5 Tips Menyimpan Kubis dengan Benar, Bisa Awet dan Tahan Lama!

Kubis terjaga kesegarannya!

Siapa sih yang tak pernah merasakan kelezatan dari sayuran kubis? Tentu sebagian besar orang pernah mencicipinya. Tak sedikit orang yang menjadikannya favorit tak hanya karena rasanya, namun juga manfaatnya yang begitu besar untuk tubuh.

Selain itu, sayuran ini menjadi salah satu sayuran yang sering kali dijadikan berbagai menu makanan, seperti tumis kubis, pecel hingga sayur sop kubis. Tak hanya enak saat diolah, sayuran ini juga tetap nikmat saat dimakan langsung, misalnya saja ketika menjadi lalapan mentah untuk melengkapi hidangan sambal. 

Biasanya, satu buah kubis yang ukurannya besar, tidak langsung habis dipakai untuk memasak. Kalau dibiarkan saja, tentu bisa rusak dan membusuk, yang akhirnya pasti akan dibuang.

Oleh sebab itu, kubis perlu disimpan dengan benar, agar tak cepat membusuk dan bisa lebih awet. Lalu, bagaimanakah cara penyimpanan kubis yang tepat?  Berikut beberapa tips yang bisa kamu ikuti. Anti ribet, kok!

1. Memilih kubis yang segar

5 Tips Menyimpan Kubis dengan Benar, Bisa Awet dan Tahan Lama!kubis hijau atau bak choy (unsplash.com/Arnaldo Aldana)

Ketika membeli kubis, maka kamu harus memilih kubis yang masih segar. Janganlah pilih yang kondisinya sudah layu, apalagi telah dalam keadaan yang rusak atau bahkan sudah terdapat banyak lubang pada kubis yang disebabkan oleh ulat atau hama lainnya. Kubis dengan kondisi yang baik juga bisa dilihat dari warnanya.

Terdapat dua jenis kubis yang bisa kamu pilih, yaitu dalam warna hijau atau merah. Ketika memilih kubis hijau, maka kamu harus memastikan untuk memilih warna hijau yang mengkilap dan cerah. Untuk warnanya hampir mirip dengan hijau pada daging jeruk nipis. Sedangkan jika kubis merah, kamu bisa memilih yang berwarna ungu hingga merah tua.

Kemudian cuci yang bersih dengan menggunakan air yang mengalir, usahakan kotoran yang menempel telah terangkat sempurna. Lalu, rendamlah dengan memakai air dingin selama kurang lebih 30 menit untuk menghilangkan kotoran sepenuhnya. Setelahnya buang airnya dan keringkanlah kubis.

2. Memotong kubis sesuai selera

5 Tips Menyimpan Kubis dengan Benar, Bisa Awet dan Tahan Lama!ilustrasi memotong kubis (unsplash.com/Heather Ford)

Perlu kamu ketahui bahwa menyimpan kubis dalam keadaan yang masih utuh, tak akan membuatnya bertahan lebih lama. Kamu sebaiknya menyimpannya dalam ukuran yang lebih kecil dengan cara memotong-motongnya terlebih dahulu.

Sebelum memotongnya, buanglah daun terluar kubis yang biasanya mengerut atau masih ditempeli kotoran yang tidak bisa dibersihkan. Sebaiknya, kamu memotongnya sesuai dengan ukuran kebutuhanmu ketika biasanya mengolah kubis, agar kamu tak bekerja dua kali saat ingin mengolahnya menjadi masakan.

Baca Juga: Rekomendasi Tempat Nongki Super Cozy di Samarinda

3. Merebus kubis

5 Tips Menyimpan Kubis dengan Benar, Bisa Awet dan Tahan Lama!ilustrasi merebus (unsplash.com/Henry Kobutra)

Cara selanjutnya adalah dengan merebus kubis. Kamu bisa merebus air dan memasukkannya saat air telah dalam keadaan mendidih. Kemudian rebuslah selama sekitar 1,5 menit.

Kamu disarankan untuk tak merebusnya lebih dari waktu tersebut agar tidak terlalu matang, karena seperti yang kita ketahui, kubis adalah salah satu sayuran yang cepat sekali matang saat direbus.

Proses ini bertujuan untuk membunuh semua bakteri yang melekat pada sayuran ini. Selain itu, trik tersebut juga bisa menghentikan enzim tertentu. Jadi, nantinya kubis tetap tersimpan dengan baik selama di dalam lemari pendingin.

4. Mendinginkan kubis dalam air es

5 Tips Menyimpan Kubis dengan Benar, Bisa Awet dan Tahan Lama!ilustrasi es (unsplash.com/Scott Rodgerson)

Sesudah direbus, kamu bisa memindahkan kubis segera ke dalam mangkuk yang telah diisi oleh air es. Lalu merendamnya sebentar saja.

Cara ini supaya bisa menghentikan proses memasak pada kubis dan agar kubis tidak terlalu matang. Jika terlalu matang, maka takutnya ketika diolah, sayuran ini malah akan mudah hancur dan kehilangan nutrisinya.

5. Meletakkan kubis di lemari pendingin atau kulkas

5 Tips Menyimpan Kubis dengan Benar, Bisa Awet dan Tahan Lama!ilustrasi kulkas (unsplash.com/Ernest Brillo)

Proses berikutnya, setelah kubis menjadi dingin, maka tiriskan sayuran ini dan buang airnya. Kamu bisa membiarkannya kering dengan sendirinya, atau menggunakan lap bersih, atau juga tisu dapur.

Kemudian, kamu bisa menempatkannya ke dalam wadah kedap udara. Jika tak ada wadah, maka kamu bisa menggunakan kantung plastik yang telah dilengkapi dengan zip lock, sehingga meminimalkan terjadinya kontaminasi dari udara atau makanan lainnya.

Biasanya kubis yang disimpan di kulkas dengan kondisi di dalam wadah kedap udara atau kantung plastik bisa bertahan hingga satu minggu. Dengan begitu, gunakanlah selama satu minggu tersebut, atau kubis ini akan membusuk.

Jika ingin lebih awet, kamu bisa memindahkannya ke dalam freezer. Ketika nanti kamu ingin memasak kubis yang telah dibekukan, kamu bisa membiarkannya dalam suhu ruang terlebih dahulu, lalu siap untuk diolah. Kamu disarankan untuk tidak langsung mengolah kubis dalam keadaan yang masih beku, ya.

Kubis bisa diolah menjadi beragam makanan yang lezat. Dengan demikian, jika ada sisa, sebaiknya simpan kubis dengan cara-cara di atas ya! Dijamin kubis lebih awet dan tahan lama, lho!

Baca Juga: 6 Tempat Wisata yang Dapat Dikunjungi saat Berada di Samarinda

Ratna Herlina Photo Community Writer Ratna Herlina

IG: ratna0694

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Sri Wibisono
  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya