Comscore Tracker

Wisata Pantai Biduk-Biduk sebagai Untaian Mutiara Khatulistiwa

Keindahan panorama alamnya tak terkira

Balikpapan, IDN Times - Kalimantan memang dikenal dengan kekayaan hutan tropisnya. Salah satu kekayaan hutan tropis di Kalimantan ini ialah sebuah pantai yang memesona dan masih terjaga keindahannya. 

Salah satu pantai yang populer di kalangan wisatawan ialah Pantai Biduk-Biduk yang memiliki sejuta potret indah yang makin ke sini makin populer.

Pantai ini sangat cocok dinikmati untuk melepas penat dari kepadatan kota dan pekerjaan.

Karena Pantai Biduk-Biduk masih sangat sepi dan keadaan alamnya yang sangat asri karena belum terjamah manusia. Untuk membahas lebih jauh mengenai Pantai Biduk-Biduk, berikut di bawah ini adalah 8 potret terpopuler Pantai Biduk-Biduk yang dapat anda nikmati.

Silakan disimak dengan baik! 

1. Berada di dekat Kota Berau

Wisata Pantai Biduk-Biduk sebagai Untaian Mutiara KhatulistiwaSuasana di Teluk Sumbang, Biduk-Biduk, Berau pada siang hari (IDN Times/Yuda Almerio)

Pantai ini bernama Pantai Biduk-Biduk. Pantai ini berada di pesisir Kalimantan Timur (Kaltim). Pantai Biduk-Biduk juga adalah nama sebuah kampung di Kabupaten Berau. 

Pantai ini sangat mudah ditempuh, hanya berjarak sekitar 10 menit saja dari pusat Kecamatan Biduk-Biduk untuk menikmati potret terpopuler Pantai Biduk-Biduk. 

Kendaraan bermotor bisa menjadi pilihan untuk menuju Pantai Biduk-Biduk ini. Pantai Biduk-Biduk memiliki alam yang masih asri dan jarang terjamah oleh orang-orang. 

2. Panorama pasir putih memesona

Wisata Pantai Biduk-Biduk sebagai Untaian Mutiara KhatulistiwaSuasana di Teluk Sumbang, Biduk-Biduk, Berau pada siang hari (IDN Times/Yuda Almerio)

Terdapat pasir putih serta air laut yang jernih tampak berwarna biru merupakan potret terpopuler Pantai Biduk-Biduk ini. Karena hal itu, jika anda berkunjung ke Pantai Biduk-Biduk ini, anda merasa seperti berjalan di pantai pribadi anda. 

Pasir putih tersebut berasal dari serpihan terumbu karang, maka sebaiknya jika anda ingin berjalan di pasir ini, wajib mengenakan alas kaki supaya tidak mencederai kaki anda.

3. Pemandangan Laut Sulawesi

Wisata Pantai Biduk-Biduk sebagai Untaian Mutiara KhatulistiwaNelayan di Teluk Sumbang, Biduk-Biduk, Kabupaten Berau pada siang hari. Potret diambil pada 5 November 2019 (IDN Times/Yuda Almerio)

Pengunjung bisa bermain maupun berlarian di sepanjang garis pantai ini, karena Pantai Biduk-Biduk mempunyai garis pantai yang panjang. 

Anda juga bisa melihat langsung bagaimana indahnya pemandangan Laut Sulawesi yang merupakan potret terpopuler Pantai Biduk-Biduk dengan ditemani semilir angin pantai yang menyejukkan mata dan hati. 

Jajaran-jajaran pohon kelapa di sepanjang pesisir pantai ini menciptakan udara yang sejuk dan membuat para pengunjung betah untuk menghabiskan waktunya di sini. 

Baca Juga: Rekomendasi Kafe Kekinian dan Ramah Kantong di Berau

4. Aktivitas pantai yang tak terkira

Wisata Pantai Biduk-Biduk sebagai Untaian Mutiara KhatulistiwaInternet

Selain menikmati semilir angin yang sejuk, para pengunjung juga bisa melakukan aktivitas lain yang menyenangkan seperti bermain air, berkemah dan menaiki sampan juga merupakan potret terpopuler Pantai Biduk-Biduk.

Tentu saja tak lengkap jika dengan suasana yang sangat indah dari pantai ini anda tidak mengabadikannya dalam sebuah foto. 

Cuaca di Pantai Biduk-Biduk ini tidaklah terlalu ekstrem, pada saat siang hari cuaca tidak terlalu terik begitu juga ketika malam hari, udara sekitar tidak akan membuat anda terlalu merasa kedinginan. 

5. Menikmati keindahan matahari terbit

Wisata Pantai Biduk-Biduk sebagai Untaian Mutiara KhatulistiwaSenja di perairan Berau, Biduk-Biduk, Kalimantan Timur

Posisi geografis dari Pantai Biduk-Biduk ini sangatlah tepat untuk melihat panorama matahari yang terbenam maupun terbit. Maka tak heran pantai ini dijuluki dengan sebutan pesona matahari terbit. 

Sehingga rugi rasanya jika anda melewatkan momen ini. Anda dapat berkunjung ke Pantai Biduk-Biduk ini pada pukul 6 pagi atau 4 sore untuk menikmati potret terpopuler Pantai Biduk-Biduk yang belum tentu dimiliki pantai lainnya di Kaltim. 

6. Keajaiban Pantai Biduk-Biduk

Wisata Pantai Biduk-Biduk sebagai Untaian Mutiara KhatulistiwaIlustrasi. Sejumlah anak bermain bola voli di Pantai Karangantu menjelang matahari tenggelam (sunset), Kasemen, Serang, Minggu (2/8/2020) (ANTARA FOTO/Asep Fathulrahman)

Para pengunjung juga bisa menjumpai Danau si Gending, Pegunungan Teluk Sumbang dan Air Terjun Bidadari, sebuah potret keajaiban yang terdapat di Pantai Biduk-Biduk yang tidak dimiliki oleh pantai-pantai lainnya bahkan di Indonesia.

Masih banyak keajaiban dari pantai Biduk-Biduk ini, yaitu pengunjung juga bisa berperahu atau menaiki speed boat untuk menuju Pulau Kaniungan dari Teluk Sulaiman. 

7. Potret kehidupan flora dan fauna

Wisata Pantai Biduk-Biduk sebagai Untaian Mutiara Khatulistiwa

Pantai Biduk-Biduk juga merupakan habitat dari 22 jenis mamalia di pantai ini. Potret terpopuler Pantai Biduk-Biduk yaitu dapat menyaksikan fauna-fauna tersebut secara langsung.

Beberapa di antara mamalia tersebut merupakan fauna yang dilindungi, yaitu rusa sambar, beruang madu, hingga owa kalawat, dan tentunya masih banyak lagi. 

Selain itu, ada juga beberapa jenis burung yang bisa ditemui di pantai ini. Mulai dari jenis burung topi hitam, takur leher hitam dan sempidan Kalimantan. 

Flora di sini juga tak kalah banyak, terutama flora endemik khas Kalimantan seperti monocarpia euneura dan shorea mojongensis merupakan potret terpopuler Pantai Biduk-Biduk. Setidaknya ada sekitar 164 jenis tumbuhan di Pantai Biduk-Biduk ini. Sungguh kaya akan hayati pantai yang satu ini.

8. Fasilitas penginapan

Wisata Pantai Biduk-Biduk sebagai Untaian Mutiara KhatulistiwaPantai Uluwatu, Bali (IDN Times/Lia Hutasoit)

Anda bisa datang kapan saja ke pantai ini karena dibuka selama 24 jam untuk menikmati potret terpopuler Pantai Biduk-Biduk. Tak sedikit dari para pengunjung yang berencana untuk datang dan bermalam, dan juga tidak ada tarif tiket maupun parkir di pantai ini. 

Salah satu jalan yang terdapat banyak penginapan adalah Jalan Belimbing, harga yang ditawarkan untuk sebuah penginapan cukup beragama dimulai dari Rp80 000. 

 

Demikianlah potret terpopuler Pantai Biduk-Biduk dan potret keindahan yang diberikan oleh Pantai Biduk-Biduk ini sangatlah sayang untuk dilewatkan. Karena pantai ini masih asri dan alami, cocok bagi anda para traveler yang ingin menenangkan diri.

Baca Juga: Kesultanan Sambaliung dan Pudarnya Kejayaan Kerajaan Berau

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya