Comscore Tracker

10 Makanan Khas Balikpapan dengan Rasa Nagih, Kalian Wajib Coba!

10 makanan khas Balikpapan, rasanya sangat nikmat!

Balikpapan terus tumbuh menjadi kota besar yang terus berkembang. Industri jasa layanan dan kulinernya pun maju pesat seiring status kota yang menjadi satelit ibu kota negara di Penajam Paser Utara dan Kutai Kartanegara. 

Tak mengherankan bila beraneka ragam jenis kuliner lokal gampang ditemui saat mengunjungi Balikpapan. Penganan yang pas dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Yuk, cicipi makanan khas Balikpapan ini. 

1. Roti Mantau

10 Makanan Khas Balikpapan dengan Rasa Nagih, Kalian Wajib Coba!ksmtour

Makanan khas Balikpapan memiliki cita rasa yang berbeda dengan roti pada umumnya, yaitu memiliki rasa yang pedas dan gurih. Roti mantau juga disajikan dengan digoreng dan bukan dipanggang. Saos yang digunakan pada roti ini adalah sejenis sambal balado dan lada hitam. 

Roti mantau berbahan dasar tepung terigu, fermipan, gula, garam, air, susu, dan mentega putih. Soal rasa gak perlu ditanya lagi deh, Juara.

2. Pisang Gapit

10 Makanan Khas Balikpapan dengan Rasa Nagih, Kalian Wajib Coba!suara

Makanan yang kedua adalah menu pisang gapit.  Pisang ini menggunakan sejenis pisang tanduk, kepok ataupun pisang sanggar yang diolah dengan dibakar kemudian dijepit dengan kayu hingga matang kedua sisinya.

Pisang gapit disajikan dengan menggunakan saus berbahan dasar gula merah, santan, daun pandan, tepung maizena di atasnya menggunakan berbagai varian toping keju, coklat, atau potongan buah nangka.

3. Bubur Gunting

10 Makanan Khas Balikpapan dengan Rasa Nagih, Kalian Wajib Coba!cookpad

Bubur gunting merupakan bubur yang berbahan dasar tepung ketan, garam, air, daun suji, dan air kapur sirih. Yang unik dari bubur ini sesuai dengan namanya karena setelah bahan-bahan disatukan dijadikan adonan maka adonan ini dibentuk dan gunting.

Cita rasa dari bubur ini manis dan cocok disajikan dalam keadaan  hangat.

4. Abon Kepiting

10 Makanan Khas Balikpapan dengan Rasa Nagih, Kalian Wajib Coba!dapur-teh-enur.blogspot

Biasanya abon terbuat dari daging ayam atau daging sapi, tetapi berbeda dengan abon khas Kalimantan ini yang berbahan dasar kepiting. Cita rasa yang dihasilkan dari abon ini gurih dan teksturnya halus.

Pengolahan abon kepiting ini lumayan sulit apalagi saat proses memisahkan daging kepiting dengan cangkangnya.

Setelah terpisah, daging diberikan bumbu seperti bawang merah, bawang putih dan santan kemudian digoreng. 

5. Onde-onde Ubi Ungu

10 Makanan Khas Balikpapan dengan Rasa Nagih, Kalian Wajib Coba!tokopedia

Onde-onde pada umumnya berwarna hijau dari kacang hijau, tetapi di Balikpapan onde-onde diolah menggunakan ubi ungu sehingga berwarna ungu. Bahan yang digunakan dalam membuat ubi ungu adalah ubi ungu yang sudah dikukus dan dihaluskan, tepung ketan, gula halus, garam, tepung beras, air, vanili bubuk dan wijen.

Cita rasa dari onde-onde ini adalah manis dan sedikit gurih.

Baca Juga: 10 Hotel Kece di Kabupaten Kutai Timur Pilihan Wisatawan

6. Bingka Kentang

10 Makanan Khas Balikpapan dengan Rasa Nagih, Kalian Wajib Coba!kaltim.tribunnews

Selain makanan berbahan kepiting, Balikpapan memiliki makanan berbahan dasar kentang yaitu bingka kentang. Kue ini berbentuk mahkota bunga, berbeda dengan kue pada umumnya yang dioven, kue ini justru di masak di atas api yang menggunakan arang sehingga wangi yang dihasilkan dari kue ini pun lebih wangi. 

7. Amplang

10 Makanan Khas Balikpapan dengan Rasa Nagih, Kalian Wajib Coba!zonamakan

Amplang merupakan kerupuk yang memiliki bentuk lonjong, bahan dasarnya menggunakan ikan yang dicampur dengan tepung sagu. Varian dari amplang ini cukup banyak seperti orisinal, ayam bawang, keju, BBQ, lada hitam dan masih banyak lagi.

Amplang memiliki cita rasa yang sangat khas dan ikannya sangat terasa sehingga buat kamu yang sudah mencicipinya pasti akan susah untuk berhenti ngunyah.

8. Peyek Kepiting

10 Makanan Khas Balikpapan dengan Rasa Nagih, Kalian Wajib Coba!rayadventure

Selain abon kepiting, ternyata masih banyak olahan yang menggunakan bahan dasar kepiting seperti peyek kepiting ini. Di daerah-daerah biasanya peyek menggunakan kacang, udang rebon ataupun ikan tetapi berbeda dengan peyek khas Balikpapan.

Bahan dasar membuat peyek ini yaitu tepung beras, tepung tapioka, daging kepiting cincang, air, santan dan bumbu lainnya. Cita rasa dari peyek ini sangat renyah dan gurih.

9. Nasi Bakar Seafood

10 Makanan Khas Balikpapan dengan Rasa Nagih, Kalian Wajib Coba!food.detik

Balikpapan memang terkenal akan lautnya yang melimpah sehingga banyak sekali makanan yang diolah hasil dari lautnya seperti nasi bakar seafood ini.

Nasi ini menggunakan ikan, udang, kepiting dan  juga beberapa rempah-rempah sehingga menghasilkan rasa yang lezat dan gurih.

10. Keripik Iron

10 Makanan Khas Balikpapan dengan Rasa Nagih, Kalian Wajib Coba!putratravel

Makanan khas terakhir adalah keripik iron. Keripik ini terbuat dari singkong. Teksturnya sangat renyah dan rasanya gurih sehingga kerupuk ini banyak yang menyukainya.

Singkong yang digunakan dalam keripik ini sangat unik karena jika diolah dengan digoreng atau direbus teksturnya akan keras tetapi saat dijadikan keripik akan renyah. 

Itu dia beberapa makanan khas Balikpapan yang wajib kamu coba, kelihatan lezat semua ya. Kamu tertarik untuk mencoba yang mana nih?

Penulis: Syarifah Vivi Alayda Djindan

Baca Juga: Panorama Pasir Putih, 10 Pantai Favorit Wisatawan di Kaltim

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya