Comscore Tracker

10 Oleh-oleh Khas Berau yang Tak Mungkin Ditemui di Tempat Lain

Sudah tahu pengen bawa pulang yang mana?

Pas kalian mengunjungi Kabupaten Berau Kalimantan Timur (Kaltim) jangan kaget menjumpai makanan yang tak lazim. Gak mungkin kalian jumpai di tempat lain. 

Soalnya khas banget sih, dan soal rasa, Juara! Cocok banget dijadikan oleh-oleh untuk keluarga di rumah. Liburan kalian belum lengkap jika koper tidak dipenuhi oleh-oleh khas Berau  ini.

Agar kamu tidak bingung memilih oleh-oleh khas Berau yang mana, artikel ini akan mengulas oleh-oleh khas Berau yang recommended untuk dibawa pulang. Simak ulasan di bawah ini ya!

1. Rangai

10 Oleh-oleh Khas Berau yang Tak Mungkin Ditemui di Tempat Lainpicuki.com

Jajanan ini salah satu yang populer di Berau, bahan dasarnya ketan dihaluskan dengan metode penggilingan lalu ditambah gula serta parut kelapa setelah itu dicetak dan dipanggang hingga matang dioven.

Rasanya manis menggoda lidah, bentuk rangai beragam ada yang lonjong dan kotak. Kamu bisa membeli kue ini di daerah Sabaliung dan Gunung Tabor. 

2. Batik rutun penyu

10 Oleh-oleh Khas Berau yang Tak Mungkin Ditemui di Tempat Lainbatikberau.com

Indonesia terkenal akan seni budaya. Salah satunya oleh-oleh khas Berau adalah kain batik. Beraneka ragam batik dari seluruh pulau Indonesia dari Sabang sampai Merauke memiliki keunikan khas masing-masing.

Salah satunya motif batik dari Berau yaitu rutun penyu, memiliki arti kesederhanaan dan kerendahan hati, cocok banget buat jadi koleksi batik di rumah. 

3. Buah elai

10 Oleh-oleh Khas Berau yang Tak Mungkin Ditemui di Tempat Lainkompasiana.com

Buat kamu pecinta durian, buah elai jangan sampai terlewat karena buah ini hanya tumbuh di Kalimantan saja. Tampilannya mirip dengan durian biasa namun ketika dibelah berwarna oranye, rasanya alami dan manis tiada duanya.

Karena ini buah musiman maka harganya beragam, jika sedang musim buah elai harga 1 buahnya Rp10 ribu hingga Rp15 ribu saja. Kalau tidak bermusim harga 1 buah elai mencapai Rp75. ribu. 

4. Tehe tehe

10 Oleh-oleh Khas Berau yang Tak Mungkin Ditemui di Tempat Lainphinemo.com

Makanan asli Suku Banjau ini memiliki wangi kelapa dan kelapa sangat menyengat. Agar menambah cita rasa umumnya tehe-tehe disantap bareng dengan olahan ketan, kelapa dan gula putih. 

5. Talinga sagayi

10 Oleh-oleh Khas Berau yang Tak Mungkin Ditemui di Tempat Lainwisato.id

Oleh-oleh khas Berau ini bernama talinga sagayi berarti “Kuping Dayak”. Kue ini berbahan dasar beras, minyak goreng dan gula merah. Proses pembuatannya melalui cara digoreng, manis dan gurih itulah cita rasa kue talinga sagayi, kue ini berbentuk seperti cincin atau angka delapan. 

Baca Juga: Oleh-oleh Khas Kutai Timur yang Sayang untuk Kamu Lewatkan

6. Udang singgang

10 Oleh-oleh Khas Berau yang Tak Mungkin Ditemui di Tempat Laincelebes.co

Makanan ini sudah digemari sejak zaman dahulu maka tak heran udang singgang banyak diburu wisatawan. Karena udang Berau merupakan udang yang berkualitas maka cara masaknya cukup sederhana yaitu udang direbus dan taburkan garam lalu siap disajikan dengan nasi hangat. 

7. Pia berau

10 Oleh-oleh Khas Berau yang Tak Mungkin Ditemui di Tempat Lainwisato.id

Terbuat dari bahan alami khas Berau dan pemanis buatan, pia ini tersedia berbagai macam rasa yaitu kacang coklat, keju dan kacang hijau. 1 box pia berau umumnya berisi 12 pia dengan harga mulai dari Rp35 ribu per  box. 

8. Kue sarang semut

10 Oleh-oleh Khas Berau yang Tak Mungkin Ditemui di Tempat Lainkompas.com

Dinamakan kue sarang semut karena bolongan yang ada di kue ini seperti sarang semut, kue ini terbuat dari caramel sehingga rasanya manis dengan tekstur kenyal dan lembut ketika dimakan.

Kue ini wajib kamu bawa pulang ketika liburan dari Berau.

9. Terasi batu putih

10 Oleh-oleh Khas Berau yang Tak Mungkin Ditemui di Tempat LainFacebook.com/terasilempengbatuputih

Terbuat dari udang asal daerah Batu Putih, terasi ini selalu jadi incaran oleh-oleh wisatawan. Karena selalu menjadi oleh-oleh wajib untuk wisatawan maka rasanya pun sudah pasti lezat dan tidak diragukan lagi.

Jika kamu liburan ke Berau terasi ini wajib kamu bawa pulang untuk stok di rumah. Harganya beragam mulai dari Rp25 ribu per botol. 

10. Tumpi udang

10 Oleh-oleh Khas Berau yang Tak Mungkin Ditemui di Tempat Laincelebes.co

Tidak hanya dijadikan terasi saja namun tumpi udang khas Berau ini biasanya disajikan sebagai makanan utama ketika acara pernikahan. Terbuat dari kepal udang yang ditumbuk parutan kelapa parut lalu dibumbui kunyit, bawang putih dan merah setelah itu dibuat bulat dan siap digoreng.

Rasanya lezat dan bikin nagih tidak cukup rasanya untuk makan 1 tumpi udang saja. 

Itulah 10 oleh-oleh khas Berau wajib kamu bawa pulang saat liburan ke Berau, sudah tahu mau mencicipi yang mana duluan? 

Penulis: Dimas Zachary Bramantya

Baca Juga: Tempat Makan Murah di Samarinda dengan Rasa Gedongan

Topic:

  • Bunga Semesta Int
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya