Polisi Gelar Patroli Amankan Pembangunan Bandara VVIP IKN

Koordinasi pengamanan dari Polda Kaltim dan Polres PPU

Penajam, IDN Times - Personel Polri dari Kepolisian Daerah (Polda) Kalimantan Timur bekerja sama dengan Kepolisian Resor (Polres) Penajam Paser Utara (PPU) aktif melakukan patroli untuk memantau keamanan dan kelancaran pembangunan Bandar Udara Naratetama (Bandara VVIP), yang merupakan bagian penting dari infrastruktur transportasi di Kota Nusantara, ibu kota negara baru Indonesia.

"Kami secara aktif melakukan patroli bersama personel Polda, terutama di sekitar kawasan pembangunan bandara," ujar Kepala Polres PPU Ajun Komisaris Besar Polisi Supriyanto diberitkan Antara di Penajam, Senin (6/5/2024).

1. Memperlancar pembangunan Bandara Naratetama

Polisi Gelar Patroli Amankan Pembangunan Bandara VVIP IKNAnggota Polri yang terlibat pengamanan di sekitar Gedung MK dilarang membawa senjata api maupun sangkur (dok. Polri)

Dengan adanya patroli rutin ini, diharapkan pembangunan Bandara Naratetama dapat berjalan lancar tanpa gangguan dari pihak yang tidak bertanggung jawab. "Kami berupaya memberikan rasa aman dan nyaman bagi warga sekitar, serta para pekerja pembangunan bandara," tambahnya.

Patroli ini merupakan bagian dari upaya Polri dalam mendukung kelancaran pembangunan infrastruktur pendukung Kota Nusantara, yang juga sangat penting bagi Kabupaten PPU. 

Kawasan inti pusat pemerintahan (KIPP) Kota Nusantara sedang dibangun di sebagian wilayah Kabupaten Penajam Paser Utara, terutama di Kecamatan Sepaku, yang akan diambil alih oleh Otorita Ibu Kota Nusantara (OIKN).

Baca Juga: Uji Coba Kereta Otonom dan Taksi Terbang di IKN Ditargetkan Juli

2. Penunjang sarana transportasi di IKN

Polisi Gelar Patroli Amankan Pembangunan Bandara VVIP IKNPembangunan KIPP IKN (IDN Times/Ervan)

Sementara Bandara Naratetama, sebagai prasarana penunjang transportasi Kota Nusantara, dibangun di wilayah Kelurahan Pantai Lango dan Kelurahan Gersik, Kecamatan Penajam. Supriyanto menjelaskan bahwa wilayah tersebut tetap berada di bawah administrasi Kabupaten Penajam Paser Utara.

"Polri berkomitmen untuk menjaga keamanan dan ketertiban di kawasan Kota Nusantara dan area pembangunan infrastruktur penunjang ibu kota negara baru Indonesia lainnya," tegasnya.

Keamanan KIPP Kota Nusantara menjadi perhatian utama dan terus ditingkatkan. Patroli juga dilakukan di sejumlah pembangunan infrastruktur pendukung lainnya, termasuk Bandara Naratetama.

3. Patroli pengamanan secara intensif

Polisi Gelar Patroli Amankan Pembangunan Bandara VVIP IKNProyek-proyek yang dikerjakan PT Waskita Karya (Persero) Tbk (WSKT) di Ibu Kota Nusantara (IKN) Kalimantan Timur. (dok. Waskita)

Menurut Supriyanto, personel Polri melakukan pengecekan secara intensif terhadap keamanan di sekitar pembangunan Bandara Naratetama untuk memastikan tidak ada gangguan yang menghambat proses pembangunan bandara.

Pembangunan bandara diharapkan dapat selesai sesuai target, karena Bandara Naratetama akan menjadi pendukung pergerakan tamu penting atau tamu negara saat upacara peringatan Kemerdekaan Republik Indonesia ke-79 di Kota Nusantara pada 17 Agustus 2024.

Baca Juga: Banjir Membuat Kerugian Besar bagi Masyarakat di PPU

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya