Comscore Tracker

7 Kuliner Khas Solo yang Wajib Kamu Cobain di Tahun 2022

Ada resto langganan Pak Jokowi loh!

Balikpapan, IDN Times - Siapa sih yang ngak kenal sama kota Solo? Salah satu kota yang terkenal akan batik khasnya. Selain batik, Solo juga merupakan kota yang terkenal dengan kulinernya yang sangat lezat seperti tahu kupat, jenang lemu, nasi liwet, dan lainnya. Kuliner-kuliner tersebut akan mudah kamu temui di pinggiran jalan Kota Solo.

Selain masakan kulinernya yang lezat ternyata di sana juga mempunyai harga yang cukup murah dan tidak akan menguras kantong kamu. Penasaran apa saja kuliner khas Solo tersebut? Ini dia 7 kuliner khas Solo yang wajib kamu coba.

1. Serabi notusuman

7 Kuliner Khas Solo yang Wajib Kamu Cobain di Tahun 2022instagram.com

Yang pertama ada serabi notusuman. Serabi ini sangat terkenal di daerah Solo karena memiliki rasa yang sangat lezat. Serabi notusuman memiliki rasa yang lebih manis dibandingkan dengan serabi di daerah Jawa Barat yang terkenal lebih gurih.

Serabi ini sudah ada sejak tahun 1928 loh. Harga serabi ini sangat terjangkau hanya berkisar Rp2.000 rupiah saja. Ada berbagai rasa yang bisa kamu pesan seperti rasa cokelat, rasa kacang, rasa campur, dan lain lain.

Banyak sekali wisatawan Solo yang menggemari kuliner yang satu ini. Kamu bisa mendapatkannya di Jalan Mohammad Yamin No 28.

Bagaimana, apakah kamu tertarik untuk mencoba? 

2. Es dawet telasih Bu Darmi

7 Kuliner Khas Solo yang Wajib Kamu Cobain di Tahun 2022bloggametechno

Kuliner ini wajib banget kamu rasa ketika sedang berwisata ke Solo. Panasnya terik matahari pasti membuat kamu lelah dan kehausan. Itulah saatnya kamu beristirahat sejenak dengan mampir ke kuliner Solo ini. Harga satu mangkuk es dawet telasih ini cukup terjangkau, kamu cukup mengeluarkan uang senilai Rp10.000 rupiah saja untuk mendapatkannya.

Bahkan kuliner ini adalah salah satu langganan Pak Jokowi ketika belum menjabat sebagai presiden. Kamu bisa mampir ke Pasar Gedhe Hardjonagoro untuk mencicipi kuliner yang satu ini.

3. Nasi liwet

7 Kuliner Khas Solo yang Wajib Kamu Cobain di Tahun 2022aneka ragam resep

Tak lengkap rasanya kalau berkunjung ke Solo tapi belum ngerasain kuliner yang satu ini. Nasi liwet adalah makan yang mirip dengan nasi uduk yang dicampur dengan sayur labu siam dan ayam suwir.

Nasi liwet memiliki rasa yang enak dan gurih, serta harga yang murah. Nasi liwet sangat cocok untuk kamu yang ingin berhemat ketika sedang berwisata ke Solo. Satu porsi nasi liwet Solo hanya berkisar Rp15.000 rupiah. Kamu bisa mendapatkannya di Jalan Teuku Umar Keprabon Kecamatan Banjarsari Kota Surakarta. 

4. Soto gading

7 Kuliner Khas Solo yang Wajib Kamu Cobain di Tahun 2022Instagram.com

Soto gading merupakan kuliner favorit Pak Jokowi ketika pulang ke Solo. Beliau kerap kali mampir ke warung soto gading bersama dengan istri, anak, dan cucu cucunya. Layaknya pengunjung biasa mereka biasa menyantap soto gading dengan aneka pelengkap. Seporsi nasi soto ayam campur dibanderol Rp10 ribu saja, sementara nasi soto daging campur Rp12 ribu.

Soto diracik hangat-hangat dan disajikan dalam mangkuk kecil. Untuk soto ayam, isiannya suwiran ayam kampung, soun, kentang, seledri, dan bawang goreng.

Sementara soto daging diberi pelengkap tauge, seledri, dan tentu saja irisan daging sapi. kamu bisa berkunjung ke Jalan Brigjen Sudiarto No 75 Joyosuran Kecamatan PS Kliwon Kota Surakarta Jawa Tengah 57156.

Baca Juga: 7 Guest House di Samarinda

5. Bakmi ketoprak Yu Nani

7 Kuliner Khas Solo yang Wajib Kamu Cobain di Tahun 2022Instagram.com

Kuliner kali ini adalah bakmi ketoprak Yu Nani. Kamu membutuhkan sedikit usaha lebih untuk bisa merasakan kuliner ini, karena letak dari warung Yu Nani yang agak blusukan.

Tapi tenang saja kamu bisa bertanya dengan orang di sekitar untuk memudahkanmu menemukan kuliner yang satu ini. Dan tentu saja semua usaha kamu tidak akan sia sia ketika kamu berhasil menemukan dan merasakan kelezatan kuliner ini. Ketoprak solo memiliki rasa gurih dan unik.

Berbeda dengan bakmi lain, bakmi ketoprak aula menggunakan kuah yang cair seperti kuah soto. Rasanya yang khas banget dengan solo membuat para wisatawan sangat menyukai kuliner satu ini. Kamu bisa mendapatkannya di Jalan Wijaya Kusuma No 8 Tipes Kec Serengan Kota Surakarta Jawa Tengah 57154.

6. Sate kere

7 Kuliner Khas Solo yang Wajib Kamu Cobain di Tahun 2022Pixabay.com

Sate kere adalah sebutan untuk salah satu kuliner khas Solo yang terbuat dari tempe gambus yaitu tempe yang dibuat dari ampas tahu. Selain tempe, bahan dasar pembuatan sate ini juga menggunakan jeroan sapi seperti jantung, paru, usus, dan lain lain.

Sate kere memiliki cita rasa yang unik dan lezat karena dimasak dengan cara yang sedikit berbeda. Membayangkannya saja sudah bikin ngiler kan? Kamu bisa menikmati kuliner khas Solo ini di Jalan Kebangkitan Nasional No 52, tepatnya berada di belakang Stadion Sriwedari Solo.

Harga sate kere solo tergolong sangatlah murah Hanya berkisar Rp5.000 rupiah saja.

7. Salad solo

7 Kuliner Khas Solo yang Wajib Kamu Cobain di Tahun 2022Javatravel.net

Salad solo merupakan hidangan khas Solo. Kuliner ini merupakan perpaduan dari masakan khas Solo dengan makanan khas Eropa. Dulu salad solo merupakan makanan bagi para bangsawan Belanda.

Selain itu, salad solo juga biasa dijuluki sebagai saladnya Jawa atau bistik Jawa. Salad ini berisi daging sapi, sayuran, sup, dan bistik. Kamu bisa mendapatkannya di Jl Yudhistira No 9 Serengan Kec Serengan Kota Surakarta Jawa Tengah 57155 dengan harga berkisar Rp15.000 rupiah.

Penutupan

7 Kuliner Khas Solo yang Wajib Kamu Cobain di Tahun 2022Instagram.com

Nah itu dia beberapa kuliner Khas Solo yang wajib banget kamu coba ketika berwisata ke Solo. Karena selain harga harga kuliner yang sangat terjangkau, kuliner tersebut juga memiliki rasa khas yang akan selalu mengingatkanmu dengan Solo.

Baca Juga: 15 Rekomendasi Bengkel Mobil di Balikpapan, Lengkap dan Terjangkau

rusdan hafidz Photo Community Writer rusdan hafidz

Pelajar

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Ane Hukrisna
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya