Comscore Tracker

Banyak yang Belum Tahu, Ini Cikal Bakal Berdirinya Kota Banjarmasin

Banjarmasin termasuk kota tertua di Indonesia

Balikpapan, IDN Times - Banjarmasin bukan hanya menjadi kota penting di Kalimantan Selatan (Kalsel) tetapi juga Pulau Kalimantan secara keseluruhan. Kota dengan slogan "Seribu Sungai" ini dulunya sempat menjadi pusat peradaban masyarakat di Kalimantan dengan etnis Suku Banjar sebagai kelompok dominan. 

Kota ini konon sudah eksis sejak zaman prasejarah, tetapi resminya Kota Banjarmasin didirikan pada tahun 1526. Sejak didirikan, Kota Banjarmasin telah mengalami banyak perubahan dan perkembangan, baik dari segi sosial, ekonomi, budaya, dan infrastruktur. Saat ini, Kota Banjarmasin menjadi pusat kegiatan perdagangan, pemerintahan, dan pariwisata di Kalimantan Selatan.

Tetapi jangan kaget, ternyata masih banyak juga yang belum tahu tentang berdirinya Kota Banjarmasin. Ada beberapa versi mengenai cikal bakal berdirinya Kota Banjarmasin yang beredar dalam sejarah. Berikut ini adalah beberapa versi cikal bakal berdirinya Kota Banjarmasin. Check it out!

1. Legenda Kota Banjar

Banyak yang Belum Tahu, Ini Cikal Bakal Berdirinya Kota Banjarmasindisbudpar.banjarmasinkota.go.id/Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Kota Banjarmasin

Menurut legenda Suku Banjar, Banjarmasin berasal dari kata "Bandjar" yang berarti "tempat bertemunya air". Konon, pada awalnya daerah ini merupakan hutan belantara yang dihuni oleh berbagai jenis binatang liar dan dikelilingi oleh sungai-sungai besar.

Kemudian, suatu hari seorang nelayan bernama Raden Samudra datang ke daerah tersebut dan menetap di sana. Ia kemudian membangun sebuah pelabuhan kecil dan menamakannya "Bandjar", karena di tempat tersebut sungai-sungai yang berbeda arusnya saling bertemu dan membentuk sebuah danau.

Baca Juga: 3 Resep Bubur Khas Banjarmasin yang Pas untuk Berbuka Puasa 

2. Konon didirikan pemuka agama Hindu

Banyak yang Belum Tahu, Ini Cikal Bakal Berdirinya Kota BanjarmasinTarian adat Paser suku asli di lokasi IKN (Dok.IDN Times/Istimewa)

Versi lain menyebutkan bahwa Banjarmasin didirikan oleh seorang pemuka agama Hindu bernama Rishi Agastya pada abad ke-5 Masehi. Rishi Agastya datang ke daerah tersebut untuk menyebarkan agama Hindu dan membangun sebuah kuil untuk tempat ibadah.

Kuil tersebut kemudian menjadi pusat kegiatan keagamaan dan tempat tinggal para penduduk.

3. Banjarmasin didirikan oleh raja Kerajaan Negara Dipa

Banyak yang Belum Tahu, Ini Cikal Bakal Berdirinya Kota BanjarmasinKerajaan atau keraton Sadurengas yang kini jadi Museum di Kabupaten Paser Kalimantan Timur (kebudayaan.kemdikbud.go.id)

Ada pula versi yang menyebutkan bahwa Banjarmasin didirikan oleh raja-raja dari Kerajaan Negara Dipa pada abad ke-14 Masehi. Kerajaan Negara Dipa adalah kerajaan Hindu yang terletak di sekitar daerah Banjarmasin, dan diyakini telah berdiri sejak abad ke-7 Masehi oleh Sultan Suriansyah, yang merupakan keturunan dari Kerajaan Negara Dipa.

Oleh karena itu, usia Kota Banjarmasin pada tahun 2023 adalah 497 tahun. 

Raja-raja dari kerajaan tersebut membangun benteng-benteng dan memperkuat pertahanan di sekitar daerah Banjarmasin, sehingga daerah tersebut menjadi semakin ramai dan berkembang.

 

Namun, karena keterbatasan informasi yang tersedia, tidak dapat dipastikan secara pasti mengenai cikal bakal berdirinya Kota Banjarmasin. Informasi bersumber ChatGPT

Baca Juga: 5 Wisata Unggulan di Banjarmasin, Bikin Libur Lebaran Makin Seru

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya