Comscore Tracker

Yummy, 6 Hidangan Khas Sangata yang Kaya akan Cita Rasa

Rasa yang tiada duanya!

Kutai Timur adalah kabupaten yang terletak di Provinsi Kalimantan Timur (Kaltim) dengan pusat pemerintahan di Sangata. Kabupaten yang menjadi pusat pertambangan batu bara serta kaya akan budaya serta keelokan wisata alam, dan agrowisata.

Komunitas warganya yang heterogen campuran Suku Banjar, Kutai, Dayak, Jawa, dan Bugis menjadikan kota ini pun mempunyai ciri khas sendiri makanannya. Hidangan makanan khas Kutai Timur memiliki cita rasa tiada dua. 

Nah, penasaran kan apa aja makanan khas dari Kutai Timur? Yuk, simak artikel ini!

1. Bubur Pedas

Yummy, 6 Hidangan Khas Sangata yang Kaya akan Cita Rasabubur pedas (beri.web.id)

Makanan satu ini mungkin sudah tidak asing di telinga kita semua. Ya, bubur merupakan makanan yang umumnya kita santap ketika pagi hari atau ketika sedang sakit. Namun lain halnya pada bubur pedas yang ada di Sangata ini.

Bubur pedas khas Sangata ini disajikan bersama dengan ikan teri dan juga kacang goreng, lalu dicampur dengan rempah-rempah lain seperti, jintan, ketumbar, lada hitam, lengkuas, dan cabe.

2. Gangan Manok

Yummy, 6 Hidangan Khas Sangata yang Kaya akan Cita Rasagangan manok (cookpad.com)

Makanan ini terkenal akan rasanya yang gurih, serta bola dagingnya yang memiliki tekstur lembut. Gangan Manok sendiri memiliki arti sayur (gangan) dan ayam (manok), kuah dari gangan manok merupakan campuran dari kaldu ayam dan campuran bahan-bahan lain.

Umumnya dalam makanan ini terdapat juga irisan bawang, oyong, dan juga tomat, agar menambah kesegaran ketika dimakan secara bersamaan.

Baca Juga: 10 Destinasi Tamasya di Berau yang Jadi Surga Wisata Bahari Dunia 

3. Gence Ruan

Yummy, 6 Hidangan Khas Sangata yang Kaya akan Cita Rasagence ruan (merahputih.com)

Makanan khas Kalimantan Timur yang satu ini berbahan utama dari ikan gabus. Cita rasa dari masakan satu ini tidak perlu diragukan lagi, loh. Selain rasanya yang nikmat, tekstur dari makanan ini juga sangat lembut serta memancarkan aroma yang menggugah selera makan.

Pada dasarnya gence ruan ini adalah ikan bakar yang di atasnya ditaruh sambal dengan ulekan kasar dan ditambah siraman air asam jawa supaya memberikan rasa pedas manis.

4. Ayam goreng sangkulirang

Yummy, 6 Hidangan Khas Sangata yang Kaya akan Cita Rasaayam goreng sangkulirang (kaltim.tribunnews.com)

Makanan khas dari Kutai Timur ini pada dasarnya adalah ayam kampung yang diolah dengan resep yang sudah diwariskan secara turun-temurun.

Disajikan dengan sepiring nasi hangat dan tambahan sambal kecap atau sambal terasi serta sayur berkuah. Ayam goreng ini juga dimasak menggunakan kecap dan juga santan, sehingga memberikan cita rasa yang berbeda dan unik dari ayam goreng pada umumnya.

5. Sayur asam kutai

Yummy, 6 Hidangan Khas Sangata yang Kaya akan Cita Rasasayur asam kutai (sajiansedap.grid.id)

Sayur asam satu ini berbeda dengan sayur asam pada umumnya. Sayur asam pada umumnya menggunakan sayuran sebagai bahan utama makanannya, berbeda dengan sayur asam kutai. Makanan satu ini menggunakan kepala ikan gabus sebagai bahan baku dari masakan ini.  Tak hanya itu saja, makanan satu ini dilengkapi juga bahan lain seperti, pisang mentah, ubi, dan juga kangkung. Untuk kuah asamnya merupakan campuran dari jeruk nipis dan juga terung asam kalimantan atau umumnya disebut terung dayak.

6. Sate payau

Yummy, 6 Hidangan Khas Sangata yang Kaya akan Cita Rasasate payau (merahputih.com)

Makanan khas Kutai Timur yang terakhir yaitu sate payau. Ada satu hal yang unik dari sate ini, jika pada sate biasa umumnya menggunakan daging ayam atau kambing, namun berbeda dengan sate payau, sebab menggunakan daging rusa sebagai bahan utamanya.

Rusa memang masih cukup banyak bisa ditemui di Kutai Timur yang mempunyai wilayah hutan cukup luas. 

Tekstur dari sate payau sangat lembut sehingga sangat mudah untuk disantap. Sate ini memiliki rasa yang manis dan gurih berkat olesan bumbu kecap dan kacang, dan biasanya disajikan ketika ada acara adat.

Bikin ngiler abis kan menu khas dari Sangata Kutai Timur sesuai cita rasa Kalimantan.  Bagi kamu pecinta kuliner tanah air, wajib banget untuk mencoba menu makanan ini yang tak mungkin ditemui di tempat lain. 

Baca Juga: Surga Kuliner, 10 Tempat Makan di Balikpapan Hidangan Khas Nusantara

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya