Comscore Tracker

PLN Raih Green Initiative Komitmen dan Leadership Transisi Energi

Aksi perseroan menjalankan ekonomi

Balikpapan, IDN Times - PT PLN (Persero) meraih penghargaan Green Initiative Awards atas aksi nyata perseroan dalam menjalankan ekonomi hijau dan mendukung transisi energi, Kamis (1/12/2022).

"Berdampak signifikan pada pertumbuhan ekonomi di Indonesia serta meningkatkan daya saing SDM di sektor digital. Dua kata kunci ini sungguh diperlukan bagi kita di tengah-tengah global competitiveness yang luar biasa," kata Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko dalam keterangan tertulis. 

1. Pemerintah berikan apresiasi terhadap perusahaan yang berkomitmen ekonomi hijau

PLN Raih Green Initiative Komitmen dan Leadership Transisi EnergiKSP Moeldoko (IDN Times/Teatrika Handiko Putri)

Moeldoko mengatakan, pemerintah memberikan apresiasi yang tinggi terhadap perusahaan yang berkomitmen untuk mendorong ekonomi hijau.

Ia berharap, penghargaan yang diraih ini bisa menjadi penyemangat dan menginspirasi perusahaan lainnya untuk mendorong ekonomi hijau.

Tujuan utama adalah peningkatan pertumbuhan ekonomi di Indonesia sekaligus data saing sumber daya manusia (SDM) sektor digital. 

Menurut Moeldoko, dua hal tersebut sangat penting di tengah persaingan ekonomi global. 

Baca Juga: Kejar Mimpi Ajak Anak Muda di Balikpapan Berbagi dan Menginspirasi

2. Direktur Utama PLN menerima langsung penghargaan ini

PLN Raih Green Initiative Komitmen dan Leadership Transisi EnergiDirektur Utama PLN Darmawan Prasodjo. Foto PLN

Dalam kesempatan tersebut, Direktur Utama PLN Darmawan Prasodjo mengaku bangga atas apresiasi dan penghargaan yang diberikan. Ia berharap, apresiasi ini bisa menjadi inspirasi bagi pihak-pihak lain untuk lebih peduli terhadap pembangunan energi hijau yang berkelanjutan.

"Kami melakukan perjuangan ini bukan karena ada perjanjian internasional atau bukan hanya karena suatu kebijakan, kita melakukannya karena kita betul-betul peduli untuk masa depan yang lebih baik," paparnya. 

3. Penghargaan Green Initiative Awards 2022

PLN Raih Green Initiative Komitmen dan Leadership Transisi EnergiPenghargaan Green Initiative Awards 2022. Foto PLN

Dalam mendukung proses transisi energi, PLN melakukan berbagai inisiatif. Misalnya, PLN sudah membuat roadmap untuk beralih ke energi hijau sesuai rencana usaha penyediaan tenaga listrik (RUPTL) yang paling hijau sepanjang sejarah.

Yakni dengan target 51,6 persen tambahan pembangkit berbasis EBT atau sekitar 20,9 GW hingga 2030.

Selain itu, PLN juga mendorong ekosistem kendaraan bermotor listrik di Indonesia. Dukungan ini dilakukan dengan penyediaan infrastruktur stasiun pengisian kendaraan listrik umum (SPKLU) tersebar di seluruh Indonesia.

Baca Juga: Karantina Mencekal 26 Ekor Babi Tanpa Surat Kesehatan Masuk Balikpapan

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya