantu mengisi perut. 

Berwisata di Bukit Biru memang menyenangkan. Ada berbagai area yang bisa dikunjungi dan dinikmati bersama teman maupun kerabat.

Baca Juga: Toko Kue di Kukar yang Rekomendasi untuk Dikunjungi

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya