Comscore Tracker

Air Terjun Terindah Kaltim di Mana Lima Terletak di Kukar

Menjadi potensi wisata masa depan

Kukar, IDN Times - Kabupaten Kutai Kartanegara (Kukar) yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) ini memiliki wilayah yang berbukit-bukit dan sebagian besar bergelombang yang mana menciptakan keindahan alamnya sendiri. 

Baru-baru ini Kutai Kartanegara juga digadang-gadang menjadi calon ibu kota negara Indonesia yang baru, karena hal itulah maka banyak orang yang menjadi penasaran akan gambaran keindahan kabupaten ini. 

Kukar memiliki banyak potensi dalam keindahan alamnya, salah satunya yaitu deretan air terjun yang berada di berbagai desa di kabupaten kaya ini. 

Berikut untuk anda yang penasaran dengan keindahan dari beberapa objek wisata yang ada di Kukar. Yuk, kepoin bareng. 

1. Air Terjun Perjiwa

Dikenal dengan nama Air Terjun Perjiwa, tempat wisata ini terletak di tengah hutan tropis di Desa Perjiwa. Daya tarik dari Air Terjun di Kukar ini merupakan kombinasi wisata alam air terjun dan perbukitan. 

Karena letak dari tempat ini berada di tengah-tengah hutan, maka orang-orang yang sedang berkunjung di sini merasakan udara yang sejuk. Selain keindahan air terjun yang ada di sini, ada pula danau hijau dengan aliran air yang sangat jernih. 

Danau ini memiliki bentuk lingkaran dengan diameter 80 meter dan kedalaman 3 meter dan karena kejernihan airnya, maka pengunjung yang berada di sini bisa melihat pasir dan batu yang berada pada dasar danau ini. 

Anda bisa berkunjung ke wisata ini dengan membayar Rp5  ribu untuk 1 orangnya. Lokasi dari air terjun ini tidak jauh dari Museum Mulawarman Tenggarong.

Anda juga bisa menginap di sekitar air terjun jika membawa perlengkapan sendiri. Merasakan kesejukan udara sekitar bersama teman, kerabat ataupun keluarga, pastilah sangat dirindukan.

2. Air Terjun Kedang Ipil

Jalan untuk menuju ke wisata air terjun ini bisa anda tempuh dengan kendaraan bermotor ataupun mobil. Butuh waktu sekitar 2 jam dari Tenggarong yang berjarak 72 kilometer untuk sampai di Air Terjun Kedang Ipil ini.

Air Terjun ini berada di desa tertua di Kukar yakni desa itu bernama Desa Kedang Ipil. 

Desa ini mempunyai kekuatan mempertahankan tradisi luhur dan menjadi simbol kebersamaan dalam perbedaan. Selain dikenal dengan nama Air Terjun Kedang Ipil, air terjun ini juga disebut dengan nama Air Terjun Kandua Raya.

Tiket untuk masuk ke wisata air terjun ini adalah Rp3 ribu per orangnya. Daya tarik air terjun ini adalah keunikannya, karena sepintas aliran air ini seperti sungai pada umumnya, namun dapat menjadi air terjun dikarenakan aliran airnya terdapat beberapa tingkatan bebatuan. 

Selain daya tarik dari air terjun, pesona alam sekitarnya pun tak kalah indah dan menyejukkan mata.

Baca Juga: Misteri Hutan Gambut di Kukar yang Konon Bisa Menyesatkan

3. Air Terjun Kilo 7

Terletak di Kecamatan Sebulu tepatnya di kilometer 7 Desa Sanggulan, karena itulah air terjun ini dinamakan Air Terjun Kilo 7. Dalam waktu sekitar 15 menit anda bisa tiba di air terjun ini jika dari Desa Sanggulan. 

Air Terjun di Kukar ini termasuk yang masih alami dan jarang di kunjungi orang-orang. Ketika musim hujan tiba, air terjun ini sangatlah menarik untuk dilihat karena indahnya air yang jatuh ke dasar tebing, namun jika pada musim kemarau, air terjun ini cenderung kering. 

Tinggi dari air terjun ialah sekitar 15 meter , dan terdapat juga susunan dinding batu yang menambah keindahan dan menjadi daya tarik pada Air Terjun Kilo 7 ini.

4. Air Terjun Sampai

Lokasi wisata selanjutnya adalah Air Terjun Sampai.  Air Terjun ini juga menjadi andalan bagi warga sekitar untuk menjadi bahan baku air bersih. 

Walaupun air terjun ini hanya memiliki ketinggian sekitar 7 meter, namun pada dasar air terjun ini terdapat kolam yang luasnya mencapai 100 meter persegi dan memiliki kedalaman 1,5 meter.

Sekitar dari air terjun ini ialah berupa tanaman-tanaman hutan.

5. Air Terjun KM 5

Jika tadi sebelumnya ada Air Terjun Kilo 7, ada pula air terjun KM 5 di Desa Sanggulan ini. Air Terjun ini lebih mudah dijangkau daripada Air Terjun Kilo 7, namun tetap saja anda harus berusaha melintasi jalan yang cukup panjang dan menantang adrenalin.

Serupa dengan Air Terjun Kilo 7, Air Terjun KM 5 ini terletak di Kilometer 5 Desa Sanggulan.  

Penutup:

Demikianlah 5 Air Terjun di Kukar yang dapat dimasukkan ke dalam daftar perjalanan kalian untuk melakukan perjalanan liburan setelah pandemik ini berakhir.

Jangan sampai anda menyesal karena melewati 5 air terjun cantik di Kukar ini. 

Baca Juga: Kesultanan Kukar tentang Sejarah Masuknya Islam ke Kalimantan  

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya