Comscore Tracker

Perlu Tahu, 9 Cara Selamatkan Diri saat Situasi Darurat di Pesawat

Siap menghadapi kemungkinan terburuk

Indonesia berduka karena jatuhnya pesawat Boeing 737-500 Sriwijaya Air  Sriwijaya Air SJY-182, dengan rute Jakarta-Pontianak. Hingga saat ini, pencarian korban masih terus dilakukan.

Musibah di tengah pandemik virus corona menjadi pengingat untuk terus mengecek kondisi dan kelaikan transportasi udara. Bicara tentang kecelakaan pesawat terbang, melansir Discovery, sebenarnya kemungkinannya amat kecil, yaitu 1 banding 11 juta.

Meskipun demikian, tetap sedia payung sebelum hujan, kamu tetap harus membekali diri dengan pengetahuan tentang cara menyelamatkan diri bila dihadapkan dengan kondisi darurat atau kemungkinan terburuk.

Ternyata, secara sains, ada beberapa cara yang bisa dilakukan untuk menyelamatkan diri dari kondisi darurat saat tengah berada di pesawat terbang. Simak penjelasannya di bawah ini.

1. Saat kondisi darurat, tinggalkan kopermu di pesawat

Perlu Tahu, 9 Cara Selamatkan Diri saat Situasi Darurat di Pesawatfreepik.com/jannoon028

Mungkin ada benda-benda penting yang kamu masukkan ke dalam koper atau tas carry-on yang berada di kabin pesawat. Namun, dalam kondisi darurat, pikirkan nyawamu terlebih dahulu dan tinggalkan saja barang-barang bawaanmu. 

Ada alasan mengapa awak kabin terus memintamu untuk memasukkan koper atau tas ke dalam bagasi kabin dan tidak membiarkannya tergeletak di lorong. Selain dapat mengganggu kenyamanan sesama penumpang, saat terjadi hal yang tidak diinginkan, misalnya pendaratan darurat, koper atau tas tersebut bisa menghalangi proses evakuasi.

Untuk evakuasi, mengutip Daily Mail, umumnya ada rentang waktu selama 90 detik sebelum seluruh pesawat terbakar. Kalau kamu menghabiskan waktu tersebut untuk menyelamatkan benda-benda yang kamu simpan di bagasi kabin, nyawamu yang jadi taruhannya. Jadi, tetap tenang dan prioritaskan keselamatanmu dulu.

2. Duduk di belakang sayap pesawat atau dekat pintu keluar darurat

Perlu Tahu, 9 Cara Selamatkan Diri saat Situasi Darurat di PesawatKursi penumpang pesawat yang dekat dengan pintu keluar darurat. businessinsider.com

Tidak dapat kelas bisnis, malah dapat kursi hampir di buntut pesawat? Tidak apa-apa. Justru, kamu malah memiliki peluang selamat lebih besar. Selain dekat dengan black box, duduk di bagian belakang juga meminimalkan dampak dari kejatuhan pesawat, dibandingkan yang duduk dekat ruang kokpit.

Setelah menganalisis 20 kasus kecelakaan pesawat, situs Popular Mechanics memecahkan mitos bahwa seluruh tempat duduk itu aman. Ternyata, bagian kabin belakang atau di belakang sayap pesawat disebut-sebut paling aman. Sebanyak 69 persen kemungkinan penumpang selamat saat kecelakaan pesawat, sementara pada bagian first class sebesar 49 persen.

Selain bagian belakang, tempat duduk aman lainnya adalah dekat pintu keluar darurat (emergency exit).

Baca Juga: [LINIMASA] Pencarian Pesawat Sriwijaya Air SJY 182, Hari ke-3

3. Posisi brace dalam pesawat

Perlu Tahu, 9 Cara Selamatkan Diri saat Situasi Darurat di PesawatLatihan posisi brace saat simulasi kecelakaan pesawat British Airways, London. bostonglobe.com

Melansir Reader's Digest, posisi brace sangat penting untuk diketahui saat menghadapi kondisi darurat pesawat. Posisi ini dilakukan dengan cara meluruskan kaki dan membenamkan kepala ke lutut atau meletakkannya ke sandaran tempat duduk di depanmu, sementara posisi tangan berada di belakang kepala. Kenapa begitu?

Mengutip hasil analisis situs Popular Science pasca kecelakaan pesawat Boeing di Inggris pada tahun 1989, terdapat 79 penyintas; 74 korban luka-luka dan 47 korban tewas. Saat para dokter mengobati para penyintas, mereka mengatakan kalau mereka sebelumnya duduk dalam posisi brace saat pesawat Boeing 737-400 tersebut mendarat di Kegworth.

Dites sejak 1967, Federal Aviation Administration (FAA) pun mengatakan kalau posisi brace bisa membantu mencegah kepalamu terbentuk ke permukaan keras. Posisi yang sama juga dilakukan oleh para pengemudi mobil saat menghadapi kecelakaan.

4. Langsung raih masker oksigen ketika tekanan dalam kabin turun

Perlu Tahu, 9 Cara Selamatkan Diri saat Situasi Darurat di PesawatMasker oksigen pesawat. business2community.com

Langsung pakai masker oksigen begitu masker tersebut dijatuhkan. Ketika kehilangan tekanan kabin, penurunan oksigen bisa membuatmu tidak sadarkan diri hanya dalam waktu 20 detik.

Dengarkan selalu penjelasan dari awak kabin: selalu amankan masker oksigen untuk dirimu terlebih dulu sebelum membantu orang lain. Ingat, kamu tidak akan bisa membantu orang lain jika kamu sendiri tak bisa bernapas.

5. Pilih pakaian yang tidak mudah terbakar

Perlu Tahu, 9 Cara Selamatkan Diri saat Situasi Darurat di PesawatPara penumpang pesawat yang memakai pakaian lengan panjang dan celana panjang. newsweek.com

Menurut laporan dari National Transportation Safety Board (NTSB), sebanyak 68 persen tingkat kematian dari kecelakaan pesawat berasal dari kebakaran setelah pesawat jatuh. Oleh karena itu, sebelum terbang, jangan pakai pakaian yang dapat menangkap api.

Melansir Reader's Digest, kamu disarankan untuk tidak mengenakan pakaian berbahan serat sintetis yang mudah terbakar, seperti poliester atau nilon. Pakailah pakaian berbahan alami seperti katun atau wol. Selain bahan alami, kamu juga disarankan untuk memakai baju berlengan panjang dan celana panjang supaya terlindungi dari api dan benda tajam saat menyelamatkan diri dalam kondisi darurat.

6. Lindungi kaki dengan memakai sepatu, hindari sandal atau hak tinggi

Perlu Tahu, 9 Cara Selamatkan Diri saat Situasi Darurat di PesawatIlustrasi Sepatu (Sneakers) (IDN Times/Mardya Shakti)

Mengenakan sepatu dapat melindungi kaki dan mempercepat proses evakuasi. Pakai sandal, sepatu hak tinggi, apalagi bertelanjang kaki tidak disarankan karena dapat melukai diri sendiri dan menyulitkanmu saat menyelamatkan diri bila berhadapan dengan kondisi darurat.

Sandal jepit tidak memberikan perlindungan optimal untuk kaki, sementara sepatu hak tinggi bisa menghambat proses evakuasi dan membahayakan diri serta orang lain di sekitar.

7. Jaga kebugaran tubuh

Perlu Tahu, 9 Cara Selamatkan Diri saat Situasi Darurat di PesawatMenjaga kebugaran agar selamat dari kecelakaan pesawat itu penting. self.com

Penting untuk menjaga kebugaran tubuh agar kamu agar bisa menyelamatkan diri, just in case, dengan efektif, apalagi bila kamu berada dalam kondisi darurat saat berada di pesawat terbang yang butuh aksi cepat tanggap.

Jagalah berat badan ideal supaya kamu dapat mudah menyelinap ke celah-celah kecil saat menyelamatkan diri. Kamu juga harus melatih diri agar tetap tangkas setiap waktu, misalnya menghindari reruntuhan, rintangan, api, dan benda tajam.

8. Bersikap waspada bahkan sebelum masuk pesawat, menit-menit pertama take off sangat penting

Perlu Tahu, 9 Cara Selamatkan Diri saat Situasi Darurat di PesawatDok. Angkasa Pura II

Sebelum kamu masuk ke dalam pesawat, lebih baik kamu harus sudah tahu apa yang akan kamu lakukan jika pesawat mengalami kondisi darurat. Ada riset yang mengemukakan bahwa 3 menit pertama dan 8 menit terakhir penerbangan adalah saat-saat krusial di mana kecelakaan kerap pesawat terjadi.

Jadi, pastikan pada rentang waktu tersebut kamu harus tetap waspada. Jangan tidur, jangan mendengarkan musik, apalagi dalam keadaan mabuk. Bila pesawat mengalami hal yang tidak diinginkan, kamu jadi lebih tanggap dan bisa langsung mengambil tindakan.

9. Secepatnya pakai jaket pelampung jika mendarat darurat di air

Perlu Tahu, 9 Cara Selamatkan Diri saat Situasi Darurat di PesawatInstruksi penggunaan life vest di pesawat. independent.co.uk

Mari kilas balik ke insiden kecelakaan pesawat US Airways 1549 tahun 2009. Disebut "Miracle of the Hudson", pesawat Airbus A320 tersebut mendarat darurat di Sungai Hudson setelah menabrak burung dan mengalami mati mesin saat dalam perjalanan dari New York City ke North Carolina.

Seluruh 155 penumpang pesawat, meski 100 di antaranya mengalami luka-luka. Kenapa? Salah satu faktornya adalah para penumpang dengan sigap sudah memakai baju pelampung (life vest). Biasanya, life vest tersedia di bawah kursi atau di dekat sandaran tangan.

Bila sudah ketemu dan memakainya, setelah keluar pesawat baru dikembangkan sesuai yang diinstruksikan oleh awak kabin. Kalau kamu mengembangkan rompi tersebut di dalam pesawat, itu akan menyulitkanmu dan orang lain bergerak. 

Perlu Tahu, 9 Cara Selamatkan Diri saat Situasi Darurat di Pesawatunsplash.com/Markus Winkler

Tak ada seorang pun yang ingin mengalami musibah. Meskipun begitu ada cara-cara yang wajib kamu ketahui untuk menjaga keselamatan diri dengan baik dan benar apabila terjadi situasi darurat di pesawat. Hal ini bisa membantu memperbesar peluang untuk selamat.

Baca Juga: Jangan Lakukan 5 Hal Ini Saat Pertolongan Pertama, Bisa Berbahaya!

Topic:

  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya