Comscore Tracker

Terkenal Akan Budayanya, ini Fakta Menarik tentang Pulau Kalimantan

Ternyata batu terbesar di dunia ada di Kalimantan!

Balikpapan, IDN Times - Pulau Kalimantan terkenal dengan tradisi adat dan budayanya yang eksotis. Salah satu suku yang terkenal di pulau ini adalah Suku Dayak. 

Menurut seorang antropologi J.U. Lontaan, 1975 dalam Bukunya Hukum Adat dan Adat Istiadat Kalimantan Barat, etnis dayak terdiri dari 6 suku besar dan 405 sub suku kecil, yang menyebar di seluruh wilayah yang terkenal dengan sebutan pulau Borneo ini.

Simak beberapa fakta tentang pulau Kalimantan dan suku Dayak.

1. Wah, rupanya batu terbesar di dunia ada di Kalimantan Barat, lho!

Terkenal Akan Budayanya, ini Fakta Menarik tentang Pulau KalimantanBatu monolit terbesar di dunia berada di Sintang, Kalimantan Barat (dok. DJKN Kemenkeu)

2. Irama musik Kalimantan memiliki alunan yang khas, salah satunya dari alat musik Sape ini

3. Pulau Kalimantan punya hutan yang luas

Terkenal Akan Budayanya, ini Fakta Menarik tentang Pulau KalimantanPresiden RI Bapak Joko Widodo bersama Ibu Negara Iriana Joko Widodo didampingi Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan Siti Nurbaya menanam berbagai tanaman endemik Indonesia bersama Ketua MPR, para Menteri dan 34 Gubernur se-Indonesia serta 15 Tokoh Masyarakat Kalimantan Timur, di Titik Nol Ibu Kota Nusantara Kalimantan Timur, Senin (14/3). (Dok. KLHK)

Baca Juga: 7 Kuliner Malam di Balikpapan, Camilan hingga Makanan Utama

4. Pasti pada setuju, nih kalau cewek Dayak cantik-cantik

5. Nah, kalau ini salah satu resepsi menyambut tahun baru di Kampung Bena Baru, Kalimantan Timur

6. Yang ini pasti orang Kalimantan sangat tahu, ya. Burung cantik ini jadi salah simbol kebesaran dan kemuliaan suku Dayak

Terkenal Akan Budayanya, ini Fakta Menarik tentang Pulau KalimantanIlustrasi paruh Enggang (correcto.id)

Itulah beberapa hal yang menarik dari Pulau Kalimantan. Seperti diketahui bahwa Provinsi Kalimantan Timur akan dijadikan sebagai lokasi Ibu Kota Negara (IKN) Nusantara. Kalian bisa berkunjung untuk melihat calon IKN di masa mendatang.

Selain itu, kalian juga bisa menikmati aneka kuliner khas Kalimantan. Termasuk menikmkati suasana di berbagai destinasi wisata yang ada di Pulau Kalimantan. Dijamin bikin betah!

Baca Juga: 7 Guest House di Samarinda

Topic:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya