Comscore Tracker

Seram, Lokasi Tempat Angker di Kalimantan yang Penuh Aura Mistis

Tersebar di seluruh wilayah di Kalimantan

Balikpapan, IDN Times - Pulau Kalimantan dikenal sebagai wilayah yang memiliki banyak hutan. Tidak hanya dikenal dengan eksotisme hutannya, tetapi di pulau ini pun memiliki beragam tempat wisata bernuansa angker. 

Seperti yang diketahui, bahwa Kalimantan ini terdapat urband legend bernama kuyang yang sangat terkenal.  Sehingga tak mengherankan, di balik indahnya hutan rimba yang menawan ditemukan pula destinasi angker karena hantu kuyangnya.

Kali ini, yuk kita mengulas beberapa lokasi tempat angker di Pulau Kalimantan. Simak informasinya berikut ini, keep reading!

1. Saranjana di Kotabaru Kalsel

Tahukah anda, bahwa ada cerita menarik terkait Kota Saranjana?  Sebuah kota mistis yang konon berada di Kabupaten Kotabaru Kalimantan Selatan (Kalsel). Sehingga pastinya, nama kota ini tak termuat dalam peta, tetapi sangat dipercaya sebagian masyarakat Banjar di Kalsel. 

Dikutip dari YouTube Channel Radius Kalbar dalam tayangan videonya, Saranjana merupakan kota bangsa jin yang berada di kawasan tersebut. Tempat ini hanya bisa didatangi oleh orang-orang 'pintar' saja alias orang-orang yang memiliki kemampuan spiritual. 

Meski tempat ini tidak ada di peta, akan tetapi masyarakat tetap mempercayai bahwa kota tersebut berada di sebuah pulau laut yang di  Kabupaten Kotabaru. Memang, jika anda mencari di peta modern Indonesia, Pulau Laut ini nyaris tidak terlihat karena terlihat lebih kecil.

Tempat ini memang bagus dan masih asri, namun sayang tidak ada yang penghuni wilayah Saranjana ini.

Konon kabarnya, Saranjana merupakan tempat yang dihuni dan dibuat oleh makhluk tidak kasat mata alias hantu jin. Tetapi ada juga masyarakat yang mengatakan bahwa kota ini dihuni oleh makhluk gaib, karena sejumlah orang mengaku pernah melihat dan pergi kota ini. 

Baca Juga: Misteri Segitiga Setan di Kaltim yang Sudah Bikin Heboh

2. Padang 12

Tempat angker di Kalimantan selanjutnya ini terletak di Kecamatan Matan Hilir Selatan, dekat dengan Pantai Tanjung Baru di Kalimantan Barat (Kalbar). Padang 12 bisa dikatakan merupakan tempat yang gaib yang dipercaya masyarakat bahwa tempat ini memiliki peradaban yang lebih maju daripada manusia saat ini.

Bagi orang awam,  wilayah yang berada di antara Kecamatan Pesaguan dan Kecamatan Kendawang karena tempat ini hanya berupa tanah kosong seluas 12 kilometer yang dipenuhi dengan pohon ilalang, pohon pinus, layaknya sebuah padang rumput.

Kabarnya orang yang mendiami Padang 12 tersebut dinamakan orang kebenaran. Menurut masyarakat, mereka adalah jin muslim yang dikenal agamis dan taat beribadah.

3. Sungai Belayan

Seram, Lokasi Tempat Angker di Kalimantan yang Penuh Aura MistisSungai Mahakam, Samarinda, Kaltim (IDN Times/Mela Hapsari)

Sungai Belayan merupakan tempat angker di Kalimantan Timur (Kaltim)  yang merupakan anak sungai dari Sungai Mahakam. Konon tempat ini adalah tempat berkumpulnya hantu kuyang. Kuyang memang bisa ditemukan di hampir seluruh wilayah di Indonesia, mulai dari Bali, Sumatera Barat, dan Kalimantan.

Namun, banyak diketahui masyarakat bahwa keberadaan kuyang banyak ditemukan di Kaltim. Biasanya mereka terlihat di di pinggiran Sungai Belayan, Kutai Kartanegara, dan wilayah-wilayah lainnya.

Hantu kuyang ini memang banyak meresahkan masyarakat, cara ia bertahan hidup dengan cara mencari tumbalnya. Tumbal yang ditangkapnya adalah perempuan hamil atau yang baru saja melahirkan, bayi dan bahkan mayat bayi yang baru saja dimakamkan yang akan dihisap darahnya sampai lemas.

4. Sungai Kunjang

Seram, Lokasi Tempat Angker di Kalimantan yang Penuh Aura MistisANTARA FOTO/Adeng Bustomi

Selanjutnya adalah Sungai Kunjang yang merupakan sebuah sungai yang terletak di Samarinda Kaltim. Konon sungai ini dipercaya masyarakat sebagai tempat beradanya sosok kuyang. Tidak hanya di pinggiran sungai, bahkan kuyang bisa menyambangi rumah masyarakat sekitar. Menurut masyarakat, beberapa tahun lalu tepatnya di bulan Februari 2017 muncul penampakan hantu yang mirip seperti kuyang. 

Demikianlah informasi tentang tempat angker di Kaltim. Semoga dapat memberikan informasi kepada anda mengenai tempat-tempat Kalimantan yang dikenal dengan aura mistis.

Baca Juga: Kuyang, Sosok Urban Legend yang Sudah Meneror Warga Kaltim

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya