Comscore Tracker

Ampuh! 5 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula Anti Gagal

Tingkatkan kemampuan Bahasa Inggris kamu dengan maksimal

Balikpapan, IDN Times - Memiliki kemampuan Bahasa Inggris akan mempermudah kamu dalam berbagai hal. Mulai dari pendidikan hingga pekerjaan.

Maka tak ada ruginya jika kamu menguasai skill Bahasa Inggris dengan baik. Apalagi, di era globalisasi ini, kemampuan Bahasa Inggris sangat dibutuhkan.

Belajar Bahasa Inggris itu susah-susah gampang. Semua itu tergantung pada diri kamu sendiri. Perlu diingat bahwa belajar Bahasa Inggris itu bukan soal teori saja, melainkan praktik.

Di bawah ini ada beberapa tips belajar belajar Bahasa Inggris untuk pemula. 

1. Belajar dari YouTube

Ampuh! 5 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula Anti GagalIlustrasi belajar di YouTube (unsplash.com/NordWood Themes)

Teknologi yang semakin canggih sangat mendukung berbagai aspek kehidupan. Mulai dari pendidikan, ekonomi, hukum hingga industri. Teknologi membuat media pembelajaran semakin mudah. Salah satu media pembelajaran yang sering digunakan adalah YouTube. 

Kamu bisa belajar Bahasa Inggris melalui YouTube. Lewat media sosial ini, kamu bisa mendengarkan tanpa subtitle ataupun menggunakan subtitle jika kamu masih pemula.

Ada banyak channel YouTube yang bisa kamu gunakan untuk belajar Bahasa Inggris seperti English with Lucy, Learn English with TV Series, BBC Learning English, Easy English dan masih banyak lagi. 

Baca Juga: 12 Rekomendasi Tempat Indekos di Samarinda 

2. Membaca buku fiksi

Ampuh! 5 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula Anti GagalIlustrasi wanita membaca komik (unsplash.com/Joe Ciciarelli)

Membaca menjadi salah satu tips yang tidak boleh kamu lewatkan. Pilihlah buku fiksi seperti novel dan komik untuk kamu baca. Jika kamu tidak terlalu suka membaca, kamu bisa memilih komik sebagai bahan bacaan karena terdapat gambar sehingga tidak membosankan.

Saat membaca komik atau novel, kamu bisa menandai beberapa kata atau frasa yang tidak kamu tahu artinya. Lalu, kamu bisa mencari artinya di kamus. Lakukan hal itu secara rutin agar kemampuan Bahasa Inggris kamu terus meningkat.

Jika kamu ingin membaca novel, maka novel berjudul The Fault In Our Stars by John Green bisa menjadi pilihanmu.

3. Dengarkan podcast Bahasa Inggris

Ampuh! 5 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula Anti GagalIlustrasi playlist spotify (unsplash.com/Fath)

Dewasa ini, podcast semakin digandrungi banyak kalangan. Mulai dari kalangan muda hingga tua. Mulai dari podcast tentang pengembangan diri, cerita horor, keuangan, hingga education. Jika kamu ingin meningkatkan kemampuan Bahasa Inggris, kamu bisa mendengarkan podcast berbahasa Inggris.

Ada salah satu podcast yang bisa kamu dengarkan di Spotify untuk belajar Bahasa Inggris. Podcast tersebut yaitu Easy Stories in English. Podcast tersebut tentang cerita pendek yang terdiri dari tiga level.

Level tersebut adalah beginner, intermediate, dan advanced. Kamu bisa memilih podcast sesuai dengan kemampuan kamu. Jika pemula, lebih baik kamu memilih level beginner. Kelebihan dari Easy Stories in English yaitu mereka menyediakan transkrip yang bisa kamu lihat di websitenya.

4. Baca berita dan artikel Bahasa Inggris

Ampuh! 5 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula Anti GagalIlutrasi teks Bahasa Inggris (unsplash.com/Super Snapper)

Jika kamu tidak suka membaca buku karena terlalu panjang, maka teks berita atau artikel berbahasa Inggris bisa kamu pilih sebagai alternatifnya. Dengan membaca artikel atau berita, maka pembendaharaan kosa kata kamu semakin bertambah banyak. 

Kamu bisa membaca artikel di Medium, wikiHow English dan BBC News. Bacalah artikel-artikel tersebut setiap hari sehingga kemampuan Bahasa Inggris kamu semakin meningkat. 

5. Menulis kalimat dalam bahasa Inggris

Ampuh! 5 Tips Belajar Bahasa Inggris untuk Pemula Anti GagalIlustrasi sedang menulis (unsplash.com/Thought Catalog)

Belajar Bahasa Inggris tak hanya soal mendengarkan dan membaca saja, melainkan berbicara dan menulis. Nah, buat kamu yang masih pemula, kamu bisa belajar menulis Bahasa Inggris mulai dari kata demi kata, frasa demi frasa hingga akhirnya bisa membuat satu kalimat. 

Mulailah belajar menulis Bahasa Inggris dengan cara menulis caption di media sosial. Jika merasa belum percaya diri, maka kamu bisa menulisnya di note HP ataupun buku. Tulislah apa yang kamu rasakan dan apa yang kamu lihat. Lakukan hal ini sebanyak mungkin. 

Selain beberapa cara diatas, kamu juga bisa berbicara secara langsung dengan temanmu menggunakan Bahasa Inggris ataupun melakukan percakapan menggunakan Bahasa Inggris melalui chat. Kamu harus sering praktik agar kemampuan Bahasa Inggris kamu bisa meningkat dengan cepat.

Nah, itulah beberapa tips belajar bahasa Inggris untuk pemula anti gagal

Baca Juga: 15 Tempat Penyewaan PS di Samarinda, Bisa Main Sepuasnya!

Rahma Syndrome Photo Community Writer Rahma Syndrome

Writing is healing

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topic:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya