Comscore Tracker

Pandemik, Curhat Mahasiswa Samarinda Kangen Lakukan Ini di Kampus

Dari kegiatan organisasi sampai modusin gebetan

Samarinda, IDN Times - Dunia pendidikan di Indonesia tak lagi sama saat pandemik virus corona atau COVID-19. Hingga kini aktivitas belajar mengajar tidak lagi dilakukan dengan bertatap muka langsung melainkan daring. Dunia kampus yang dulunya menjadi ruang berkumpul mahasiswa kini sepi tak berpenghuni.

Jutaan mahasiswa dan mahasiswi tidak lagi dapat bertemu walau hanya untuk melepas rindu di kampus kebanggaan mereka. Meskipun demikian, ada angin segar, Menteri Pendidikan dan Kebudayaan Nadiem Anwar Makarim telah memperbolehkan perguruan tinggi menerapkan kuliah tatap muka mulai Januari 2021.

Berikut IDN Times tampilkan hal-hal yang dirindukan mahasiswa dan mahasiswi di Samarinda soal kehidupan kampus saat pembelajaran tatap muka. Simak di sini, ya.

1. Kangen belajar bareng, konsultasi skripsi hingga bolos kuliah

Pandemik, Curhat Mahasiswa Samarinda Kangen Lakukan Ini di KampusIlustrasi suasana belajar (keepo.me)

Mahasiswi Universitas Negeri 17 Agustus Samarinda, Fakultas Ekonomi, Jurusan Manajemen Keuangan Ulfa Desiani Ansar Effendy mengungkapkan kerinduan pada teman-temannya di kampus selama masa belajar dari rumah.

"Selama pandemik COVID-19 yang dikangenin di kampus pastinya teman-teman. Terus belajar bareng, istirahat bareng, kangen ke kantin makan bareng, cerita bareng, saling curhat-curhatan antar teman beda fakultas. Kangen juga sama dosen, kangen dikasih tugas satu pertanyaan yang jawabannya berlembar-lembar," ujar Desi.

Sementara Nur Afiat, mahasiswi Fakultas Pendidikan Jasmani, Universitas Mulawarman (Unmul) Samarinda, ternyata justru merindukan mengajar senam di kampus.

"Yang paling aku kangenin dari kampus, ketemu teman-teman, suasana nunggu saat konsultasi skripsi dan mengajar senam setiap hari Jumat di kampus," ucap Nur.

Mahasiswi Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Unmul, bernama Denada Sujianto Putri, juga mengaku kangen dengan aktivitas kampus termasuk saat bolos kuliah.

"Nada kangen bolosnya kuliah pas awal semester. (Setelah kuliah) jalan-jalan ke mal, sampai sore habis itu pulang," ungkap Denada.

Baca Juga: Begini Curhat Orangtua di Samarinda Selama Penerapan Belajar Online

2. Kangen suasana diskusi bareng teman-teman organisasi

Pandemik, Curhat Mahasiswa Samarinda Kangen Lakukan Ini di KampusIlustrasi rapat organisasi kampus (keepo.me)

Selain itu, ada juga mahasiswa yang mengutarakan rasa kangen terhadap suasana berorganisasi di kampus tempat mereka menempuh pendidikan.

"Rindu banget sih sama temen-teman kampus. Biasanya dulu melingkar sambil diskusi sampai pagi. Terus, kadang kita cari 'hantu' malam-malam. Sekarang udah gak lagi karena pandemik. Miss you, guys," ucap Samuel, mahasiswa Fakultas Ilmu Sosial dan Politik, Unmul.

Hal senada dirasakan oleh Muhammad Riduan, mahasiswa Fakultas Ushuluddin, Adab dan Dakwah, IAIN Samarinda. "Membentuk lingkar diskusi sesama kawan di program studi, untuk menyelesaikan tugas mata kuliah, dan diskusi bersama kawan-kawan di organisasi internal," ujarnya.

3. Kangen modusin mahasiswi

Pandemik, Curhat Mahasiswa Samarinda Kangen Lakukan Ini di KampusIlustrasi belajar kelompok (uvc)

Dari ungkapan para mahasiswa berikut ini semakin jelas suasana kampus tidak melulu soal belajar mengajar. Banyak hal unik yang menjadi bumbu penyedap sebelum pandemik COVID-19 melanda. Salah satunya adalah modusin gebetan.

"Mengusahakan dapat slot satu kelompok dengan doi, dengan cara bersekongkol dengan teman-teman biar bukan dosen yang bagi anggota dalam kelompok," ujar Zidan mahasiswa Fakultas Hukum, Universitas Widiyagama Samarinda.

Bisa berkumpul bareng teman-teman di kampus memang salah satu yang paling dirindukan oleh hampir semua mahasiswa, apalagi saat ada event yang memungkinkan bertemu dengan lawan jenis.

"Hal unik yang dirindukan adalah menongkrong bersama kawan- kawan seangkatan sambil menikmati pagelaran musik tahunan di kampus yaitu Roksi (Rock Siang Bolong). Sambil lirik-lirik mahasiswi," kata Apriskian mahasiswa asal Samarinda yang saat ini berkuliah di Fakultas Seni Media Rekam (FSMR), ISI Yogyakarta.

Baca Juga: DPRD Dukung Sekolah Tatap Muka di Samarinda, Ini Empat Poin Alasannya

Topic:

  • Achmad Tirta Wahyuda
  • Mela Hapsari

Berita Terkini Lainnya