TUTUP
SCROLL UNTUK MELANJUTKAN MEMBACA
Gabung di IDN Times

5 Hal Ini Buatmu Lebih Berharga Setiap Harinya, Siap-siap Bahagia!

Lakukan lima hal ini agar kamu lebih mudah bahagia

Ilustrasi perempuan yang sedang tersenyum di cermin (pexels.com/Andrea Piacquadio)

Samarinda, IDN Times - Kebahagiaan tidak datang begitu saja; ia harus diciptakan. Sebab, kebahagiaan adalah tanggung jawab pribadi. Tak ada gunanya jika banyak hal bahagia di sekitarmu, tetapi hati justru menolak untuk merasakannya.

Setiap manusia memiliki kendali atas perasaannya. Jika kamu merasa sulit untuk bahagia, cobalah untuk menjadikan dirimu berharga dengan melakukan lima langkah ini setiap hari. Dengan begitu, kamu akan semakin dekat dengan kebahagiaan.

1. Memberi hadiah kecil di awal hari untuk diri sendiri

Setelah bangun tidur, berikan hadiah kecil untuk dirimu sendiri. Kamu bisa memulai dengan memberikan semangat saat mata terbuka. Lanjutkan dengan merapikan tempat tidur, membuat secangkir kopi, dan menyiapkan sarapan favoritmu.

Sebelum itu, jika memungkinkan, luangkan waktu untuk beribadah. Sampaikan doa dan harapan kepada Tuhan tentang apa yang kamu inginkan. Pagi yang dimulai dengan hal-hal positif akan menarik energi positif sepanjang hari.

2. Selingi kegiatan sulit dengan melakukan kegiatan yang mudah

Ketika ada tugas berat yang harus diselesaikan dalam sehari, imbangi dengan melakukan hal-hal yang lebih mudah. Atur skala prioritasmu. Di pagi hari, ketika pikiran masih segar, mulailah dengan tugas yang sulit.

Setelah itu, lanjutkan dengan hal-hal yang lebih mudah atau yang kamu sukai. Dengan cara ini, produktivitas tetap terjaga dan mentalmu pun tetap stabil. Harimu akan terasa lebih bermakna.

Baca Juga: 4 Fakta Menarik Sarung Tenun Samarinda, Warnanya Ceria

3. Apresiasi diri sendiri atas apa yang sudah dilakukan seharian

Setelah menjalani hari yang penuh kegiatan, jangan lupa untuk memberi apresiasi pada diri sendiri. Meskipun pencapaianmu kecil, mereka tetap pantas untuk diakui. Misalnya, setelah menyelesaikan tugas sekolah, berikan hadiah berupa bermain game atau membeli es krim favoritmu.

Dengan menghargai hal-hal kecil, kamu akan lebih termotivasi untuk meraih pencapaian yang lebih besar. Apresiasi kecil ini mampu memberikan energi positif yang sangat berarti, terutama untuk menghadapi liku-liku kehidupan yang tidak pasti.

4. Berinteraksi dengan orang yang tulus menyayangimu

Bertukar cerita, bercanda, dan berbagi pikiran dengan orang-orang yang menyayangimu juga bisa membuatmu merasa lebih berharga. Mereka yang tulus akan memberikan energi positif yang sangat kamu butuhkan setiap hari.

Di tengah kesibukan, coba luangkan waktu 1-2 jam untuk berinteraksi dengan mereka. Kamu bisa sekadar berbagi cerita tentang aktivitas seharian, bermain game sederhana untuk mempererat keakraban, bernostalgia, atau merencanakan masa depan bersama. Intinya, lakukan hal-hal yang membuatmu bahagia saat bersama mereka.

Verified Writer

Adira Putri Aliffa

"jadilah besar bestari dan manfaat untuk sekitar"

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Berita Terkini Lainnya