3 Nasihat Penting untuk Kamu yang Berjuang Menyelesaikan Kuliah

Manfaatkan momen ini untuk berproses sebaik-baiknya, ya!

Masa-masa perkuliahan adalah momen yang bisa dikatakan cukup seru, tetapi juga sekaligus penuh dengan tantangan. Keseruan itu bisa ditemukan ketika berkesempatan untuk mendengarkan materi dari orang-orang hebat, berteman dengan orang-orang dari berbagai daerah, hingga mengikuti event besar yang membuat pengalaman semakin kaya.

Nah, tantangannya terkadang bisa cukup menguras energi. Jadwal kuliah yang padat, tugas yang bertumpuk, hingga kewajiban untuk melakukan berbagai presentasi yang tentunya perlu persiapan panjang. Semua itu dapat membuat pikiran jadi stres. Oleh sebab itu, baca nasihat di bawah ini agar semangatmu bangkit lagi.

1. Carilah ilmu sebanyak-banyaknya

3 Nasihat Penting untuk Kamu yang Berjuang Menyelesaikan Kuliahilustrasi berdiskusi (pexels.com/cottonbro)

Bangku kuliah adalah tempat yang pas untuk banyak belajar. Selain untuk mempelajari dan mendalami program studi yang diambil, kampus juga menyediakan berbagai tantangan lain yang menarik untuk dilirik. Cara membangun relasi yang baik, berorganisasi, hingga mengasah kreativitas untuk memecahkan berbagai permasalahan, baik yang sifatnya akademik mau pun non akademik, semua tersedia di sini.

Oleh sebab itu, gunakan masa studimu di bangku kuliah untuk meraih ilmu sebanyak-banyaknya. Kelola waktumu dengan baik agar bisa menyeimbangkan antara wajib belajar dan kegiatan diluar itu. Semua itu akan menjadi bekal penting untuk menghadapi dunia kerja setelah lulus nanti.

Baca Juga: 5 Gangguan Tidur dalam Psikologi Abnormal yang Perlu Diwaspadai

2. Kerjakan setiap tugas dengan baik

3 Nasihat Penting untuk Kamu yang Berjuang Menyelesaikan Kuliahilustrasi seseorang yang sedang menulis (pexels.com/Ivan Samkov)

Jadi mahasiswa dan mahasiswi memang sering kali tidak punya banyak waktu untuk bersenang-senang. Sebagian besar kehidupan perkuliahan diisi dengan belajar, praktikum, dan mengerjakan tugas. Tidak dapat dimungkiri bahwa segala aktivitas tersebut terkadang menjemukan dan melelahkan untuk dijalani. Oleh sebab itu, tidak heran bila ada saja yang mengerjakan tugas secara asal-asalan, yang penting selesai, meski hasilnya jauh dari harapan.

Kalian perlu memahami bahwa segala tugas yang diberikan itu bisa dianggap sebagai simulasi beban pekerjaan yang kelak akan didapatkan di dunia kerja. Kalau ini saja tidak kamu kerjakan dengan serius, tentu bisa kesulitan ketika menghadapi pekerjaan yang sesungguhnya. Padahal, tugasmu nanti akan lebih berat.

Oleh sebab itu, berusahalah untuk mengerjakan setiap tugas dengan sebaik-baiknya. Tidak perlu sempurna, tetapi tetapkan standar tinggi yang masih masuk akal untuk diraih. Memang hasilnya belum terlihat sekarang, tetapi nanti saat sudah memasuki dunia kerja, kamu akan lebih mudah untuk menghadapi sesuatu semacam ini karena sudah terlatih. Bukankah ini akan sangat membantumu?

3. Nikmati proses studimu

3 Nasihat Penting untuk Kamu yang Berjuang Menyelesaikan Kuliahilustrasi belajar (pexels.com/RODNAE Productions)

Nasihat terakhir yang harus kalian ingat adalah jangan lupa untuk menikmati proses studi yang sedang dijalani. Mungkin memang banyak sengsaranya, tetapi coba kalian perhatikan ini. Ketika masih kuliah, kalian masih punya “kesempatan” untuk melakukan kesalahan, menikmati libur yang panjang, dan yang paling penting, belum punya tanggung jawab berat di pundak. Semua kemewahan itu belum tentu dapat dirasakan lagi di dunia kerja karena kalian punya tugas dan tanggung jawab yang harus dilaksanakan dengan sesempurna mungkin.

Oleh sebab itu, lakoni masa-masa kuliah dengan hati yang gembira dan penuh dengan rasa syukur. Tentu boleh saja mengeluh, tetapi cukup sekadarnya saja. Jalani proses ini sebaik-baiknya karena suatu hari nanti mungkin kamu akan merindukannya.

Ada beragam hal yang bisa dipelajari dari bangku perkuliahan, baik itu perihal akademik mau pun non akademik. Meski prosesnya tidak mudah dan butuh perjuangan, tetapi kamu tidak boleh menyerah. Nikmati momen ini untuk mengembangkan kemampuan diri dan rasakan manfaatnya nanti ketika sudah mulai bekerja. Semangat, ya!

Baca Juga: 7 Ciri Seorang Psikopat yang Sedang Jatuh Cinta

Ratna Kurnia Ramadhani Photo Community Writer Ratna Kurnia Ramadhani

Sometimes a Vet, sometimes a writer

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Linggauni

Berita Terkini Lainnya