Comscore Tracker

Keindahan Mahakam Ulu yang Sajikan Wisata Alam Perawan Borneo

Keindahan alam dan budaya Kalimantan

Mahulu, IDN Times - Kabupaten Mahakam Ulu masih sangat baru sebagai kabupaten termuda di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim). Kabupaten ini diresmikan pada tahun 2012 yang letaknya paling ujung di Pulau Kalimantan berbatasan langsung dengan Malaysia.

Tetapi, pesona alam Mahakam Ulu tiada tara menyajikan keindahan alam dan budaya nan asri Kalimantan. Potensi alam yang luar biasa, dan layak digali dengan baik oleh pemerintahan setempat.

Hal ini dibuktikan dengan banyaknya tempat wisata alam yang masih perawan belum diketahui para wisatawan luar. Bahkan juga awam bagi masyarakat di Kaltim itu sendiri. 

Berikut ini beberapa destinasi wisata di Mahakam Ulu yang rugi dilewatkan bagi kalian. Khususnya yang menggemari wisata alam hutan Kalimantan. Scrolling aja bro. 

1. Sungai Mahakam

Keindahan Mahakam Ulu yang Sajikan Wisata Alam Perawan BorneoFacebook

Sungai Mahakam bisa dikatakan sebagai destinasi wajib yang dikunjungi saat anda ke Mahakam Ulu. Sungai Mahakam memiliki pemandangan yang sangat indah yang tidak akan bisa dilupakan begitu saja dari memori pikiran.

Sangat layak dimasukkan sebagai kategori tempat wisata di Mahakam Ulu terpadat dan paling hits karena hingga ini masih banyak pengunjung yang berwisata ke tempat ini.

Bunga anggrek nan cantik tumbuh subur di sepanjang hulu sungai bersamaan dengan pohon-pohon rindang. Terlebih bonus pemandangan dari tebing batu yang sangat autentik menjadi ciri khas lain dari Sungai Mahakam ini.

2. Air Terjun Kohong

Keindahan Mahakam Ulu yang Sajikan Wisata Alam Perawan BorneoAir terjun Kohong di Mahakam Ulu Kalimantan Timur. Foto Antara

Tempat wisata di Mahakam Ulu lainnya adalah Air Terjun Kohong yang menawan. Destinasi ini menjadi idola para wisatawan yang menggemari lokasi ekstrem di Kalimantan. 

Bukan perkara mudah menjangkau lokasi Mahakam Ulu yang masih minim sarana prasarana transportasi darat. Tetapi soal keindahan, gak usah lagi dipertanyakan lagi deh. 

Jarak tempuh yang tidak terlalu jauh hanya sekitar 30 menit dari ibu kota Kabupaten Mahakam Hulu ditempuh mempergunakan kendaraan bermotor.

3. Sungai Cinta

Keindahan Mahakam Ulu yang Sajikan Wisata Alam Perawan BorneoSungai di Mahakam Ulu Kalimantan Timur. Foto Antara

Sungai Cinta memiliki hamparan rimbun pohon hijau yang bersanding dengan rumah para warga di tepian sungainya, sebuah perpaduan yang membuat pemandangan sungai cinta menjadi sangat indah.

Letaknya yang berada di kawasan perkampungan membuat sungai ini selalu jadi pilihan.  Air Sungai Cinta sangat tenang dan jernih dan air terjun yang memiliki ketinggian 5 meter juga menjadi alasan mengapa sungai ini menjadi  tempat wisata di Mahakam Ulu paling hits.

Baca Juga: Ini Rekomendasi Tiga Kafe Paling Gaul di Samarinda  

4. Desa Batu Majang

Desa Batu Majang merupakan salah satu perkampungan Suku Dayak yang masih terjaga hingga kini. Asal muasal nama desa ini adalah adanya sebuah batu besar yang terbelah menjadi dua akibat aliran air sungai alam. Batu ini berada di kawasan desa, sebab itulah mengapa desa ini bernama Batu Majang.

Tempat wisata di Mahakam Ulu terupdate dan paling hits ini menawarkan pengetahuan tentang kehidupan suku Dayak Kenyah yang tinggal di desa ini.

Mayoritas profesi masyarakat Desa Batu Majang adalah sebagai petani.

5. Datah Bilang

Desa ini berada di Kecamatan Long Hubung, yang akan dilewati ketika menyusuri Sungai Mahakam. Desa Datah Bilang memiliki keunikan, yaitu desa ini memiliki warung makan yang mengapung di atas perairan Sungai Mahakam.

Tempat wisata di Mahakam Ulu terupdate dan paling hits satu ini biasanya lebih sering dijadikan tempat persinggahan, atau beristirahat sebelum melanjutkan perjalanan dari kota ke Desa Long Bagun. Namun, nyatanya tempat ini memiliki dataran hijau, dan keindahan eksotis dari Sungai Mahakam yang dapat anda nikmati dari Datah Bilang ini.

6. Gua Tengkorak

Di tempat wisata di Mahakam Ulu terupdate dan paling hits berikutnya merupakan sebuah gua tempat penyimpanan tumpukan tengkorak dan tulang manusia yang disimpan dalam peti mati atau lungun. Gua ini merupakan tempat penguburan orang-orang di masa lampau.

Gua Tengkorak kental akan sejarahnya. Walaupun begitu Gua Tengkorak juga menawarkan pemandangan hijau yang membuat panorama alamnya menjadi sangat indah, dan batu-batu sungai yang besar tertata apik di aliran sungai menjadi daya tarik sendiri bagi Gua Tengkorak.

7. Batu Dinding

Tempat wisata di Mahakam Ulu yang belakangan ini naik daun adalah Batu Dinding. Menjadi tempat berburu foto cantik karena bentuknya seperti dinding yang berada di pinggiran Sungai Mahakam yang asri dan bersih.

Batu Dinding terdiri dari batuan karst alam setinggi 80 meter dan memanjang hampir 10 kilometer. Batu dinding ini sebenarnya merupakan gerbang sambutan ketika para wisatawan menyusuri Sungai Mahakam.

Wisata alam Mahakam Ulu menampilkan destinasi keindahan alam Pulau Kalimantan yang sudah mulai langka. Panorama alam dan budayanya memang sangat sayang untuk dilewatkan lho. 

Baca Juga: Kisah dari Mahakam Ulu: Tato dan Telinga Panjang Dayak Bahau

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya