Comscore Tracker

Apakah Buah Pisang Baik Dikonsumsi saat Sarapan? Cek 5 Faktanya Yuk! 

Cari tahu efek samping dari konsumsi pisang saat sarapan

Balikpapan, IDN Times - Pisang merupakan salah satu jenis buah yang mudah ditemukan di hampir seluruh negara, termasuk Indonesia. Pisang dapat diolah menjadi berbagai jenis makanan, karena rasanya yang unik, enak, dan ketersediaannya di pasar yang melimpah. Beberapa jenis makanan yang dapat diolah dari pisang di antaranya adalah bolu, kue, roti, serta bisa juga ditambahkan pada smoothie, dan dessert lainnya. 

Pada sebagian orang, buah pisang menjadi makanan favorit yang dikonsumsi untuk sarapan di pagi hari sebelum memulai aktivitas. Namun, apakah pisang memang bagus untuk dikonsumsi saat sarapan atau justru dapat menimbulkan efek samping bagi tubuh kita, ya? 

Nah, berikut ini telah dirangkum lima fakta menarik dari buah pisang yang dilansir dari laman Healthline dan WellandGood. Disimak, yuk!

1. Buah pisang dapat membantu meningkatkan energi tubuh saat pagi hari

Apakah Buah Pisang Baik Dikonsumsi saat Sarapan? Cek 5 Faktanya Yuk! ilustrasi anak-anak yang sedang sarapan dengan buah pisang (pexels.com/Yan Krukov)

Pisang memiliki banyak kandungan nutrisi seperti serat, mineral kalium, vitamin B6, serta vitamin C. Selain itu, buah ini juga dikenal dengan kandungan karbohidratnya yang tinggi, sehingga pisang mengandung banyak gula.

Berdasarkan Food Data Central dari US Department of Agriculture, kandungan karbohidrat pada buah pisang sebesar 22,8 gram dan kandungan gula total sebesar 12,2 gram. Hal tersebut menjadikan konsumsi buah pisang saat sarapan dapat membantu meningkatkan energi sebelum melakukan aktivitas di pagi hari.

2. Mengonsumsi buah pisang tanpa diselingi dengan nutrisi lain dapat meningkatkan risiko naiknya gula darah

Apakah Buah Pisang Baik Dikonsumsi saat Sarapan? Cek 5 Faktanya Yuk! ilustrasi seorang anak yang sedang makan buah pisang (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Tingginya kandungan karbohidrat dan gula pada buah pisang menjadikan adanya efek samping pada tubuh kita, jika kita berlebihan dalam mengonsumsi buah ini. Salah satu dampak buruk tersebut adalah dapat menimbulkan risiko naiknya gula darah yang akan memicu timbulnya penyakit diabetes. 

Selain itu, mengonsumsi sarapan dengan kandungan karbohidrat yang tinggi dapat memicu rasa lapar yang lebih cepat, sehingga dapat berpengaruh pada peningkatan berat badan dalam jangka panjang. Dengan demikian, untuk mengantisipasi hal tersebut, dianjurkan untuk tidak mengonsumsi buah pisang saja saat sarapan.

Namun diiringi dengan makanan bernutrisi lainnya agar tercukupi kebutuhan nutrisi yang seimbang bagi tubuh. 

Baca Juga: 20 Tempat Nongkrong Hits yang Ramah Kantong di Balikpapan 

3. Hindari mengonsumsi buah pisang pada pagi hari saat perut masih kosong

Apakah Buah Pisang Baik Dikonsumsi saat Sarapan? Cek 5 Faktanya Yuk! ilustrasi anak-anak yang sedang sarapan dengan buah pisang (pexels.com/Anastasia Shuraeva)

Pada umumnya, pisang yang disukai oleh orang-orang untuk dikonsumsi saat pagi hari adalah jenis pisang yang sudah matang dan memiliki rasa yang manis. Saat pisang sudah dalam kondisi matang, maka kandungan serat yang di dalamnya akan berkurang dan digantikan oleh meningkatnya kandungan gula di dalam pisang tersebut.

Hal ini menjadikan pisang kurang baik dikonsumsi saat perut kita kosong dalam pagi hari, karena pada waktu tersebut tubuh kita secara alami akan meningkatkan insulin di dalam tubuh untuk menyeimbangkan kondisi gula darah.

Dengan demikian, sarapan pagi dengan mengonsumsi buah pisang saja pada saat perut masih dalam keadaan kosong kurang dianjurkan untuk menghindari potensi terjadinya peningkatan tekanan gula darah di dalam tubuh. 

4. Pisang memiliki manfaat yang baik bagi tubuh saat dijadikan sajian pelengkap sebelum sarapan

Apakah Buah Pisang Baik Dikonsumsi saat Sarapan? Cek 5 Faktanya Yuk! ilustrasi seorang ibu dan anak yang membeli buah pisang (pexels.com/Gustavo Fring)

Seperti yang telah kita ketahui, bahwa mengonsumsi pisang saja dalam jumlah yang berlebihan tidak dianjurkan karena dapat menimbulkan efek negatif bagi tubuh. Namun, apabila kita mengonsumsi pisang sebagai makanan pelengkap sebelum sarapan justru dapat memberikan efek yang baik bagi tubuh, lho! 

Hal tersebut dikarenakan kandungan kalium pada buah pisang dapat membantu dalam keseimbangan cairan di dalam tubuh, berperan dalam proses kontraksi otot, serta membantu dalam mengurangi tekanan darah di dalam tubuh.

Selain itu, terdapat juga vitamin C yang berperan dalam membantu meningkatkan kekebalan terhadap penyakit serta membantu mencegah terjadinya inflamasi di dalam tubuh.

5. Buah pisang yang digabungkan dengan makanan berprotein tinggi merupakan pilihan yang tepat untuk sajian sarapan pagi

Apakah Buah Pisang Baik Dikonsumsi saat Sarapan? Cek 5 Faktanya Yuk! ilustrasi olahan sajian sarapan pagi dengan buah pisang (pexels.com/Mike Jones)

Makanan yang diolah dengan pisang dan gabungan makanan berprotein tinggi, seperti greek yogurt, chia seeds, berries, dan lain sebagainya merupakan pilihan yang tepat untuk hidangan sarapan di pagi hari. Hal tersebut dikarenakan makanan dengan kandungan protein yang tinggi dapat membantu mengurangi lemak berlebih di dalam tubuh, sehingga berdampak juga pada penurunan berat badan. 

Selain itu, buah pisang juga dapat diolah dengan makanan yang mengandung lemak sehat, seperti buah avokad ataupun kacang-kacangan (almond, cashew, peanuts, pecans) yang dapat memberikan manfaat berupa meningkatkan rasa kenyang dan membantu mengurangi rasa lapar.

Nah, mulai sekarang mari kita atur pola konsumsi buah pisang pada pagi hari untuk menjaga kesehatan tubuh kita dalam jangka pendek maupun jangka panjang.

Baca Juga: Hidden Gems Balikpapan, Prim's Italian Surganya Makanan Italia

Fitri Balqis Photo Community Writer Fitri Balqis

Full time learner

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya