6 Tips Mengatasi Mood Swing, Atur Pola Tidur!

Raih kesejahteraan emosi!

Samarinda, IDN Times - Mood swing adalah hal yang lumrah terjadi dalam kehidupan sehari-hari. Terkadang, suasana hatimu dapat berubah-ubah dengan cepat tanpa pemberitahuan. Namun, bukan berarti kamu tidak bisa mengendalikannya.

Kamu tidak sendirian dalam perjalanan ini. Artikel ini akan memberikan enam tips yang dapat membantu kamu mengatasi mood swing dan mempertahankan keseimbangan emosional.

1. Kenali pemicunya

6 Tips Mengatasi Mood Swing, Atur Pola Tidur!ilustrasi berpikir (unsplash.com/Anthony Tran)

Langkah pertama dalam mengatasi mood swing adalah mengenali pemicu-pemicu dari perubahan suasana hati. Bisa jadi itu stres di tempat kerja, masalah pribadi, atau bahkan faktor fisik seperti kurang tidur. Mengetahui akar permasalahan akan membantumu mengambil langkah-langkah yang lebih tepat.

Misalnya, jika mood swing-mu terkait dengan stres di tempat kerja, pertimbangkan untuk berbicara dengan atasanmu tentang beban kerja atau cari strategi untuk mengelola stres. Jangan takut untuk mengidentifikasi masalah, karena itu adalah langkah awal untuk menangani mood swing.

2. Tetap aktif secara fisik

6 Tips Mengatasi Mood Swing, Atur Pola Tidur!ilustrasi mendaki gunung (freepik.com/Artphoto_Studio)

Aktivitas fisik dapat menjadi penyeimbang emosional yang efektif. Ketika kamu merasa suasana hati mulai berubah, coba luangkan waktu untuk bergerak. Olahraga ringan seperti berjalan kaki, bersepeda, atau yoga dapat membantu melepaskan endorfin, hormon bahagia yang dapat meningkatkan suasana hati.

Bukan hanya itu, tetapi aktivitas fisik juga dapat membantumu mengalihkan fokus dari perasaan negatif. Kamu tidak perlu melakukan olahraga berat, cukup dengan aktivitas ringan yang bisa kamu nikmati.

3. Atur pola tidur dengan baik

6 Tips Mengatasi Mood Swing, Atur Pola Tidur!ilustrasi tidur (pexels.com/Ron Lach)

Kurang tidur dapat memperburuk mood swing. Jika kamu sering mengalami fluktuasi suasana hati, periksa pola tidurmu. Pastikan kamu mendapatkan waktu tidur yang cukup setiap malam. Jika sulit tidur, coba praktikkan rutinitas tidur yang baik, seperti menjauhi layar gadget sebelum tidur atau menciptakan lingkungan tidur yang tenang dan nyaman.

Penting untuk memahami bahwa kurang tidur dapat membuatmu lebih rentan terhadap stres dan membuat mood swing semakin sulit diatasi. Oleh karena itu, prioritaskan tidur yang berkualitas.

Baca Juga: 10 Toko Kue di Samarinda, Banyak Pilihannya!

4. Jangan tahan perasaanmu

6 Tips Mengatasi Mood Swing, Atur Pola Tidur!ilustrasi murung (unsplash.com/arash payam)

Salah satu kesalahan umum ketika menghadapi mood swing adalah mencoba menahan atau menyembunyikan perasaan. Ini hanya akan membuatmu semakin tertekan. Jika kamu merasa sedih, marah, atau stres, berbicaralah dengan seseorang yang kamu percayai.

Berbagi perasaan dapat menjadi cara yang efektif untuk melepaskan tekanan emosional. Kamu tidak perlu menanggung semuanya sendiri. Teman, keluarga, atau bahkan seorang profesional kesehatan mental dapat memberikan dukungan dan wawasan yang dibutuhkan.

5. Temukan kegiatan yang menyenangkan

6 Tips Mengatasi Mood Swing, Atur Pola Tidur!ilustrasi bermain drum (pexels.com/RDNE Stock project)

Setiap orang memiliki kegiatan yang dapat memberikan ketenangan dan relaksasi. Mungkin itu membaca buku, mendengarkan musik, atau bahkan bermain alat musik. Ketika suasana hati mulai goyah, luangkan waktu untuk melakukan kegiatan yang memberikan kebahagiaan.

Hal ini bukanlah bentuk pelarian, melainkan cara untuk memberikan dirimu waktu untuk meriset pikiran dan emosi. Melibatkan diri dalam kegiatan yang kamu nikmati dapat membantu meredakan mood swing dan meningkatkan kesejahteraan mentalmu.

6. Jangan terlalu keras pada diri sendiri

6 Tips Mengatasi Mood Swing, Atur Pola Tidur!ilustrasi menyesal (pexels.com/Alex Green)

Terakhir, tapi tidak kalah penting, ingatlah untuk tidak terlalu keras pada dirimu sendiri. Mood swing adalah bagian dari kehidupan, dan semua orang mengalaminya. Jangan menyalahkan dirimu sendiri jika suasana hatimu berubah secara tiba-tiba.

Berikan dirimu ruang untuk tumbuh dan belajar dari pengalaman ini. Terimalah bahwa tidak semua hal dalam hidup bisa kamu kontrol. Jika mood swingmu terus berlanjut atau menjadi semakin merugikan, pertimbangkan untuk mencari bantuan profesional. Bicarakan dengan seorang psikolog atau konselor yang dapat memberikan dukungan dan panduan lebih lanjut.

Mengatasi mood swing memang bukan tugas yang mudah, tetapi dengan kesadaran diri dan beberapa perubahan kecil dalam hidup sehari-hari, kamu dapat meminimalkan dampaknya. Ingatlah bahwa setiap orang memiliki caranya sendiri dalam menghadapi perubahan suasana hati, jadi temukan apa yang paling cocok untukmu.

Dengan mengenali pemicu-pemicu mood swing, menjaga keseimbangan antara aktivitas fisik dan istirahat, serta memberi dirimu izin untuk merasakan perasaanmu, kamu dapat menghadapi fluktuasi emosional dengan lebih baik. Ingatlah bahwa mengatasi mood swing adalah perjalanan, bukan destinasi akhir.

Baca Juga: 3 Fakta Menarik Ayam Cincane, Kuliner Khas Samarinda

Kazu Zuha (Lite Vers.) Photo Community Writer Kazu Zuha (Lite Vers.)

Hei, World! I catch you!

IDN Times Community adalah media yang menyediakan platform untuk menulis. Semua karya tulis yang dibuat adalah sepenuhnya tanggung jawab dari penulis.

Topik:

  • Sri Wibisono

Berita Terkini Lainnya