Comscore Tracker

Misteri Segitiga Setan di Kaltim yang Sudah Bikin Heboh

Cerita mitos yang mirip dengan Segitiga Bermuda

Balikpapan, IDN Times - Setiap daerah biasanya menyimpan kisah misteri yang disimpan turun temurun masyarakat. Seperti juga terjadi di Kalimantan Timur (Kaltim) yang menyimpan cerita sendiri tentang adanya kisah tentang segitiga setan. 

Lantas benarkah misteri segitiga setan itu ada? Untuk dapat mengetahui kisah misteri segitiga setan ini di Kaltim, yuk sama-sama disimak penjelasan berikut ini. Scrolling aja guys. 

1. Cerita singkat tentang segitiga setan

Misteri Segitiga Setan di Kaltim yang Sudah Bikin Hebohgoogle

Sebenarnya, segitiga setan adalah sebutan lain dari Segitiga Bermuda. Siapa yang tidak kenal dengan segitiga Bermuda, segitiga ini dikenal sebagai segitiga yang bisa memakan banyak korban jiwa, tidak heran jika segitiga ini disebut sebagai segitiga setan.

Meski saat ini kemajuan teknologi terus bertambah, namun para ahli sampai saat ini belum bisa memecahkan misteri segitiga setan yang menghebohkan masyarakat. Segitiga setan merupakan sebuah garis segitiga imajiner dalam sebuah wilayah kelautan yang terletak di Samudera Atlantik dengan luas sekitar 1,5 juta mill atau setara dengan 4 juta kilometer.

Seperti namanya, segitiga setan ini memiliki luas yang membentuk garis segitiga. Seperti Setiga Bermuda terdiri wilayah teritorial Britania Raya di titik sebelah utara Puerto Riko, Negara Bagian Florida, Amerika Serikat bagian barat dan Amerika Serikat bagian selatan serta Miami.

Baca Juga: Tingkat Hunian Hotel di Kaltim Masih Rendah selama Pandemik COVID-19

2. Segitiga setan termasuk wilayah berbahaya

Misteri Segitiga Setan di Kaltim yang Sudah Bikin Hebohpinimg.com

Berdasarkan cerita yang beredar, banyak puluhan pesawat terbang dan kapal yang hilang tanpa bekas di kawasan segitiga tersebut. Hal ini dinilai sebagai gejala alam yang luar biasa. Ada seseorang yang mengatakan bahwa di sekitar segitiga tersebut terdapat medan magnet yang sangat kuat atau lubang hitam (black hole) yang dapat menyedot apa pun yang melintasi wilayah tersebut. 

Ada pula ilmuwan dari Amerika Serikat yang mengatakan bahwa di segitiga tersebut terdapat lowong waktu. Namun, hal tersebut dibantah berbagai kalangan ilmuwan lainnya. Tidak hanya itu saja. bahkan ada yang memberi anggapan bahwa kawasan segitiga setan itu menjadi tempat tenggelam Negeri Atlantis. Konon katanya di dasar laut tersebut ditemukan sebuah piramida yang ukurannya jauh lebih besar dibandingkan piramida yang ada di Mesir.

3. Cerita-cerita mitos tentang Segitiga Bermuda

Misteri Segitiga Setan di Kaltim yang Sudah Bikin Hebohnbcnews.com

Banyak orang yang memiliki anggapan berbeda dari adanya piramida ini, mulai dari sebagai anggapan bahwa piramida ini awalnya berada di permukaan, namun akibat adanya gempa yang dahsyat maka piramida ini tenggelam ke dasar laut.

Ada juga yang berpendapat bahwa piramida ini dijadikan sebagai salah satu landasan aktivitas Bangsa Atlantis, sehingga piramida tersebut diperkirakan sebagai gudang pemasokan mereka.

Selain itu, ada juga yang mencurigai keberadaan piramida tersebut kemungkinan merupakan sebuah tanah suci yang khusus dilindungi oleh Bangsa Atlantis yang memiliki kekuatan atau energi khusus. Piramida tersebut dinilai bisa menarik dan mengumpulkan sinar kosmos dan gelombang energi lain yang belum diketahui struktur bagian dalamnya sehingga menimbulkan efek terhadap suatu benda untuk menarik benda lainnya.

4. Segitiga setan yang berada di Kaltim

Misteri Segitiga Setan di Kaltim yang Sudah Bikin HebohANTARA FOTO/Anis Efizudin

Nah, apa kaitannya dengan Provinsi Kaltim? Ternyata dari berbagai sumber disebutkan juga di mana segitiga setan ternyata ada di beberapa belahan dunia. Salah satunya disebut-sebut berada di Kaltim hingga Kalimantan Utara (Kaltara), tentunya dengan cerita-cerita mistis menyertainya. 

Lokasinya segitiga setan meliputi Kabupaten Bulungan, Nunukan, Malinau, Kutai Barat, dan Kutai Kartanegara.  

Wilayah ini dianggap sebagai Segitiga Bermuda nya Indonesia yang masih angker. Kebetulan pula, lokasinya berada di area pedalaman Kaltim dan Kaltara yang masih rimbun oleh hutan primer, lembah, jurang, dan gunung perawan. 

Baca Juga: Duh! Gangguan Kesehatan Jiwa Meningkat di Kaltim 

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya