TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

Langkah Cerdas Memilih Jurusan Kuliah untuk Masa Depan Gemilang

Gak ada lagi istilah salah jurusan!

ilustrasi anak kuliah (Pexels.com/Anastasiya Gepp)

Balikpapan, IDN Times - Memilih jurusan dan kampus setelah lulus sekolah adalah keputusan penting yang dapat memengaruhi masa depanmu. Jurusan yang tepat tidak hanya mendukung penguasaan materi, tetapi juga meningkatkan peluang kesuksesan di dunia kerja.

Sayangnya, banyak orang yang salah memilih jurusan, baik di awal perkuliahan maupun setelah lulus. Kesalahan ini sering disebabkan oleh materi yang sulit, ketidaksesuaian dengan minat, atau prospek kerja yang kurang menjanjikan. Untuk itu, berikut adalah lima cara menentukan jurusan yang tepat saat kuliah. Yuk, simak!

1. Pahami passion yang kamu miliki

Banyak dari kita yang memilih jurusan secara sembarangan, hanya karena mengikuti tren. Padahal, jurusan yang dipilih akan memengaruhi perjalanan akademik dan karier di masa depan. Oleh karena itu, penting untuk memahami minat dan bakat yang dimiliki. Kenali diri sendiri dan sesuaikan dengan jurusan yang ingin diambil.

2. Siapkan beberapa pilihan jurusan

Seringkali, kita terpaku pada satu jurusan dan bersemangat tinggi, namun hasilnya tidak sesuai harapan. Untuk menghindari kekecewaan, buatlah daftar beberapa pilihan jurusan dan kampus. Dasarkan pilihan tersebut pada passion dan bakatmu, serta jangan ragu untuk mempertimbangkan berbagai opsi yang ada.

Baca Juga: 7 Tempat Makan di Jalan Jenderal Sudirman Balikpapan, Dekat Pantai!

3. Riset mengenai kompetensi jurusan tersebut

Setelah memiliki daftar jurusan dan kampus, lakukan riset mendalam tentang kompetensi dan mata kuliah yang akan dipelajari. Terkadang, apa yang kita kira tentang suatu jurusan bisa sangat berbeda dari kenyataan. Jangan hanya mengandalkan asumsi!

Kurangnya kemampuan menyelesaikan tugas kuliah dapat mengurangi motivasi dan semangat belajar. Hal ini berdampak negatif pada nilai dan pengalaman kuliah secara keseluruhan. Oleh karena itu, penting untuk memilih jurusan yang sesuai dengan kemampuanmu agar tetap termotivasi.

4. Cari tahu mengenai pilihan serta perkembangan karier jurusan tersebut

Setelah melakukan riset, cari tahu mengenai prospek karir dari jurusan yang dipilih. Meskipun tujuan kuliah adalah untuk meningkatkan kompetensi, prospek kerja juga berpengaruh pada kehidupan setelah lulus. Tetapkan bidang yang menarik minatmu dan analisis relevansinya di masa depan.

5. Diskusi dengan orang terdekat, utamanya keluarga

Langkah terakhir adalah berdiskusi dengan orang-orang terdekat, seperti keluarga. Mereka sering kali memiliki pandangan yang lebih objektif tentang diri kita. Saran dari mereka bisa sangat berharga dalam menentukan pilihan jurusan yang tepat.

Itulah lima langkah dalam memilih jurusan kuliah. Hindari memilih secara sembarangan dan pastikan keputusanmu adalah hasil dari pertimbangan matang!

Baca Juga: 4 Tempat Wisata di Sepinggan-Balikpapan yang Ramah Keluarga

Verified Writer

Armita Dewi Cahyanti

Man Jadda Wa Jadda

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya