Comscore Tracker

Masalah Bau Mulut, Ini Metode Mudah untuk Mengatasinya

Langsung hilang deh baunya!

Persoalan bau mulut menjadi permasalahan hampir semua orang, efeknya tentunya membawa pada permasalahan kepercayaan diri yang turun. Hingga interaksi pergaulan di lingkungan sosial. 

Napas atau mulut yang bau adalah masalah kesehatan bahkan penampilan yang penting untuk diperhatikan. 

Bagi kamu yang pernah mendapatkan pengalaman buruk akibat punya bau napas yang tidak mengenakkan, tentunya teknik-teknik sederhana ini sangat bisa membantumu seperti diulas dari Healthline dan Croasdaile Dental Arts.

https://www.healthline.com/health/home-remedies-for-bad-breath#home-remedies

https://www.croasdailedentalarts.com/blog/at-home-bad-breath-remedies/

Tapi teknik ini berlaku di hari-hari normal lho. Bukan saat kalian sedang menjalankan ibadah puasa sudah diamanatkan agama masing-masing. Yuk, scrolling gang

1. Sebenarnya, apa penyebab bau mulut?

Masalah Bau Mulut, Ini Metode Mudah untuk Mengatasinyaistockphoto.com/SIphotography

Kebersihan mulut adalah hal wajib diperhatikan. Bukan hanya kebersihan kulit atau badan, namun mulut adalah sarana masuknya benda luar ke dalam tubuh. Jadi mengabaikan kesehatan mulut sama dengan mengabaikan kesehatan bagian dalam tubuh juga. 

Bau mulut, juga disebut halitosis bisa disebabkan oleh beberapa hal. Mulai dari faktor makanan, kesehatan mulut dan kebersihan mulut yang kurang, mulut yang kering, obat-obatan, mengkonsumsi rokok hingga masalah seperti infeksi di mulut.

Baca Juga: 9 Potret Memikat Air Terjun Tanah Merah, Wisata Alam Unik di Samarinda

2. Kamu juga bisa memanfaatkan bumbu dapur

Masalah Bau Mulut, Ini Metode Mudah untuk Mengatasinyailustrasi teh di campur dengan timun dan kulit manis (Pexels.com/NgôTrọngAn)

Bumbu dapur seperti ;

  1. Cengkeh: Bumbu ini kaya akan eugenol, antibakteri yang kuat. Cukup masukkan satu ke dalam mulut dan gigit dengan gigimu. Aromanya mungkin cukup menganggu tapi, pertahankan saja. Lanjutkan menggigit hingga sarinya meresap ke dalam mulut, lalu ludahkan. Jangan gunakan minyak cengkeh atau bubuk cengkeh; mereka terlalu kuat dan dapat menyebabkan luka bakar.
  2. Biji adas, adas, kapulaga, atau adas manis: Mengunyahnya—bisa membunuh bakteri yang tumbuh di lidah dan membantu menutupi bau halitosis.
  3. Kayu manis: Mengisap sebatang kayu manis. Seperti cengkeh, kayu manis efektif sebagai antiseptik.

3. Tindakan darurat untuk mengatasi bau mulut

Masalah Bau Mulut, Ini Metode Mudah untuk Mengatasinyasuara.com

Sebenarnya bisa saja dengan mengonsumsi permen karet atau menggunakan masker untuk menutupi baunya napas kita sebagai cara mudah untuk menutupi bau mulut yang ada. Namun, apakah selalu mau begitu?

Ada beberapa metode yang bisa kamu coba untuk cepat dalam mengatasi bau mulut dengan cara yang alami, seperti :

1. Jeruk: Jika kebetulan di ruangan kamu ada jeruk, kupas dan makanlah. Asam sitrat yang dikandungnya akan merangsang kelenjar ludah dan mendorong aliran air liur yang menyegarkan napas. Jika tidak ada jeruk yang terlihat, makanlah apa saja yang tersedia. Tapi jangan bawang atau sejenisnya ya.
2. Gosok lidah: Lidah manusia bisa dilapisi dengan bakteri yang memfermentasi protein, menghasilkan gas yang berbau tidak sedap. Dengan menggaruk lidah, dapat mengusir bakteri ini sehingga kamu dapat membilasnya. Jika Anda memiliki sendok logam atau plastik, gunakan sebagai pengikis lidah . Untuk mengikis dengan aman, letakkan sendok di belakang lidah Anda dan seret ke depan. Ulangi empat atau lima kali. Gosok juga sisi lidah, dengan gerakan maju-mundur yang sama. Namun, jangan mendorong sendok belakang.
3. Bisa juga dengan mengonsumsi air minum atau minuman yang bisa membuat napas segar kembali.

4. Sumber penyegar napas

Masalah Bau Mulut, Ini Metode Mudah untuk Mengatasinyailustrasi menggunakan obat kumur (Pexels.com/TowfiquBarbhuiya)

Sumber penyegar napas seperti obat kumur yang mengandung bahan alami yang kiranya bisa membantu dalam menghilangkan bau napas. Sumber lainnya seperti pasta gigi dengan komposisi yang alami.

Untuk sekarang, sudah banyak produk yang ditawarkan dengan bahan alami yang bisa dengan mudah didapatkan di toko atau retail grosir.

5. Kebiasaan rumahan untuk mencegah bau mulut

Masalah Bau Mulut, Ini Metode Mudah untuk Mengatasinyailustrasi gosok gigi (unsplash.com/Diana Polekhina

Dalam menjaga kesehatan mulut, ada beberapa hal yang bisa kamu lakukan untuk meminimalisirnya lewat cara kamu menyikat gigimu. Seperti cara ini ; 

  1. Membawa sikat gigi: Sikatlah gigimu segera setelah setiap makan. Dengan menyikat gigi secara cepat, kamu sudah mencegah perkembangan plak, lapisan lembut dan lengket yang melapisi gigi dan gusi.
  2. Simpan sikat gigimu dengan benar: Untuk menjaga sikat gigi bebas dari bakteri pemicu bau, simpanlah sikat gigi dengan kepala menghadap ke bawah, di dalam gelas plastik hidrogen peroksida. Bilas sikat dengan baik sebelum menggunakannya.
  3. Rendam gigi palsu dalam antiseptik: Jika kamu memakai gigi palsu, kemungkinan gigi palsu tersebut menyerap bau tak sedap di mulut. Selalu rendam semalaman dalam larutan antiseptik, kecuali jika dokter gigi menyarankan sebaliknya.
  4. Jangan melewatkan makan: Ketika kamu tidak makan dalam waktu lama, mulutmu bisa menjadi sangat kering. Ini menjadi tempat berkembang biak yang sempurna bagi bakteri.
  5. Hindari hal-hal yang membuat napasmu asam: Ini termasuk rokok, alkohol, bawang bombay, bawang putih, dan keju.

Ternyata gak terlalu susah kan agar napasmu tetap fresh dan tidak bau. Cukup mengikuti panduan dan tips-tips di atas deh. 

Baca Juga: 10 Toko Furniture di Samarinda yang Lengkap dan Harga Terjangkau 

Basri W Pakpahan Photo Community Writer Basri W Pakpahan

Menulis untuk Memperbaiki Diri

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Izza Namira
  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya