Comscore Tracker

Souvenir Khas Balikpapan untuk Oleh-Oleh Keluarga

Beragam kerajinan khas daerah

Balikpapan, IDN Times - Souvenir atau buah tangan selalu menjadi permintaan orang di rumah selepas anda pergi ke suatu tempat, khususnya souvenir khas Balikpapan ini. Beberapa souvenir khas dari Balikpapan ini sangat bagus dan rekommended untuk dibeli sebagai oleh-oleh kalian. 

Souvenir khas Balikpapan yang paling terkenal adalah tentang aksesori sukunya. Tentu di Kalimantan sendiri terdapat berbagai jenis suku dengan keberagaman yang berbeda dan unik di satu waktu.

Salah satunya adalah aksesori khas Suku Dayak, yang mana memiliki berbagai macam corak khas dengan warna merah, putih, kuning yang khas. Di Pasar Impres yang ada di Balikpapan, anda bisa menemukan berbagai macam aksesori Suku Dayak ini dari mulai gelang, kalung, sampai dengan pakaian adatnya sendiri.

Jelas anda tidak akan menyesal membeli satu atau dua set aksesori dari Suku Dayak untuk dibawa pulang, bukan? Beberapa koleksi kayu Kalimantan ada di kebun raya, fasilitas outbond dan berbagai zona tumbuhan buah pun ada untuk hiburan. hingga zona tumbuhan buah. Tentu melihat hal tersebut akan terasa mengasyikkan, belum lagi dengan pemandangan indah yang menyejukkan mata.

1. Batik Kalimantan

Souvenir Khas Balikpapan untuk Oleh-Oleh KeluargaBatik mitra binaan Pupuk Kaltim, yakni Batik Beras Basah dan Batik Kuntul Perak, telah mendapat tempat di masyarakat sebagai batik lokal khas Bontang, bahkan merambah ke mancanegara. (Dok. Istimewa)

Kain batik menjadi oleh-oleh wajib yang dimiliki oleh setiap wilayah yang ada di Indonesia, tentunya di Balikpapan juga. Terkenal dengan batik dengan kualitas tinggi di samping motifnya yang beragam menjadikan batik Balikpapan sangat khas dan bagus untuk dijadikan souvenir.

Maka tak heran jika batik termasuk pada salah satu dari sekian banyaknya souvenir khas Balikpapan yang wajib anda bawa pulang.

2. Batu Mulia

Souvenir Khas Balikpapan untuk Oleh-Oleh Keluargatripadvisor.co.id

Kaya akan berbagai macam batu mulia, menjadikan Kalimantan terkenal dengan koleksinya. Oleh sebab itu, tak heran jika sangat banyak orang yang membeli souvenir jenis batu mulia untuk koleksi atau dipakai dari sini.

Belum lagi dengan pilihan ukuran dan jenisnya yang beragam, kebanyakan kaum adam sangat suka memakainya. Trend batu mulia ini sendiri pernah melejit keberadaannya dan masih eksis sampai sekarang.

Ditunjang dengan penampilan mengilat dan warna yang tak kalah unik, jelas batu akik alias batu mulia termasuk ke dalam souvenir khas Balikpapan.

Baca Juga: Wali Kota Balikpapan Meminta agar Ketua RT Tidak Melakukan Pungli

3. Kain songket

Souvenir Khas Balikpapan untuk Oleh-Oleh KeluargaPengrajin kain songket Fikri Koleksi. Dok: Pertamina

Termasuk benda dengan tingkat akurasi tinggi dalam pembuatannya, kain songket dari Balikpapan sangat bagus untuk anda beli. Baik untuk buah tangan maupun untuk dipakai.

Sebab dengan coraknya yang khas dan bahannya yang terjamin serta kuat, kain songket juga memiliki ketahanan yang mumpuni dalam segi kualitas.

4. Tas manik yang unik

Souvenir Khas Balikpapan untuk Oleh-Oleh Keluargabobo.grid.id/

Memiliki warna yang beragam, tas manik menjadi incaran kaum hawa ketika berlibur ke Balikpapan ini. Dengan berbagai macam hiasan uniknya, tas manik akan sangat bagus untuk disimpan di kamar atau bahkan dipakai.

Tidak hanya untuk souvenir, sebagai hiasan di rumah pun bisa. Pilihan warnanya yang pastel akan match alias cocok jika ditaruh di ruangan dengan tema estetik.

5. Kaos

Souvenir Khas Balikpapan untuk Oleh-Oleh KeluargaPasar Inpres Kebun Sayur Balikpapan (IDN Times/Mela Hapsari)

Kaos dengan berbagai tulisan bisa menjadi souvenir yang bagus untuk keluarga. Biasanya kaos dengan gambar atau tulisan seputar Balikpapan ini sendiri dibandrol dengan harga yang murah namun berbahan nyaman dan sejuk.

6. Mandau

Souvenir Khas Balikpapan untuk Oleh-Oleh KeluargaPedang mandau Kalimantan. Foto tiaaminah

Senjata khas menjadi oleh-oleh yang pantas dibeli. Apalagi, mandau kepunyaan Balikpapan dilengkapi dengan sentuhan manis berupa manik-manik yang manis.

Itulah dia beberapa souvenir khas Balikpapan yang bisa anda beli di sini. Tentunya, keluarga pasti suka.

Baca Juga: Warga Balikpapan Diminta Waspada akan Peningkatan Kasus COVID-19

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya