Comscore Tracker

Bikin Kangen Rumah, Resep Balado Tahu yang Enak dan Praktis Banget

Para perantau merapat dulu, yuk!

Balikpapan, IDN Times - Siapa, sih, yang tak kenal dengan bahan masakan yang berasal dari Tiongkok ini. Namanya adalah tahu. Salah satu makanan berbahan dasar kedelai terfermentasi dan bisa diolah menjadi aneka masakan enak, seperti menu balado tahu.

Makanan ini mungkin sering disuguhkan oleh orangtua kita di rumah. Tapi sebagai seorang perantau, mencicipi makanan ini pasti terkendala karena kesibukan. Di sela-sela jeda pekerjaan atau belajar, cobalah praktikan resep balado tahu di bawah ini. Praktis, kok!

1. Siapkan bahan yang diperlukan

Bikin Kangen Rumah, Resep Balado Tahu yang Enak dan Praktis Bangetilustrasi tahu putih (pexels.com/cottonbro)

Bahan-bahan:

  • 12 buah tahu putih
  • 6 buah cabai merah besar
  • 3 buah cabai rawit atau sesuai selera
  • 6 siung bawang merah
  • 3 siung bawang putih
  • 2 ruas jari lengkuas
  • 6 lembar daun jeruk
  • 2 lembar daun salam
  • 2 sendok teh kaldu jamur
  • 1/2 sendok teh garam
  • Sejumput lada bubuk
  • 1 sendok teh gula pasir

Baca Juga: 12 Rekomendasi Bengkel Motor di Kota Balikpapan

2. Gorenglah tahu hingga matang

Bikin Kangen Rumah, Resep Balado Tahu yang Enak dan Praktis Bangetilustrasi tahu goreng (instagram.com/tahupetiskeprabon_solo)

Bersihkan tahu dengan air mengalir. Lalu, iris tahu tersebut menjadi potongan dadu sesuai selera. Sementara itu, panaskan minyak goreng dalam wajan. Setelah minyak panas, masukan tahu dan gorenglah hingga matang. Hal ini bisa ditandai dengan warna tahu yang berubah menjadi kuning kecokelatan dan berkulit.

Jika tekstur dan warnanya berubah, segera angkat dan tiriskan. Pindahkan ke dalam wadah yang sudah tersedia. 

3. Tumis bumbu baladonya, ya!

Bikin Kangen Rumah, Resep Balado Tahu yang Enak dan Praktis Bangetilustrasi menumis bumbu (youtube.com/Dapur Barokah)

Haluskan cabai merah besar, cabai rawit, bawang merah, dan bawang putih. Untuk lengkuas, iris menjadi 2 bagian dan digeprek hingga gepeng. Lalu, masukan sedikit minyak goreng bersama lengkuas, daun salam, dan daun jeruk.

Tumis sebentar hingga minyak panas dan tercium wangi. Baru setelah itu, masukan bumbu balado yang sebelumnya sudah dihaluskan.

Masaklah hingga tanak.

4. Masukan tahu berikut sisa bahan lainnya

Bikin Kangen Rumah, Resep Balado Tahu yang Enak dan Praktis Bangetilustrasi masak balado tahu (pexels.com/Alexandra Victoria)

Jika sudah tanak dan tercium wangi yang khas, masukan garam, kaldu jamur, lada bubuk, dan gula pasir. Aduk-aduk hingga tercampur rata.

Lalu, masukan juga tahu putih. Aduk-aduk kembali hingga bumbunya meresap dan tercampur rata. Jangan lupa koreksi rasanya, ya bun!

5. Sekarang, balado tahu sudah siap disajikan

Bikin Kangen Rumah, Resep Balado Tahu yang Enak dan Praktis Bangetbalado tahu (instagram.com/roemah_matahari)

Jika rasanya sudah pas dan bumbu meresap, matikan kompor. Pindahkan makanan ini ke dalam piring saji yang sudah tersedia.

Akhirnya, balado tahu buatanmu siap disajikan. Dijamin, kamu akan lebih irit keuangan dan rindu pun terobati dengan lunas. Perut kenyang, dompet pun aman.

Setelah membaca penjelasan di atas, sudah sangat jelas resep balado tahu itu memang enak sekaligus praktis. Dari pada berkhayal kangen masakan ibu, lebih baik langsung eksekusi resep ini. Happy cooking, guys!

Baca Juga: 7 Rekomendasi Travel Agent dari Balikpapan ke Samarinda

Lena Latipah Photo Community Writer Lena Latipah

Abi mah jalmi biasa//Follow me on instagram : lena_latipah17

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Febrianti Diah Kusumaningrum
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya