Comscore Tracker

Cikal Bakal Pemekaran Kabupaten Kutai Timur

Daerah produsen batu bara terbesar di Indonesia

Sangata, IDN Times - Kabupaten Kutai Timur adalah salah satu kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dan merupakan hasil dari pemekaran dari daerah induk, Kabupaten Kutai Kartanegara. 

Kabupaten yang memiliki luas wilayah lebih dari 35 ribu km² ini beribu kota kabupaten di Sangata. Di tempat ini juga terdapat perusahaan tambang batu bara raksasa PT Kaltim Prima Coal (KPC) yang memiliki wilayah eksploitasi luas.

Kabupaten dengan luas sebesar 17 persen dari luas Provinsi Kaltim ini memiliki penduduk sebanyak lebih dari 250 ribu jiwa yang didata pada tahun 2010. Jika dihitung, kepadatan kabupaten ini hanya 7,14 jiwa per kilometer² dengan pertumbuhan penduduk selama 4 tahun terakhir rata-rata kurang dari 5 persen setiap tahunnya. Berikut ini ada informasi tentang Kabupaten Kutai Timur, check it out!

1. Pembentukan Kabupaten Kutai Timur

Cikal Bakal Pemekaran Kabupaten Kutai TimurKompleks Makam Kesultanan Kutai Ing Martadipura. (Sumber: situsbudaya.id)

Pembentukan kabupaten ini berdasarkan pada Undang-Undang Nomor 47 Tahun 1999 yang juga berisi bahwa Kabupaten Kutai Timur merupakan bagian wilayah Propinsi Kaltim.

Kabupaten ini dimekarkan dari daerah induk Kabupaten Kutai Kartanegara sehinga saat itu terdapat 14 kota/kabupaten di Kaltim. Saat itu, Provinsi Kalimantan Utara (Kaltara) juga masih berada di dalam wilayah Kaltim. 

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Kutai Timur yang Sayang untuk Kamu Lewatkan

2. Geografis

Cikal Bakal Pemekaran Kabupaten Kutai Timurilustrasi hutan Borneo (Unsplash.com/ Jeremy Bezanger)

Kabupaten Kutai Timur terletak pada 115'56'26" sampai dengan 118"58"19" Bujur Timur dan 1'17"1" sampai dengan 1'52"39" Lintang Selatan dengan kondisi tanah berupa dataran landai, bergelombang, hingga berbukit-bukit dan pegunungan serta pantai dengan ketinggian yang bervariasi.

Ketinggian tanah di Kabupaten ini berkisar antara 0 hingga lebih dari 1000 meter di atas permukaan laut. Sebagian besar wilayah Kabupaten Kutai Timur mempunyai kelerengan di atas 15 persen, dengan total luas wilayah lebih dari 2 juta hektare  yang berarti sebanyak lebih dari 75 persen dari total luas lahan yang ada. 

Wilayah dengan lereng di atas 40 persen mempunyai areal yang cukup luas dan tersebar di seluruh wilayah khususnya pada bagian barat laut dengan ketinggian lebih 500 meter di atas permukaan laut yang berarti termasuk dalam kategori lahan kritis yang sangat potensial mengalami degradasi lingkungan berupa erosi tanah.

3. Iklim

Cikal Bakal Pemekaran Kabupaten Kutai TimurIlustrasi hutan (IDN Times/Sunariyah)

Kabupaten Kutai Timur beriklim hutan tropika humida dengan suhu udara rata-rata 26oC. Perbedaan suhu terendah dengan suhu tertinggi di Kabupaten ini mencapai 5o - 7oC. 

Curah hujan di Kabupaten Kutai Timur cukup beragam mulai dari pedalaman  hingga ke wilayah pantai yang semakin menurun. Jumlah hari hujan rata - rata di kabupaten ini adalah sekitar 130 -150 hari/tahun dengan jumlah curah hujan berkisar antara 2000 – 4000 mm/tahun. 

4. Astronomi

Cikal Bakal Pemekaran Kabupaten Kutai TimurANTARA FOTO/Anis Efizudin

Kabupaten Kutai Timur memiliki ibu kota yang terletak di kota Sangata dan secara administratif mencakup wilayah seluas lebih dari 35 ribu kilometer2. Kabupaten Kutai Timur merupakan salah satu  wilayah hasil pemekaran dari Kabupaten Kutai yang di bentuk berdasarkan UU No 47 Tahun 1999 yang diresmikan pada 12 Oktober 1999. UU tersebut berisi mengenai pemekaran wilayah provinsi dan kabupaten.

Kutai Timur terletak di wilayah khatulistiwa dengan koordinat di antara 115°56'26"-118°58'19" BT dan 1°17'1" LS-1°52'39" LU yang memiliki keadaan topografi yang bervariasi. Keadaan topografi tersebut mulai dari daerah dataran seluas lebih dari 500 ribu hektare, lereng bergelombang seluas lebih dari 1,4 juta hektare, dan pegunungan yang memiliki luas lebih dari 1,5 juta hektare.

5. Bupati

Cikal Bakal Pemekaran Kabupaten Kutai TimurIlustrasi Pilkada (IDN Times/Mardya Shakti)

Sejak pembentukannya, Kabupaten Kutai Timur sudah memiliki sembilan orang bupati, berikut merupakan urutan orang yang pernah menjabat sebagai Bupati Kutai Timur. 

Drs. H. Awang Faroek Ishak, M.M., M.Si.
H. Mahyudin, S.T., M.M.
Drs. H. Awang Faroek Ishak, M.M., M.Si.
Isran Noor
Drs. H. Ardiansyah Sulaiman, M.Si.
Ir. H. Ismunandar, M.T.
H. Kasmidi Bulang, S.T., M.M.
Moh. Jauhar Effendi, M.Si.
H. Kasmidi Bulang, S.T., M.M.
Dr. Drs. H. Irawansyah, M.Si.
Drs. H. Ardiansyah Sulaiman, M.Si.


Itulah sejarah mengenai Kabupaten Kutai Timur.

Semoga informasi yang diberikan artikel ini dapat bermanfaat bagi semuanya.

Baca Juga: Air Terjun Batu Lapis di Kutai Timur  yang Konon Dikenal Angker

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya