Comscore Tracker

Ini Cara Cepat Mendapatkan Perut Six Pack Idaman dalam Sebulan

Perhatikan pola makan, perbanyak protein

Samarinda, IDN Times - Perut six pack dan badan berotot dengan tampilan ideal selalu menjadi impian para lelaki untuk bisa menarik pujaan hatinya.

Istilah "roti sobek" pun menjadi ungkapan saat melihat otot perut berjejer membentuk 6 persegi. Untuk mendapatkan six pack ternyata tidak sulit, kuncinya hanya menjaga pola makan. Berikut tips untuk mendapatkan perut six pack dengan mudah.

1. Menghindari makanan berlemak dalam sebulan

Ini Cara Cepat Mendapatkan Perut Six Pack Idaman dalam SebulanUnsplash/Robin Stickel

Beberapa orang mengira mengangkat barbel dan olahraga rutin dapat berhasil membentuk otot di tubuh. Padahal, olahraga rutin dan angkat beban tidak akan membuat beberapa bagian tubuh jadi lebih berotot kalau masih suka makan makanan berminyak dan mengandung lemak jahat yang cukup tinggi.

Kalau kamu berniat untuk membentuk otot, kamu harus konsisten mengonsumsi makanan tinggi protein tetapi rendah lemak, yakni pangan yang diolah dengan cara direbus atau dipanggang.

"Tidak hanya cara mengolahnya yang diperhatikan, tetapi jumlah dan waktu makan juga," ungkap Dewanda Putra Utama trainer di pusat gym Swissbell Hotel Samarinda.

Sebelum kamu makan, hitung jumlah kalori yang akan dikonsumsi tubuh lebih dulu.

Kemudian, waktu makan sebaiknya tidak lagi dilakukan beberapa jam sebelum tidur alias malam hari agar tubuh juga tidak kesulitan mencerna dan makanan bisa digunakan untuk menjadi tenaga dan terus membakar lemak sekalipun tidak sedang berolahraga lagi.

Kalau semua itu teratur dilaksanakan, kata Dewanda, dalam kurun waktu 1-2 bulan sudah terlihat progres pembentukan otot di tubuh.

Baca Juga: 10 Potret Six Pack Cinta Laura, Bugar Bak Atlet Profesional

2. Jangan menghindari asupan karbohidrat

Ini Cara Cepat Mendapatkan Perut Six Pack Idaman dalam SebulanDietsehat.com

Karbohidrat kadang dianggap musuh saat sedang diet dan fokus membentuk tubuh. Karena mengandung kadar gula, karbohidrat akhirnya dilewatkan dan cukup mengonsumsi protein hewani dan nabati serta vitamin.

"Anggapan tersebut salah. Justru kalau menghindari karbo, saat berlatih fisik pasti tubuh akan lemas karena tidak ada gula yang dibakar menjadi tenaga. Karbohidrat tetap diperlukan tubuh. Namun tinggal memperhatikan porsinya," terang Dewa.

Kentang, nasi, jagung, dan sumber karbohidrat lainnya amat penting bagi tubuh untuk menjadi stamina. Tetapi akan menghambat proses pembentukan otot kalau dikonsumsi berlebihan dan diolah dengan cara digoreng karena lemak dan gula akan menumpuk di tubuh.

Selain itu, pastikan karbohidrat yang menjadi asupan tidak melampaui batas jumlah kalori yang harus kamu makan.

3. Ayo rutin olah fisik

Ini Cara Cepat Mendapatkan Perut Six Pack Idaman dalam Sebulanunsplash.com/@iamarthuredelman

Six pack tidak akan didapat kalau cuma duduk dan tidur. Kamu harus rutin dan konsisten menyempatkan waktu untuk berolahraga.

Jenis olahraga apa saja akan terus melibatkan otot perut karena letaknya yang berada di tengah tubuh dan ketika fokus membentuk otot perut, otot di bagian tubuh lainnya akan ikut terbentuk dengan sendirinya.

"Namun, jenis olah fisik yang dilakukan memengaruhi ketebalan six pack kamu," lanjut Dewa.

Kalau rutin berlatih fisik ringan dengan cardio saja, six pack memang akan terbentuk, namun tidak tebal dan tidak seimbang dengan bentuk tangan dan punggung.

Dewa pun menyarankan agar olahraga yang lebih berat seperti sprint dan gym agar otot perut tebal. Dengan demikian bentuk badan ideal diperoleh.

Baca Juga: 6 Gerakan yang Penting untuk Mendapatkan Otot Perut Six Pack

Topic:

  • Yuda Almerio Pratama Lebang
  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya