Comscore Tracker

Inilah 6 Museum di Kalimantan Timur Bagi Anda yang Ingin Liburan

Wisata edukasi di musim liburan sekolah

Samarinda, IDN Times - Terdapat berbagai destinasi wisata yang dapat anda kunjungi di Kalimantan Timur (Kaltim) saat liburan tiba, seperti mengunjungi museum. Di museum, anda dapat melihat pelbagai koleksi seni dan karya buatan manusia, serta peninggalan sejarah.

Dengan mengunjungi museum, anda akan mendapatkan wawasan dan pengetahuan lebih banyak, serta menarik untuk diketahui. Dalam ulasan ini, kami akan membuat daftar museum di Kaltim yang dapat anda kunjungi saat liburan, antara lain:

1. Museum Kayu Tuah Himba

Inilah 6 Museum di Kalimantan Timur Bagi Anda yang Ingin LiburanMuseum Kayu Tuah Himba di Tenggarong Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. (IDN Times/Wibisono)

Terdapat Museum Kayu Tuah Himba yang memiliki biaya masuk sekitar Rp5.000 per orang. Di dalam museum ini, anda akan mendapatkan edukasi seputar seni budaya Kutai dan Dayak melalui koleksi hortikultura, serta terdapat berbagai jenis daun dari Kaltim. 

Anda akan mendapatkan wawasan lebih mengenai perkayuan dan terdapat fasilitas berupa video sehingga anda akan mendapatkan informasi lebih. Lokasi Museum Kayu Tuah Himba berada di Waduk Panji Sukarame Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara Kaltim.  

2. Museum Mulawarman

Inilah 6 Museum di Kalimantan Timur Bagi Anda yang Ingin LiburanMuseum Mulawarman di Tenggarong Kutai Kartanegara Kalimantan Timur. (IDN Times/Wibisono)

Selanjutnya anda bisa mengunjungi Museum Mulawarman yang berada Kabupaten Kukar. Tadinya Museum Mulawarman sebelumnya bekas istana dari Kesultanan Kutai Kartanegara.

Anda dapat melihat berbagai 5.000 koleksi yang memiliki nilai sejarah atau seni yang tinggi, sehingga mendapatkan wawasan lebih mengenai sejarah. Anda bisa kunjungi Museum Mulawarman di Jalan Tepian Pandan Panji Tenggarong Kabupaten Kutai Kartanegara Kaltim. 

3. Museum Sandurengas

Anda bisa mengunjungi Museum Sandurengas yang buka pukul 09.00 hingga 16.00 Wita di hari Senin hingga Minggu. Namun pada hari Jum’at, hanya buka sampai pukul 15.00 Wita. Di Museum Sandurengas, anda dapat melihat berbagai barang dari zaman kesultanan, seperti peralatan musik, mata uang lama, dan lainnya.

Terdapat fasilitas seperti parkiran mobil yang luas hanya membayar Rp7.500 dan terdapat masjid yang memiliki model lama dan khas. Lokasi Museum Sandurengas berada di Jalan Keraton Pasir Belengkong Kabupaten Paser Kaltim. 

Baca Juga: 15 Rekomendasi Bengkel Mobil di Balikpapan, Lengkap dan Terjangkau

4. Museum Perjuangan (Merah Putih)

Dalam Museum Perjuangan (Merah Putih), anda dapat melihat catatan sejarah dari perjuangan bangsa Indonesia selama memperjuangkan kemerdekaan, sehingga dikenal sebagai Peristiwa Merah Putih. 

Anda juga akan melihat berbagai benda-benda sejarah yang tersimpan dalam museum, jadi anda akan mendapatkan informasi baru. Lokasi Museum Perjuangan di Sanga-Sanga Dalam Kabupaten Kutai Kartanegara Kaltim. 

5. Museum Batiwakkal

Mengunjungi wisata edukasi yang memberikan tambahan wawasan mengenai sejarah akan membuat liburan menjadi menyenangkan. Seperti mengunjungi Museum Batiwakkal yang menunjukkan berbagai koleksi dan kisah sejarah tentang Kerajaan Berau yang menarik.

Museum Batiwakkal merupakan replika atau renovasi ulang dari bentuk Keraton Gunung Tabur. Anda bisa kunjungi Museum Batiwakkal di Jalan Manunggal Gunung Tabur Kabupaten Berau Kaltim. 

6. Museum Etnografi Sendawar

Anda bisa kunjungi Museum Etnografi Sendawar yang menunjukkan berbagai koleksi hingga mencapai 188 benda pusaka dari peninggalan sub etnis Suku Dayak yang berada di Kutai Barat. Serta akan melihat benda-benda bersejarah seperti peralatan olahraga tradisional, aksesori, dan lainnya.

Lokasi Museum Etnografi Sendawar berada di Jalan Sendawar 1 Barong Tongkok Kabupaten Kutai Barat Kaltim. 

Demikian ulasan mengenai museum-museum yang berada di Kaltim dengan menunjukkan berbagai macam koleksi menarik dan memiliki sejarah menarik. Anda bisa mengunjungi setiap museum yang akan menambahkan wawasan dan informasi.

Baca Juga: 7 Guest House di Samarinda

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya