Comscore Tracker

Balikpapan Ditunjuk sebagai  Salah Satu Pintu Eskpor di Indonesia

Program gerakan tiga ekspor pertanian

Balikpapan, IDN Times - Pemerintah pusat menunjuk Balikpapan Kalimantan Timur (Kaltim) sebagai salah satu dari 17 pintu pengeluaran merdeka ekspor 2021.

Kegiatan perdana ini diinisiasi Kementerian Pertanian melalui program Gratieks (gerakan tiga kali ekspor) Pertanian, dalam upaya menggerakkan ekonomi nasional dengan meningkatkan ekspor komoditi pertanian sampai tiga kali lipat.

"Kaltim itu ekspornya sudah banyak. Kontribusinya itu tidak hanya bagi daerah, tetapi untuk negara melalui pajak ekspor,” kata Gubernur Kaltim Isran Noor dalam akun Instagram Pemprov Kaltim, Minggu (15/8/2021).

1. Kaltim bersyukur dipilih jadi tempat ekspor

Balikpapan Ditunjuk sebagai  Salah Satu Pintu Eskpor di IndonesiaTim Pengawasan dan Pelayanan Bea dan Cukai (KPPBC) Balikpapan melakukan pengawasan di Pelabuhan Semayang Balikpapan terkait adanya informasi penyeludupan rokok ilegal (IDN Times/Hilmansyah)

Isran bersyukur dan bangga karena Kaltim terpilih jadi salah satu pintu keluar Merdeka Ekspor 2021. Karena selama ini memang Kaltim telah banyak mengekspor berbagai komoditi hasil bumi, mulai dari batu bara, minyak, kayu, serta produk-produk perkebunan seperti produk hilir dari kelapa sawit yang diproduksi oleh perusahaan yang beroperasi di Kawasan Industri Kariangau (KIK) Balikpapan, yaitu PT Kutai Refinery Nusantara (KRN) bagian dari Apical Group, selaku pengekspor minyak sawit dan produk turunannya.

"Semoga ekspor kita terus meningkat, khususnya produk-produk pertanian dalam arti luas guna mendukung suksesnya program Gratieks dari Kementerian Pertanian, sehingga masyarakat petani semakin sejahtera dan perekonomian nasional ikut tumbuh di tengah pandemik," ujarnya. 

Kaltim sudah berkontribusi ekspor tinggi tidak hanya bagi daerah, tetapi untuk negara melalui pajak ekspor. Isran berharap ekspor Kaltim terus meningkat.

Baca Juga: Dihadapan US Army, Gubernur Kaltim Puji Keindahan Pulau Derawan

2. Empat titik daerah pelabuhan di Kaltim

Balikpapan Ditunjuk sebagai  Salah Satu Pintu Eskpor di Indonesia(Ilustrasi kabut asap) ANTARA FOTO/Aswaddy Hamid

Kepala Disperindagkop UKM Kaltim HM Yadi Robyan Noor menjelaskan pada Merdeka Ekspor 2021 ini, khusus untuk Kaltim pelabuhan ekspor ada empat titik, yaitu di Balikpapan, Samarinda, Bontang dan Berau. Khusus untuk produk turunan kelapa sawit, karena industrinya ada di sini maka dari hasil klarifikasi terpilihlah dua perusahaan ini, yakni PT Kutai Refinery Nusantara (KRN) dan PT Balikpapan Chip Lestari, dengan menampung enam perusahaan lain jadi satu.

"Sekali lagi kita apresiasi untuk ekspor hilirisasi dari hasil industri sawit. Intinya bagaimana meningkatkan ekspor dari sektor pertanian, momentum ini sebagai awal, nanti akan terus sampai akhir tahun. Kalau kita hitung ini hampir tiga kali lipat," jelas Roby, sapaan akrabnya. 

3. Berdampak positif pada ekonomi nasional

Balikpapan Ditunjuk sebagai  Salah Satu Pintu Eskpor di IndonesiaIlustrasi Perkebunan Kelapa Sawit (IDN Times/Sunariyah)

Dalam rangka mendukung ekspor pertanian dan mendorong pertumbuhan ekonomi nasional, Apical Group, salah satu produsen minyak kelapa sawit berkelanjutan yang tergabung dalam Grup Royal Golden Eagle berpartisipasi pada acara ‘Pelepasan Merdeka Ekspor Pertanian 2021’ dari Indonesia ke pasar global yang dipimpin oleh Presiden Republik Indonesia Joko Widodo secara virtual dari Istana Negara, pada Sabtu (14/8).

Kegiatan yang dilakukan di kantor PT. Kutai Refinery Nusantara ini sekaligus merupakan langkah nyata untuk membantu ekspor pertanian selama masa pandemik, meningkatkan ekspor UKM, menjaga kesetiaan pelanggan, meningkatkan investasi serta menumbuhkan ekonomi nasional pada tahun depan.

Kaltim tergolong salah satu daerah yang memiliki nilai ekspor yang patut diapresiasi dengan hasil pertanian periode Januari-Juni 2021 sesuai catatan BPS memiliki nilai 1,3 miliar US dollar atau senilai Rp18,5 triliun. Total ekspor Kaltim periode Januari - Juni 2021 adalah sebesar 8,9  miliar USD.

Baca Juga: Awas, Kasus Penipuan Anggota DPRD Kaltim Naik Jadi Penyidikan

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya