Comscore Tracker

Danau-danau Eksotis yang Bisa Jadi Spot Foto Ciamik di Kaltim

Bisa menyelam bersama ubur-ubur

Kekayaan alam Indonesia memang tak diragukan lagi. Dari ujung timur hingga ujung barat negeri ini dipenuhi dengan tempat-tempat eksotis. Tidak terkecuali di Kalimantan Timur yang menyimpan banyak desatinasi wisata menakjubkan.

Salah satu pulau yang penuh akan kekayaan keindahan alamnya yaitu Kalimantan Timuradalah danau yang indah nan cantik. Danau-danau ini bisa menjadi spot foto yang menarik bagi wisatawan. Bukan hanya melakukan swafoto, wisatawan juga bisa melakukan beragam aktivitas jika berkunjung ke danau-danau di Kalimantan Timur.

1. Danau Haifine

Danau-danau Eksotis yang Bisa Jadi Spot Foto Ciamik di KaltimDanau di Kalimantan Timur (victoriatravel8)

Danau dengan nama Haifine ini terletak di Kota Samarinda, Simpang Pasir. Danau ini merupakan salah satu danau terindah di Kalimantan Timur.

Suguhan keindahan danaunya tentu saja dapat dinikmati. Danau ini dikelilingi oleh perbukitan yang mana membuat atmosfer sekitar terasa sejuk dan asri. Tak hanya itu, wisatawan juga bisa berenang di danau ini. Daya tarik danau ini ialah bentuknya yang seperti kawah kaldera. 

2. Danau Labuan Cermin

Danau-danau Eksotis yang Bisa Jadi Spot Foto Ciamik di KaltimDanau di Kalimantan Timur (naufarfauzi)

Dari namanya saja bisa ditebak bahwa orang-orang yang berkunjung ke danau ini dapat melihat air yang sangat jernih layaknya cermin, hal itulah daya tarik dari danau yang satu ini. Lokasi dari Danau di Kalimantan Timur yang memiliki daya tarik terindah ini ada di Kabupaten Berau, Kecamatan Biduk-Biduk. 

Dengan kejernihan air sangat indah ini, anda juga pasti sangat ingin berenang di Danau Labuan Cermin ini. Danau ini menjadi salah satu danau terfavorit bagi para pengunjung.

3. Danau Kakaban

Danau-danau Eksotis yang Bisa Jadi Spot Foto Ciamik di KaltimWisatawan berenang bersama ubur-ubur (ig wisata__kaltim)

Danau berikutnya yang cukup populer adalah Danau Kakaban, danau yang terletak di Kecamatan Payung-Payung. Terdapat biota laut yaitu ubur-ubur yang sangat terkenal di danau ini. Wisatawan dapat menyelam di danau ini. Penyelam akan menjumpai beberapa jenis ubur-ubur langka serta ikan-ikan kecil.

Danau di Kalimantan Timur yang memiliki daya tarik terindah ini memiliki ubur-ubur yang tidak mengeluarkan sengat. Banyak dari pengunjung yang sengaja datang ke Danau Kakaban ini hanya untuk melihat ubur-ubur yang cantik ini.

Baca Juga: Duta Wisata Millennials dalam Promosikan Wisata di Balikpapan

4. Danau Melintang

Danau-danau Eksotis yang Bisa Jadi Spot Foto Ciamik di KaltimDanau Melintang di Kalimantan Timur (wisata__kaltim)

Lokasinya berada di Muara Wis, Kabupaten Kutai Kartanegara. Daya tarik dari danau ini adalah adanya rumah-rumah penduduk yang mengapung di atasnya. 

Danau di Kalimantan Timur yang memiliki daya tarik terindah ini juga kerap menjadi jalur pelayaran. Danau ini memiliki luas sekitar 11.000 hektare. Dinamakan danau melintang karena danau ini melintang di samping desa yang bernama Desa Noda. Danau ini banyak digunakan sebagai tempat pengembangbiakan ikan air tawar.

5. Danau Jempang

Danau-danau Eksotis yang Bisa Jadi Spot Foto Ciamik di KaltimDanau Jempang di Kalimantan Timur (ig wisata__kaltim)

Tempat wisata yang satu ini cukup unik, karena terdapat sebuah jalan seperti jembatan penghubung yang berada di tengah-tengah danau jempang ini. Jembatan tersebut biasa digunakan oleh warga setempat sebagai sarana penyeberangan. 

Jika wisatawan sedang berkunjung ke sini, wisatawan akan melihat pemandangan orang atau warga sekitar yang berjejeran di tepi jalan yang sedang menghadap ke arah danau. Danau di Kalimantan Timur yang memiliki daya tarik terindah ini pun memberikan suasana yang asri dan sejuk. Kedalaman danau ini mencapai 7 hingga 8 meter.

6. Danau Semayang

Danau-danau Eksotis yang Bisa Jadi Spot Foto Ciamik di KaltimDanau Semayang di Kalimantan Timur (ig aldiriandana)

Lokasi dari danau ini terletak di daerah aliran Sungai Mahakam di Kabupaten Kutai Kartanegara. Daya tarik dari danau ini adalah habitat dari beberapa jenis ikan khususnya ikan tawar serta panorama yang memberikan kesan keindahannya. Danau Semayang memiliki luas sekitar 13.000 hektar. 

Terdapat beberapa wahana di Danau di Kalimantan Timur yang memiliki daya tarik terindah ini di antaranya yaitu ski air dan banana boat. Selain menikmati keindahan pemandangan danau ini, wisatawan juga bisa berjalan-jalan ke area perkampungan nelayan dan menyaksikan para nelayan yang sedang menangkap ikan. 

7. Danau Harapan Baru

Danau-danau Eksotis yang Bisa Jadi Spot Foto Ciamik di KaltimDanau Harapan Baru di Kalimantan Timur (ig amaylawing_borneo)

Danau di Kalimantan Timur yang memiliki daya tarik terindah terakhir yang populer di Kalimantan Timur ini adalah Danau Harapan Baru. 

Danau ini masih terlihat alami dan asri. Cuaca di sekitar danau ini sangatlah bersahabat. Danau Harapan Baru menyuguhkan panorama yang sangat indah, dan dengan keindahan dari danau ini anda dapat merasakan ketenangan. 

Danau dengan pesona alam yang eksotis ini sangat cocok untuk anda kunjungi bersama keluarga ataupun kerabat. Wisatawan juga bisa menghabiskan akhir pekan dengan bersantai dan melakukan beberapa swafoto bersama keluarga di danau ini.

Itulah beberapa danau yang dapat dijadikan referensi sebagai destinasi berwisata jika berkunjung ke Kalimantan Timur. Tunggu apa lagi, yuk rencanakan liburanmu sekarang.

Baca Juga: Gunung-gunung dengan Panorama Indah dan Menakjubkan di Kaltim

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya