TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

7 Tips Wawancara Via Telepon, Rahasia Sukses untuk Para Job Seeker

Jangan sampai gagal karena gangguan jaringan lho!

Pexels/Yan Krukov

Balikpapan, IDN Times - Mendapatkan panggilan kerja dari perusahaan impian tentu merupakan kabar yang menggembirakan. Saat ini, banyak perusahaan yang memilih untuk melakukan wawancara melalui telepon daripada secara langsung.

Persiapan untuk wawancara melalui telepon tentunya berbeda dengan persiapan untuk wawancara tatap muka. Untuk memastikan wawancara melalui telepon berjalan lancar, ada beberapa tips yang perlu kamu ketahui. Yuk, simak tips-tips berikut:

1. Cari informasi secara detail dan lakukan riset

Pexels/cotton bro

Sebelum melakukan wawancara melalui telepon, pastikan untuk mencari informasi sejelas-jelasnya terlebih dahulu. Mulai dari jadwal wawancara (termasuk zona waktunya), identitas pewawancara beserta posisi masing-masing, nomor cadangan yang bisa dihubungi jika panggilan terputus, dan hal-hal lain yang relevan.

Selain itu, lakukan riset tentang siapa yang akan mewawancarai kamu dengan mencari profil mereka. Hal ini akan membantu kamu untuk memberikan jawaban yang lebih tepat, memahami secara spesifik posisi yang kamu lamar, memahami peran tim, sejarah perusahaan, misi perusahaan, dan budaya kerja perusahaan secara keseluruhan.

Jika kamu lebih teliti, mungkin kamu juga bisa mengetahui selera humor, perjalanan karier, atau minat pribadi pewawancara. Dengan demikian, kamu bisa menciptakan hubungan yang lebih baik dengan pewawancara selama wawancara.

Dengan persiapan yang matang ini, kamu dapat menambah nilai tambah dirimu dibandingkan dengan kandidat lainnya!

2. Latihan wawancara dan buat lembar catatan

Pexels/RODNAE Productions

Persiapkan dirimu dengan menuliskan prediksi pertanyaan yang mungkin akan diajukan selama wawancara. Tulislah jawaban terbaikmu, karena pilihan kata-kata dapat sangat memengaruhi kesuksesan wawancara. Selanjutnya, latihlah dirimu untuk menjawab pertanyaan tersebut melalui telepon.

Untuk hasil yang lebih maksimal, kamu bisa berlatih dengan menelepon temanmu. Minta mereka mendengarkan jawabanmu dan memberikan saran serta masukan untuk perbaikan.

Salah satu keuntungan dari wawancara melalui telepon adalah kamu dapat menyiapkan catatan kecil untuk hal-hal penting. Namun, pastikan untuk tidak membaca catatanmu seperti sedang membacakan teks saat wawancara, karena hal ini bisa terdeteksi oleh pewawancara.

3. Siapkan alat "perang" dan cari tempat yang ideal

Pexels/Pixabay

Persiapkan dengan baik handphone atau telepon yang akan kamu gunakan, pastikan baterainya terisi penuh. Siapkan juga headphone, buku catatan, dan alat tulis, serta air minum untuk mengatasi suara serak. Disarankan untuk menggunakan earphone agar kelancaran komunikasi terjaga selama wawancara melalui telepon.

Pastikan kamu melakukan wawancara di tempat yang tenang dan nyaman. Jika di rumah, pilihlah kamar yang jauh dari kebisingan. Namun, jika kamu memilih untuk wawancara di luar rumah, seperti di kafe atau ruang kerja bersama, pastikan tempat tersebut tidak ramai.

Tak ada salahnya juga untuk melakukan pemesanan tempat beberapa hari sebelumnya agar kamu memiliki tempat yang terjamin.

Baca Juga: 10 Potret Keindahan Kota Balikpapan, Cantik dan Menawan 

4. Berbicara dengan semangat namun jangan terlalu cepat

Pexels/RODNAE Productions

Tips saat wawancara dimulai, kamu harus tepat waktu dan angkat telepon pada dering kedua atau ketiga. Salah satu kesalahan terbesar yang dilakukan orang dalam wawancara telepon adalah tidak terdengar cukup energik dan bersemangat.

Karena pewawancara tidak dapat melihat secara langsung, kamu harus bekerja ekstra keras untuk menunjukkan betapa antusiasnya kamu dengan wawancara ini.

Hindari berbicara terlalu cepat saat sedang bersemangat, karena yang diandalkan saat wawancara melalui telepon adalah suara. Jadi pastikan semua yang kamu katakan jelas dan ringkas.

5. Jadilah pendengar yang baik

Pexels/Cottonbro

Jangan menjadi orang yang membuat pewawancara mengulangi pertanyaannya lagi dan lagi. Hal ini terdengar menjengkelkan dan mengganggu proses wawancara. Gunakan earphone jika diperlukan, serta fokus penuh pada wawancara yang berlangsung.

Jangan melakukan kegiatan alias, jangan mengerjakan sesuatu yang lain, atau bahkan membaca catatan saat pewawancara sedang berbicara. 

6. Kirim catatan terima kasih setelah wawancara

Pexels/Cottonbro

Lakukan hal ini segera setelah wawancara melalui telepon berakhir. Mengirim pesan terima kasih tepat di hari wawancara adalah waktu yang sangat ideal. Beberapa tips saat menuliskan ucapan terima kasih:

Ucapkan terima kasih kepada pewawancara atas kesempatan wawancara
Ceritakan topik percakapan yang menarik dan berkesan bagi kamu
Tekankan semangat kamu untuk posisi dan perusahaan yang kamu tuju
Sampaikan dengan singkat, hangat, dan profesional
Contoh pesan yang bisa kamu kirimkan:

Selamat Siang Pak/Ibu,

Terima kasih banyak atas kesempatan wawancara via telepon hari ini. Saya sangat mengapresiasi waktu yang diberikan untuk berdiskusi tentang kesempatan yang menarik ini. Saya benar-benar antusias dengan prospek bergabung dengan tim dan berkontribusi pada visi perusahaan untuk mencapai tujuan bersama.

Saya berharap dapat memberikan kontribusi yang berarti bagi perusahaan ini dan saya sangat bersemangat untuk mengeksplorasi langkah selanjutnya dalam proses rekrutmen ini.

Terima kasih lagi dan saya menantikan kabar dari Anda segera.

Hormat saya, [Nama Anda]

Verified Writer

Puteridly

Thinking through my fingers

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya