Comscore Tracker

9 Pantai di Balikpapan dengan Pesona Alam Kalimantan

Pantai-pantai yang cocok untu destinasi liburan kamu

Bersantai di musim liburan sekali-kali bisa dihabiskan berwisata bersama keluarga ke sejumlah pantai ada di Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim). Mayoritas masih asri dengan pengunjung tidak terlalu banyak. 

Sehingga kalian bisa menikmati suasana alam tanpa diganggu kebisingan pengunjung lainnya. Berikut rekomendasi 10 Pantai di Balikpapan yang bisa jadi destinasi wisata kamu selama berada di sana.

1. Pantai Melawai

9 Pantai di Balikpapan dengan Pesona Alam KalimantanPantai Melawai Balikpapan (IDN Times/ Mela Hapsari)

Pantai pertama adalah Pantai Melawai. Pantai ini berlokasi di Jalan Pelabuhan Semayang, Prapatan, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan. Suasana yang masih alami, dengan tumbuhan dan udara di sekitar menghadirkan kesegaran bagi setiap pengunjung.

Jika kamu berkunjung ke sini, kamu dapat melihat  pulau yang berasal dari tumpukan batu karang juga di sini.

2. Pantai Lamaru

9 Pantai di Balikpapan dengan Pesona Alam Kalimantanpegipegi.com

Pantai di Balikpapan selanjutnya adalah Pantai Lamaru. Terletak sedikit di luar kota, tepatnya di Jalan Mulawarman, Lamaru, Teritip, Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

Pantai ini sudah memiliki fasilitas yang lebih lengkap dibandingkan Pantai Melawai, ditambah juga sudah cukup tertata.

3. Pantai Serumpun

9 Pantai di Balikpapan dengan Pesona Alam KalimantanPantai Serumpun, Balikpapan (Dok. Pribadi/Ismail Arrasyid)

Selanjutnya ada Pantai Serumpun. Pantai ini berlokasi di Jalan Mulawarman, Lamaru, Balikpapan Timur, Kota Balikpapan. Pantai ini sendiri masih belum banyak diketahui orang, jadi kalau kamu mencari suasana tenang bisa memilih ke pantai ini.

Pantai Serumpun sendiri punya pemandangan malam yang indah ditambah deburan ombak yang menambah ketenangan, maka tak jarang orang menginap di sekitar pantai untuk melihat hamparan bintang di malam hari. 

4. Pantai Kemala

9 Pantai di Balikpapan dengan Pesona Alam Kalimantanreproindonesia.com

Berlokasi di Jalan Jenderal Sudirman, Prapatan, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan, Pantai Kemala jadi pantai di Balikpapan selanjutnya yang bisa kamu kunjungi. Lokasinya tepat berada di belakang Rumah Sakit Bhayangkara Polda Kalimantan Timur. 

Banyak wisatawan khususnya kawula muda datang ke sini untuk menikmati keindahan alam yang ada di pantai ini. Terlebih pada momen matahari terbenam. Fasilitas di sini juga cukup lengkap dari mulai permainan hingga kuliner yang harganya terjangkau.

5. Pantai Batu

9 Pantai di Balikpapan dengan Pesona Alam KalimantanPantai di Balikpapan Kalimantan Timur. Foto istimewa

Pantai selanjutnya yang tidak kalah cantik adalah Pantai Batu. Terletak di Prapatan, Balikpapan ini juga masih jarang diketahui wisatawan loh. Jika kamu berkunjung ke sini, suasananya akan lebih tenang dan nyaman karena belum banyak pengunjung.

Waktu yang tepat untuk berkunjung ke sini sendiri disarankan antara pagi atau sore hari untuk pemandangan yang lebih maksimal.

Baca Juga: 10 Destinasi Tamasya di Berau yang Jadi Surga Wisata Bahari Dunia 

6. Pantai Banua Patra

9 Pantai di Balikpapan dengan Pesona Alam Kalimantanpegipegi.com

Masih berlokasi di Prapatan, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan. Pantai Banua Patra jadi rekomendasi pantai selanjutnya. Pantai ini merupakan pantai di Balikpapan yang tidak terlalu panjang namun jika kamu penikmat senja, pantai ini memiliki pemandangan sunset yang sangat cantik.

Namun bila kamu ingin berenang, pantai ini tidak disarankan karena fasilitasnya belum memadai.

7. Pantai Manggar Segarasari

9 Pantai di Balikpapan dengan Pesona Alam KalimantanPantai Manggar Segara Sari Balikpapan (IDN Times/Surya Aditya)

Pantai Manggar Segara Sari merupakan salah satu pantai yang cukup ramai di Balikpapan. Dengan hanya berjarak 20 km dari pusat kota, fasilitas di pantai ini juga sudah cukup memadai bagi wisatawan.

Pantai ini dilengkapi dengan berbagai permainan di pantai dan tentu pemandangan yang bisa memanjakan mata kamu. Pantai ini sendiri berlokasi di Jalan Pantai Manggar Segara Sari, Manggar Baru, Balikpapan Timur, Kota Balikpapan.

8. Pantai Monpera

9 Pantai di Balikpapan dengan Pesona Alam KalimantanPantai Batu (jejakpiknik.com)

Pantai di Balikpapan yang bisa jadi pilihan kamu berikutnya adalah Pantai Monpera singkatan dari Monumen Perjuangan Rakyat. Terletak di tengah Kota Balikpapan, pantai ini juga terdapat monumen untuk mengingat jasa para pahlawan. Di sini juga tersedia fasilitas yang cukup lengkap, seperti penyewaan permainan, ditambah dengan rindangnya pepohonan di sekitar pantai membuat nyaman untuk bersantai di pantai ini.

Pantai ini berlokasi di Jalan Jenderal Sudriman No 1 Klandasan Ulu, Balikpapan Kota, Kota Balikpapan.

9 Pantai Sepinggan

9 Pantai di Balikpapan dengan Pesona Alam KalimantanPulau Sepinggan (pantainesia.com)

Pantai selanjutnya adalah Pantai Sepinggan yang terletak di Jalan Sepinggan Raya 1 Sepinggan, Balikpapan Selatan, Kota Balikpapan. Pantai ini menyuguhkan panorama yang memikat terlebih di saat menjelang matahari terbenam maupun matahari terbit.

Pantai ini juga dikelilingi deretan pohon yang rindang serta subur di tepi pantai sehingga menambah nuansa sejuk saat berkunjung ke sini. Tersedia pula beberapa olahraga air yang bisa kamu coba di sini yang menambah keseruan liburan kamu.

Nah, pantai-pantai Balikpapan sepertinya untuk dilewatkan saat liburan mendatang. Yuk taati protokol kesehatan dan segerakan vaksin agar semua kembali normal!

 

Penulis: Agung Pratama Satria

Baca Juga: 10 Lokasi Wisata Balikpapan yang 'Ramah Kantong' untuk Pelancong

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya