Transformasi Dunia Kerja dengan Adanya Robot dan IA

Pekerjaan manusia bisa diganti robot atau AI

Balikpapan, IDN Times - Setiap orang bekerja untuk memenuhi kebutuhannya, namun saat ini, banyak pekerjaan yang mulai tergantikan oleh kemajuan teknologi. Robot, mesin, dan kecerdasan buatan (AI) menjadi teknologi yang mampu menggantikan beberapa pekerjaan manusia secara langsung.

Kemajuan teknologi telah mengubah berbagai aspek kehidupan, termasuk dunia kerja. Beberapa profesi terancam punah karena mesin atau AI mampu menggantikan peran manusia dalam pekerjaan tersebut.

1. Penjaga perpustakaan

Transformasi Dunia Kerja dengan Adanya Robot dan IAilustrasi perpustakaan (unsplash.com/Gabriel Sollmann)

Dulu, untuk meminjam buku di perpustakaan, kamu harus melalui penjaga perpustakaan yang mencatat setiap orang yang ingin meminjam buku. Namun, kini proses peminjaman buku menjadi lebih praktis dengan adanya mesin pencatat dan aplikasi peminjaman buku secara online.

2. Customer service

Transformasi Dunia Kerja dengan Adanya Robot dan IAilustrasi customer service (unsplash.com/Charanjeet Dhiman)

Peran customer service yang dulunya diisi oleh manusia kini mulai tergeser dengan kehadiran chatbot. Chatbot mampu menjawab pertanyaan pelanggan secara instan, menggantikan peran manusia dalam memberikan layanan pelanggan.

3. Penerjemah

Transformasi Dunia Kerja dengan Adanya Robot dan IAilustrasi dua wanita yang ngobrol (pexels.com/August de Richelieu)

Meskipun penerjemah masih dibutuhkan dalam beberapa situasi, namun keberadaan teknologi seperti Google Translate dan alat penerjemah otomatis telah mengurangi kebutuhan akan penerjemah manusia dalam beberapa konteks.

4. Pekerja pos

Transformasi Dunia Kerja dengan Adanya Robot dan IAilustrasi petugas pos (unsplash.com/Joel Moysuh)

Pengiriman pesan atau surat kini tidak lagi memerlukan kertas dan kurir pos. Dengan adanya email dan aplikasi chat, pengiriman pesan menjadi lebih cepat dan efisien.

Baca Juga: 6 Tempat Ngopi di Samarinda

5. Buruh pabrik

Transformasi Dunia Kerja dengan Adanya Robot dan IAilustrasi buruh pabrik (unsplash.com/Jeriden Villegas)

Mesin telah menggantikan sebagian besar pekerjaan manusia dalam proses produksi di pabrik. Manusia hanya dibutuhkan untuk mengoperasikan mesin atau melakukan perawatan.

6. Petugas tiket

Transformasi Dunia Kerja dengan Adanya Robot dan IAilustrasi tiket (unsplash.com/Andy Li)

Mesin otomatis untuk scanning tiket telah menggantikan peran manusia sebagai petugas tiket. Mesin ini dianggap lebih efisien dan memudahkan pelanggan.

7. Kasir

Transformasi Dunia Kerja dengan Adanya Robot dan IAilustrasi kasir (unsplash.com/Clay Banks)

Sistem self-checkout mulai diterapkan di beberapa tempat belanja, mengurangi kebutuhan akan kasir manusia.

8. Pegawai bank

Transformasi Dunia Kerja dengan Adanya Robot dan IAilustrasi kantor bank (unsplash.com/Museums Victoria)

Layanan perbankan dapat diakses secara mandiri melalui aplikasi perbankan di smartphone, mengurangi kebutuhan akan pegawai bank dalam melayani nasabah secara langsung.

Kemajuan teknologi telah mengubah lanskap pekerjaan secara signifikan. Sebagian besar pekerjaan manusia dapat digantikan oleh teknologi, sehingga manusia perlu menyesuaikan diri dengan perkembangan ini. Sudahkah kamu siap jika pekerjaanmu digantikan oleh teknologi?

Baca Juga: 20 Tempat Nongkrong Hits yang Ramah Kantong di Balikpapan 

Athallah Hanan Adhasubhi Photo Community Writer Athallah Hanan Adhasubhi

Just a man

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya