Comscore Tracker

Kunjungi Kota Paser, Ini 10 Oleh-oleh yang Sayang jika Dilewatkan

Legit, unik, dan legendaris

Satu lagi kabupaten di Kalimantan Timur (Kaltim) yang mungkin kalian belum pada tahu. Kabupaten Paser di mana di tempat ini dulunya terdapat sebuah Kerajaan Sadurengas yang wilayah meliput Paser, Penajam Paser Utara, hingga Balikpapan

Kesultanan ini berjaya di tahun 1516 bersamaan waktunya dengan kejayaan Kesultanan Banjar di Kalimantan Selatan (Kalsel). Sehingga tak heran, destinasi wisata budaya dan sejarah di Paser patutlah untuk dikunjungi. 

Saat kalian berada di kota ini, jangan pula membawa oleh-oleh makanan khas Paser yang unik serta rasa yang aduhai. 

Nah, kira-kira apa aja ya oleh-oleh khas Paser? Yuk simak uraiannya!

1. Kacang sembunyi

Kunjungi Kota Paser, Ini 10 Oleh-oleh yang Sayang jika Dilewatkanwisato.id/Kacang Sembunyi

Oleh-oleh khas Paser yang pertama adalah kacang sembunyi. Camilan ini dinamakan kacang sembunyi karena sekilas kacangnya memang tertutup dan nyaris tidak kelihatan sama sekali! Eits, kacang ini bukan bersembunyi, tapi memang diselimuti oleh adonan tepung agar menambah cita rasa yang renyah dan gurih. Mau coba?

2. Sambal Acan

Kunjungi Kota Paser, Ini 10 Oleh-oleh yang Sayang jika Dilewatkanblanja.com

Ini dia oleh-oleh yang disebut-sebut sebagai algojonya Paser. Yap, betul sekali sambal acan. Sesuai dengan namanya, sambal acan merupakan produk sambal asli buatan Paser. 

3. Keripik pisang

Kunjungi Kota Paser, Ini 10 Oleh-oleh yang Sayang jika Dilewatkanwisato.id/Keripik Pisang Khas Kaltim

Oleh-oleh khas Paser berikutnya adalah keripik pisang. Keripik ini adalah oleh-oleh yang wajib banget dibawa pulang karena variasi rasanya yang amat banyak. Ada rasa cokelat, vanila, original, serta kemasannya yang juga tersegel dengan rapat.

Jadi emang paling pas buat masuk koper! 

4. Petis udang Paser

Kunjungi Kota Paser, Ini 10 Oleh-oleh yang Sayang jika Dilewatkanwisato.id/Peting udang paser

Petis udang khas Paser ini juga menjadi best seller dari masyarakat yang menetap di sana. Menu ini juga menjadi santapan sehari-hari mereka, lho!

Makanan ini terbuat dari kepala udang yang diolah bersama gula merah dan juga racikan bumbu penyedap. Daging sebagai bahan utama juga diambil langsung dari perairan di sana sehingga saat dimasak pun masih fresh banget! 

5. Kue Jenderal Mabok

Kunjungi Kota Paser, Ini 10 Oleh-oleh yang Sayang jika DilewatkanInstagram.com/fiqhiwahab55

Mendengar namanya, pasti kamu merasa janggal. Padahal, oleh-oleh Paser yang satu ini dinamakan  jenderal mabuk karena rasanya yang legit sampai-sampai membuat mabuk kenikmatan. Unik sekali ya? 

Baca Juga: 10 Tempat Wisata Penajam yang Wajib Disambangi setelah Pandemik

6. Putu manis wayang

Kunjungi Kota Paser, Ini 10 Oleh-oleh yang Sayang jika Dilewatkanjakarta-tourism.go.id/ Putu Wayang

Oleh-oleh Paser yang satu ini berbeda dengan jenis putu pada umumnya, karena hidangan putu khas Paser hanya ditaburkan dengan kelapa parut dari gula pasir. Tampilannya seperti gulungan mi yang tentunya berbeda dengan putu lonjong yang sering kita temui di pinggir jalan kota.

7. Gandul

Kunjungi Kota Paser, Ini 10 Oleh-oleh yang Sayang jika DilewatkanInstagram.com/pudingbabi

Gandul adalah sejenis oleh-oleh daging atau yang lebih akrab dikenal dengan sebutan dendeng. Tekstur dendeng gandul khas Paser ini kering dan renyah. Yang spesial dari gandul ini adalah dagingnya yang disirami kuah dengan bumbu-bumbu oriental. Jika kamu mau memboyong oleh-oleh ini jangan lupa minta pisahkan daging dan kuahnya, ya!

8. Dempo duyan

Kunjungi Kota Paser, Ini 10 Oleh-oleh yang Sayang jika Dilewatkanjohnkur.blogspot.com/Dempo Duyan

Berikutnya adalah dempo duyan yang juga menjadi oleh-oleh khas Paser. Camilan tradisional ini berbahan dasar dari durian yang dimasak di atas bara api. 

9. Ponta

Kunjungi Kota Paser, Ini 10 Oleh-oleh yang Sayang jika Dilewatkanseringjalan.com/Ponta

Ponta adalah kependekan dari podangan ketan yang juga recommended untuk dijadikan buah tangan. Masyarakat Paser biasanya menambahkan gula merah dan serutan kelapa muda agar rasanya semakin kaya. 

10. Batik cura

Kunjungi Kota Paser, Ini 10 Oleh-oleh yang Sayang jika Dilewatkanlulukwulandarihariyanto.blogspot.com/Batik Cura Paser

Beralih ke seni dan kerajinan tangan, Paser juga terkenal dengan motif busana batiknya. Corak dari ukiran batik ini terinspirasi dari ornamen yang berada di Museum Keraton Sadurengas. Hmm,  kira-kira apa ya filosofinya?

Itulah kesepuluh rekomendasi oleh-oleh khas Paser yang bisa jadi pilihan untuk diboyong ke rumah! Kamu minat membawa yang mana?

 

Penulis: Raisah Zakiah

Baca Juga: 10 Oleh-oleh Khas Berau yang Tak Mungkin Ditemui di Tempat Lain

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya