Comscore Tracker

Lebih Berkesan, Ini 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Samarinda

Recommended dan ramah di kantong!

Kalimantan Timur (Kaltim) merupakan salah satu provinsi di Indonesia yang memiliki ragam jenis tempat wisata menarik. Kota Samarinda misalnya, ibu kota provinsi ini  memiliki daya tarik tersendiri karena memiliki tempat wisata yang bisa menghiasi liburan mu agar lebih berkesan!

Penasaran kan? Yuk simak ulasannya!

1. Tempat Wisata Pulau Kumala Tenggarong

Lebih Berkesan, Ini 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Samarindatribunnewswiki.com/Pulau Kumala Samarinda

List yang pertama diawali dengan tempat wisata Pulau Kumala Tenggarong Kutai Kartanegara (Kukar). Meskipun berada di Tenggarong, wisata Pulau Kumala cukup identik dengan warga Samarinda. 

Bagaimana tidak, ada jembatan penyeberangan yang mendekatkan dua kota saling bertetangga ini. Lokasi tempat wisata ini termasuk strategis karena jaraknya yang dekat dan bisa ditempuh dengan kendaraan umum atau pribadi. 

Pulau Kumala memiliki beragam jenis atraksi wisata yang seru banget, ada jet coaster, kereta gantung, gokar, komedi putar, dan kereta api mini yang akan mengantarkan kamu mengelilingi area wisata sekitar.

Pulau Kumala berlokasi di Jalan K.H. Ahmad Muksin Tenggarong Timbau Tenggarong, Kaltim.

Jam Operasional: 13.30 – 23.00

HTM: Rp7.000 Dewasa; Rp5.000 anak-anak.

 

2. Pulau Beras Bontang

Lebih Berkesan, Ini 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Samarindacelebes.co/Pulau Beras Samarinda

Tempat wisata yang jadi rekomendasi di Samarinda berikutnya adalah Pulau Beras. Dari Samarinda, pelancong bisa meneruskan perjalanan ke Bontang selama 3 jam. 

Pantai ini identik dengan pasir pantainya yang putih berseri dan juga lautnya yang biru membuat kamu akan terbius akan rupa indahnya.

Pantai ini berlokasi di Selat Makassar, Bontang, Kalimantan Timur

Jam Operasional: 24 Jam

HTM: Gratis

3. Taman Rekreasi Lembah Hijau Samarinda

Lebih Berkesan, Ini 10 Rekomendasi Tempat Wisata di SamarindaUtiket.com/Lembah Hijau

Mau vibes liburan yang tak terlupakan dan berkesan? Taman rekreasi ini bisa jadi pilihan. Konsep dari taman rekreasi ini adalah menggabungkan atraksi permainan modern dengan kehijauan alam. Jadi kamu dapat memainkan wahana sambil menikmati pemandangan alam. Lokasi taman rekreasi ini berada di Jalan Kebun Raya, Lempake, Kota Samarinda, Kalimantan Timur

Jam Operasional: 08.00 – 20.00

HTM: Rp 5.000/orang; Rp 180.000/orang untuk paket outbond

4. Wisata Air Terjun Pinang Seribu Samarinda

Lebih Berkesan, Ini 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Samarindacelebes.co/Pinang Seribu

Wisata Air Terjun Pinang Seribu menempati posisi keempat tempat wisata yang menjadi rekomendasi ketika berkunjung ke Samarinda. Air terjun ini memiliki bentuk yang unik seperti tatakan anak tangga sehingga air terjun ini bisa pijaki. Jika kamu ingin berkunjung sebaiknya datanglah pada saat cuaca mendukung agar medan area tidak terlalu licin dan aman. Tempat wisata ini berlokasi di Jalan Air Terjun, Sempaja Utara, Samarinda Utara, Kalimantan.

Jam Operasional: 10.00-17.00

HTM: Rp 5.000

5. Kebun Raya Unmul, Samarinda

Lebih Berkesan, Ini 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Samarindawisatakalimantan.com

Daftar berikutnya adalah Kebun Raya Unmul, Samarinda. Unmul merupakan singkatan dari Universitas Mulawarman yang terletak di Samarinda. Objek wisata di sini sangat variatif dan menarik, kamu bisa menyewa sepeda air untuk mengitari danau Unmul, berkunjung ke museum kayu Kalimantan, dan juga jalan-jalan di kebun binatang mini. 

Kebun Raya Unmul berlokasi di Jalan Kuaro, Gn. Kelua, Samarinda Ulu, Kota Samarinda

Jam Operasional: 09.00 – 17.00

HTM: Rp 5.000

Baca Juga: 10 Lokasi Wisata Balikpapan yang 'Ramah Kantong' untuk Pelancong

6. Tjiu's Palace Samarinda

Lebih Berkesan, Ini 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Samarindapusatinfowisata26.blogspot.com

Salah satu tempat wisata di Samarinda yang mengesankan adalah Tjiu's Palace Samarinda. Tempat wisata ini menawarkan berbagai objek wisata yang menambah kesan liburan mu. Di sini kamu dapat menaiki sepeda air kayuh ataupun mesin, memancing langsung di kolam ikan, serta kereta api dan kolam khusus anak-anak. Tjiu's Palace Samarinda berlokasi di Jl. Sultan Sulaiman No.6, Kec. Sambutan, Samarinda, Kalimantan Timur

Jam Operasional: 09.00-23.00

HTM: Gratis

7. Air Terjun Tanah Merah Samarinda

Lebih Berkesan, Ini 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Samarindawikipedia.org

Masih bertemakan air terjun, tempat wisata yang satu ini terletak di wilayah yang cukup terpencil yaitu di Dusun Purwosari, Samarinda Utara. Tinggi air terjun ini mencapai 15 meter. Air terjun ini memiliki permukaan tanah jenis gambut sehingga saat air terjun mengalir warnanya berubah menjadi kemerahan. Lokasi air terjun ini berada di Jl. Muara Badak - Samarinda, Tanah Merah, Samarinda Utara, Kota Samarinda

Jam Operasional: 24 jam

HTM: Rp 5.000

8. Desa Budaya Pampang Samarinda

Lebih Berkesan, Ini 10 Rekomendasi Tempat Wisata di SamarindaInstagram.com/legitime.portie

Desa ini akan menciptakan kesan bagi siapa pun yang menyempatkan berkunjung. Tempat wisata ini diperuntukkan bagi kamu yang minat akan kekayaan suatu budaya karena terdapat beberapa baju adat, serta ukiran khas Suku Dayak sebagai hiasan dari bangunannya. Oleh sebab itu, banyak budayawan yang kerap mengunjungi Desa Budaya Pampang Samarinda ini. Lokasi tempat ini berada di Jl. Dahlia No. 69 Sungai Siring, Kota Samarinda, Kalimantan Timur.

Jam Operasional: Minggu 14.00 – 17.00

HTM: Dewasa Rp 25.000; Anak-Anak Rp 20.000

9. Samarinda Islamic Center

Lebih Berkesan, Ini 10 Rekomendasi Tempat Wisata di Samarindakaltimprov.go.id/Samarinda Islamic Center

Destinasi yang juga tak kalah istimewa adalah Samarinda Islamic Center. Bagi kamu yang sedang ingin berwisata religi, masjid di sini adalah rekomendasi tepat. Arsitektur masjid ini terinspirasi dari arsitektur bangunan masjid Hagia Sophia di Istanbul, Turki.

Masjid ini memiliki menara yang menjulang setinggi 99 meter ke atas sebagai lambang dari asmaul husna yang juga berjumlah sebanyak 99 nama indah Allah. Lokasi Masjid ini terletak di Jl. Slamet Riyadi No1 Tlk. Lerong Ulu, Sungai Kunjang, Kota Samarinda

Jam Operasional: 24 Jam

HTM: Gratis

10. Tepian Mahakam

Lebih Berkesan, Ini 10 Rekomendasi Tempat Wisata di SamarindaIlustrasi tepian Sungai Mahakam (IDN Times/Mela Hapsari)

Bagi kamu yang menyukai wisata kuliner, Tepian Mahakam menawari aneka makanan yang sangat variatif di sepanjang bantaran. Sambil kulineran, kamu juga dapat menikmati keindahan dari sungai yang mengarungi beberapa wilayah Kalimantan Timur ini. Lokasi tempat ini berada di Jalan Gajah Mada, Bugis, Samarinda Kota

Jam Operasional: 24 Jam

Harga Tiket: Gratis

 

Berwisata ke Samaridna tak afdol sepertinya bila tak mampir ke lokasi wisata ini. Pastinya menambah wawasan kamu tentang kekayaan alam dan budaya Kalimantan. 

Kamu tertarik dengan yang mana?

Penulis: Raisah Zakiah

Baca Juga: Surga Kuliner, 10 Tempat Makan di Balikpapan Hidangan Khas Nusantara

Topic:

  • Sri Wibisono
  • Bunga Semesta Int

Berita Terkini Lainnya